Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Duduk Dekat Jendela Atasi Mual Selama Penerbangan

Senin 22 Jul 2019 11:24 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih

Duduk di dekat jendela pesawat. Ilustrasi.

Duduk di dekat jendela pesawat. Ilustrasi.

Foto: thrillist
Beberapa orang bisa merasa mual saat berada dalam pesawat

REPUBLIKA.CO.ID, ATLANTA -- Berlibur merupakan kegiatan menyenangkan. Namun, terkadang ada kesulitan sebelum sampai ke tempat liburan. Beberapa orang menyukai menghabiskan waktu di pesawat. Sementara yang lain benar-benar takut bahkan sampai bisa merasa mual dan sakit.

Penelitian baru telah menemukan ada beberapa trik yang dapat dilakukan untuk menghindari mabuk udara ini. Studi menemukan seseorang harus duduk di dekat jendela dan mencoba tetap diam selama penerbangan.

Langkah tersebut akan meminimalkan kemungkinan rasa mual yang muncul dan jauh dari orang yang mabuk di pesawat. Penelitian ini menemukan sebanyak 11 orang bisa saja mual hanya dengan berdekatan dengan satu orang yang sakit.

Pada 10 penerbangan domestik, para peneliti memantau penumpang dan awak di atas kapal yang totalnya 1.540 penumpang dan 41 awak. Orang-orang yang duduk di kursi lorong memiliki kontak dengan sekitar 64 orang di setiap penerbangan.

Orang yang duduk di tengah melakukan kontak dengan 58 orang. Mereka yang duduk di samping jendela hanya akan bersentuhan dengan 12 orang. Para peneliti juga membuat catatan bagaimana menghindari orang sakit.

“Bersin ke siku Anda, bersihkan tangan, dan nyalakan ventilasi udara,” kata penulis utama penelitian Vicki Stover Herzberg dikutip dari Her.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA