Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Menikmati Serunya Perjalanan Jakarta-Solo dengan Kereta

Selasa 23 Jul 2019 00:01 WIB

Red: Gita Amanda

 Kereta Api Argo Dwipangga

Kereta Api Argo Dwipangga

Foto: Image credit: Shutterstock
Perjalanan dari Jakarta ke Solo hanya memakan waktu sekitar 8,5 jam dengan kereta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Travelling di dalam negeri, Solo bisa jadi pilihan destinasi wisata tujuan. Solo memiliki banyak potensi wisata. Wisata sejarah, alam, budaya, kuliner hingga objek wisata kekinian.

Belum lengkap travelling ke Solo bila belum berkunjung ke tempat-tempat legendarisnya. Beberapa destinasi legendaris di Solo yang wajib dikunjungi seperti Istana Mangkunegaran dan Keraton Surakarta Hadiningrat.

Keraton Surakarta Hadiningrat bisa jadi objek wisata yang dekat dengan stasiun kereta api. Terdapat dua stasiun kereta api yang berdekatan dengan Keraton Solo ini. Stasiun Jebres dan Stasiun Balapan yang dilalui kereta Argo Dwipangga.

Argo Dwipangga merupakan kereta eksekutif dengan rute Jakarta-Solo. Perjalanan dari Jakarta ke Solo hanya memakan waktu sekitar 8,5 jam. Karena kenyamanan dan kecepatan yang ditawarkan Argo Dwipangga, Solo bisa masuk bucket list travelling untuk melepas penat dari kepadatan Jakarta.

Rute kereta Argo Dwipangga

Selama perjalanan sepanjang 517 kilometer dengan kecepatan 70-120 kilometer (km) per jam, penumpang Argo Dwipangga dapat menikmati pemandangan Jawa Barat, Jawa Tengah dan juga kota wisata Yogyakarta. Dari Stasiun Gambir, kereta akan singgah di Cirebon, Purwakarta, Klaten dan Yogyakarta.

Dalam satu hari, KA Argo Dwipangga melakukan perjalanan sekali pulang dan pergi. Melihat rute yang dilalui, KA Argo Dwipangga merupakan kereta kedua setelah Argo Lawu dengan rute yang sama.

Untuk tarif sekali jalan Jakarta ke Solo, traveller harus merogoh kocek berkisar antara Rp 285 ribu-Rp 400 ribu. Tarif tersebut sesuai tempat duduk yang dipilih.

Sedangkan untuk stasiun persinggahan dengan rute lebih dekat seperti Solo-Yogyakarta, Solo-Klaten, Solo-Purwakarta, dan sebaliknya tiket memiliki tarif dengan harga berkisar Rp 215 ribu-Rp 300 ribu.

Untuk melihat jadwal keberangkatan KA Argo Dwipangga dan memesan tiketnya dengan mudah dapat melalui aplikasi atau website Traveloka. Traveloka memberikan pengalaman memesan tiket kereta api dengan mudah, aman dan nyaman.

Tambah asyik lagi, karena kini semakin beragam metode pembayaran tiket keretamu di Traveloka. Melalui Traveloka PayLater, misalnya. Dengan metode ini, kamu bisa mencicil tanpa perlu kartu kredit. Pembayarannya pun nantinya mudah, bisa dengan transfer bank atau virtual account via ATM. Praktis, bukan?

Penamaan yang berbeda dengan argo lainnya

Jika biasanya kata ‘Argo’ sebagai brand image kereta api eksekutif PT KAI menggunakan nama gunung, berbeda dengan KA Argo Dwipangga. Sebelumnya kereta api ini merupakan kelas spesial bukan argo. KA Dwipangga akhirnya dimodifikasi untuk layanan kelas eksekutif argo karena kebutuhan masyarakat. Namanya pun diganti menjadi KA Argo Dwipangga.

Seperti sebelumnya disebutkan, Dwipangga bukan merupakan nama gunung. Dalam mitologi Hindu, Dwipangga merupakan nama gajah kendaraan setia Dewa Indra. KA Argo Dwipangga diibaratkan kendaraan yang bisa melindungi pengendara dan penumpangnya.

Namun ada juga yang berpendapat lain. Saat di perjalanan Jakarta-Solo, penumpang bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu. Karena hal tersebut, ada pula yang mengatakan Dwipangga merupakan dari kata ‘Dwi’ yang berarti dua dan ‘pangga’ berarti gunung.

Menikmati kenyamanan Dwipangga

Berbeda dengan sebelumnya, kereta api Indonesia terus berbenah dari fasilitasnya. Termasuk KA Argo Dwipangga. KA Argo Dwipangga memiliki tujuh hingga delapan gerbong dengan 50 kursi penumpang.

Travelling ke Solo menggunakan KA Argo Dwipangga semakin nyaman dengan kursi empuk berlapis kulit dan sandaran punggung yang dapat diatur. Penumpang juga bisa merelaksasikan kakinya dengan pijakan kaki di depannya.

Istirahat penumpang KA Argo Dwipangga semakin dimanjakan dengan bantal dan selimut. Tidak perlu berebut space untuk barang bawaan, setiap bangku memiliki fasilitas bagasi. Stopkontak, meja lipat hingga lampu baca juga melengkapi fasilitas Argo Dwipangga.

Getaran rel kereta juga tidak terasa. Di antara gerbong KA Argo Dwipangga terdapat gerbong terbaru Bogie K5 PT INKA tahun 2016. Selain desain terbaru, gerbong ini sangat nyaman dan dapat meredam getaran.

Travelling ke Solo menggunakan Argo Dwipangga semakin nyaman dengan memesan tiket di Traveloka. Sebagai mitra resmi PT KAI, Traveloka memberikan kemudahan dan keamanan kamu saat naik kereta Argo Dwipangga.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA