Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Saturday, 22 Muharram 1441 / 21 September 2019

Lima Cara Sederhana Agar Tidur Nyenyak di Malam Hari

Ahad 28 Jul 2019 05:45 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolanda

Pria tertidur/ilustrasi

Pria tertidur/ilustrasi

Foto: pixabay
Hindari minum kafein setelah matahari terbenam agar tidur nyenyak di malam hari.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Tidur nyenyak sama pentingnya dengan pola makan sehat, berolahragam dan menjalani kehidupan yang sehat. Pola tidur yang buruk diketahui menyebabkan perubahan hormon abnormal, kesehatan mental terganggu, dan hilangnya produktivitas.

Banyak orang berjuang untuk mendapatkan jumlah tidur yang cukup karena berbagai alasan. Seperti yang dilansir dari Indian Express, Sabtu (27/7), ada lima hal sederhana yang akan membantu seseorang tidur lebih nyenyak di malam hari.

Baca Juga

Pertama, kurangi konsumsi kafein di siang hari. Kafein dikonsumsi oleh hampir 90 persen orang di dunia untuk meningkatkan energi. Namun, itu bukan minuman yang dibutuhkan ketika ingin tidur.

“Walaupun minum kopi di pagi hari dapat menghasilkan hari yang menyenangkan dan aktif, mengkonsumsinya di malam hari dapat mengganggu pola tidur Anda. Yang terbaik adalah tidak minum kafein setelah matahari terbenam,” kata Direktur Kesehatan di Atmantan Wellness Centre, Dr Manoj Kutteri.

Kedua, hindari tidur siang hari. Tidur siang kilat sangat membantu dalam meningkatkan energi dan produktivitas sepanjang hari. Tetapi tidur lebih dari satu jam dalam pola yang tidak teratur dapat mempengaruhi tidur secara negatif.

Orang yang tidur di siang hari secara tidak teratur mengejar tidur di malam hari. Pastikan hanya tidur siang selama 15-30 menit sekali sehari sambil menunggu malam untuk tidur nyenyak sekitar delapan hingga 10 jam.

Ketiga, ikuti diet yang tepat. Tingkat nutrisi menentukan hormon dan kesehatan mental yang dapat mempengaruhi cara tidur.

Melatonin adalah hormon yang membantu tidur secara alami dilepaskan dalam tubuh. Itu terjadi ketika seseorang makan makanan yang bersih dan baik, menghirup aroma santai atau bermeditasi. Pola makan yang kaya akan magnesium, fosfor, dan vitamin dapat membantu tidur atau pilih suplemen melatonin.

Keempat, buatlah lingkungan tidur yang nyaman. Seprai katun, bantal yang nyaman, beberapa bantal, aroma lavender, dan lampu redup, sepertinya merupakan pengaturan yang sempurna untuk tidur. Jadi pastikan ruangan kamar cukup terang di siang hari untuk membuat seseorang tetap terjaga, dan cukup redup di malam hari untuk menimbulkan rasa kantuk.

Kelima, bersantai sebelum tidur. Hindari tidur dengan rasa marah, stres atau dengan banyak pikiran.

Luangkan waktu untuk berjalan-jalan di taman, mendengarkan musik atau bermeditasi sebelum tidur. Semakin santai pikiran, semakin mudah untuk tidur. Membaca buku, mandi air panas, pijat tubuh adalah cara lain untuk bersantai sebelum tidur.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA