Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Michelle Obama, Wanita Favorit Warganet Dunia

Selasa 23 Jul 2019 09:14 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari

Michelle Obama mendampingi anak-anak makan di sekolahnya saat menggagas program makan sehat.

Michelle Obama mendampingi anak-anak makan di sekolahnya saat menggagas program makan sehat.

Foto: EPA
Sedang pria favorit warganet dunia adalah Bill Gates.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei yang mencoba menanyakan siapa tokoh-tokoh yang paling dikagumi secara global sudah dilakukan beberapa tahun belakangan. Khusus survei secara daring, nama-nama yang muncul biasanya yang populer, dari kalangan politikus, ilmuwan hingga selebritas.

Kali ini nama mantan ibu negara Amerika Serikat (AS), Michelle Obama menjadi perempuan yang paling dikagumi di internet, menurut sebuah survei, dilansir laman Reuters. Di samping itu, pendiri Microsoft, Bill Gates, mempertahankan gelarnya sebagai pria yang paling dikagumi selama empat tahun berturut-turut.

Untuk kategori perempuan, Michelle Obama mengalahkan aktris Angelina Jolie dalam raihan posisi teratas. Sedangkan tiga pria paling dikagumi di dunia selain tokoh bisnis Bill Gates, ada pula mantan Presiden AS Barack Obama, dan aktor Cina Jackie Chan. Posisi kelima diisi Presiden China Xi Jinping dan pendiri Alibaba Jack Ma.

Sementara di kategori perempuan, aktris ternama, Angelina Jolie duduk di peringkat ketiga, dan pembawa acara talk show Oprah Winfrey berada di urutan kedua. Di tempat keempat dan kelima ada Ratu Elizabeth dan bintang "Harry Potter" Emma Watson.

Dikutip laman Business Insider, secara umum, daftar pria favorit menampilkan figur politikus, pengusaha, dan atlet, sementara mayoritas pengisi peringkat dalam daftar wanita adalah aktris.

YouGov, sebagai lembaga penyurvei menyatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Gates telah menduduki puncak daftar setiap tahun sejak 2015, dengan lima daftar teratas pria juga tidak berubah dari 2018.

Untuk daftar putra, pesepakbola Portugal Cristiano Ronaldo dan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan masing-masing naik ke peringkat tiga sejak tahun lalu. Sementara Presiden Rusia Vladmir Putin turun ke peringkat empat.

Di kategori perempuan, Obama dan Winfrey masing-masing naik satu tempat. Sementara aktris India Aishwarya Rai turun lima peringkat.

Adapun nama-nama yang masuk daftar baru, seperti aktor India Shah Rukh Khan, Salman Khan dan Sushmita Sen, pembawa acara talk show Ellen DeGeneres, serta ibu negara AS saat ini, Melania Trump.

Selain itu, ada Peng Liyuan, istri Perdana Menteri China Xi Jinping, ilmuwan China Tu Youyou, yang memenangkan hadiah Nobel karena menemukan obat untuk malaria.

Peringkat pada tokoh-tokoh tadi diberikan berdasarkan survei daring terkait daftar 40 orang yang paling dikagumi di dunia. Peringkat diterbitkan oleh perusahaan riset pasar yang berbasis di Inggris, YouGov, Senin (22 Juli) lalu. Paling tidak, hasil survei dianggap menggambarkan favorit warganet dunia.

Survei tahunan itu melibatkan 42.000 responden di 41 negara, di mana wwarganya berjumlah lebih dari dua pertiga dari total populasi dunia. "Survei dilakukan secara daring, hasilnya hanya  pendapat populasi Internet dunia," demikian pernyataan YouGov.

Negara-negara yang disurvei dengan populasi daring lebih rendah dari 60 persen dari total populasi. Termasuk China, Mesir, India, Indonesia, Pakistan dan Afrika Selatan.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA