Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Tips Cermat Memilih Mobil Keluarga

Ahad 21 Jul 2019 12:16 WIB

Rep: cermati/ Red:

Mobil Mitsubishi Eclipse Cross ditampilkan saat perkenalan produk baru di Jakarta, Selasa (9/7).

Mobil Mitsubishi Eclipse Cross ditampilkan saat perkenalan produk baru di Jakarta, Selasa (9/7).

Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Membeli mobil gampang-gampang susah, apalagi untuk keluarga.

Memiliki sebuah mobil keluarga adalah dambaan dan impian dari setiap keluarga. Mobil keluarga atau sering disebut MPV (Multi Purpose Vehicle) masih mendominasi pilihan masyarakat di Indonesia hingga saat ini. 

Kapasitas penumpang mobil MPV biasanya 7-8 orang. Daya tampung ini menjadi salah satu alasan orang membeli mobil. Selain itu, ukuran ruang kabin yang lebih luas membuat mobil jenis ini lebih fungsional untuk menemani berbagai kegiatan dan memanjakan penggunanya.

Pasar mobil keluarga sangat terbuka khususnya di Indonesia, sehingga banyak produsen yang menawarkan berbagai varian mobil untuk sektor kendaraan keluarga. Tak heran bila pabrikan otomotif melakukan inovasi dan gencar mendesain mobil keluarga yang menarik.

Produsen mobil juga berlomba-lomba menawarkan berbagai kelebihan, baik itu dari segi harga, model maupun fitur-fitur modern agar bisa menyandang predikat mobil keluarga terbaik. Paling penting bisa mendatangkan lebih banyak calon konsumen.

Banyaknya merek, jenis, ukuran, dan model mobil keluarga yang ada di pasaran membuat konsumen memiliki lebih banyak pilihan. Saking banyaknya bikin konsumen bingung dan kesulitan memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan. 

Membeli mobil bukan perkara mudah. Perlu pertimbangan cermat dan matang dalam memutuskannya. Lalu bagaimana cara memilih mobil keluarga yang sesuai kebutuhan keluarga Anda? Berikut beberapa tips sebelum memutuskan membeli mobil:

Baca Juga : Lagi Cari Asuransi Mobil yang Enggak Bikin Dompet Jebol? Ini Solusinya

 

1. Perhitungkan Jumlah Penumpang 

Kapasitas SeatMemperhitungkan Jumlah  Penumpang via i.ebayimg.com 

Jumlah tempat duduk atau seat mobil adalah pertimbangan paling utama dalam memilih sebuah mobil keluarga. Mobil keluarga harus mampu menampung semua anggota keluarga. Hal lainnya pertimbangkan juga tempat duduk tambahan, misalnya untuk pengasuh atau asisten rumah tangga, jika Anda harus mengajak mereka ikut serta bepergian dengan keluarga.

Sebagai pedoman dasar yang harus dipahami, mobil dengan 4 tempat duduk cocok untuk keluarga dengan maksimal dua orang anak. Apabila mobil dengan 7 tempat duduk cocok untuk keluarga dengan 2 orang atau lebih banyak anak.

2. Tentukan Kapasitas Mesin Mobil

Tentukan Kapasitas Mesin Mobil
Kapasitas Mesin Mobil via hargadiskon.xyz 

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah menentukan kapasitas sebuah mesin. Kapasitas mesin biasanya dinyatakan dalam besaran volume silinder piston mesin, misalnya saja 1.000 cc, 1.100 cc, 1.300 cc, dan lain sebagainya. Semakin besar kapasitas dari suatu mesin (semakin besar angka cc), maka semakin besar juga tenaga yang bisa dihasilkan mobil tersebut.

Tentunya selain Anda menginginkan mobil bagus, juga harus didukung dengan kemampuan 'berlari' kencang agar lebih bisa maksimal dalam penggunaannya.

3. Mempertimbangkan Sistem Transmisi

Sistem Transmisi
Pertimbangkan Juga Sistem Transmisi Pada Mobil via blogspot.com 

Pada umumnya ada 2 jenis sistem transmisi pada mobil, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis. Hal ini bertujuan agar Anda dapat memilih mobil berjenis matik yang sedikit lebih mahal, tetapi lebih mudah untuk dioperasikan, atau memilih mobil dengan transmisi manual yang lebih murah dan mudah perawatannya. 

Dengan begitu, Anda akan memahami mobil jenis apa yang saat ini paling dibutuhkan, dan pastinya disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

4. Ketahui Konsumsi Bahan Bakar

Ketahui Komsumsi Bahan Bakar
Ketahui Konsumsi Bahan Bakar via blogspot.com 

Biaya bahan bakar merupakan salah satu pos pengeluaran utama dalam anggaran biaya operasional sebuah mobil. Langkah untuk menekan biaya tersebut dengan cara mengetahui berapa kilometer jarak tempuh optimal sebuah mobil dalam setiap liter konsumsi bahan bakar.

Semakin jauh jarak tempuh mobil per liter bahan bakar yang dikonsumsinya, maka akan semakin irit mobil tersebut. Sehingga setelah mengetahui hal ini, Anda akan lebih mudah mengendalikan biaya yang dibutuhkan oleh sebuah mobil.

5. Perhatikan Fitur Keselamatan

Salah satu Fitur Keselamatan
Salah Satu Fitur Keselamatan via carmudi.co.id 

Hal paling penting dalam sebuah mobil keluarga sebaiknya memiliki fitur-fitur keselamatan yang memadai. Seperti sabuk pengaman yang terdapat di semua kursi penumpang. Selain itu, pintu dan kaca jendela sebaiknya memiliki sistem penguncian otomatis sehingga akan lebih aman bagi anak kecil.

Kenyataannya beberapa mobil saat ini telah memiliki fitur keamanan yang lebih canggih yaitu berupa airbag dan sistem rem ABS (anti-lock breaking system). Karena komponen yang mendukung bagi keselamatan merupakan elemen yang wajib ada pada sebuah mobil.

6. Perhatikan Kenyamanan

Perhatikan Kenyamanan
Perhatikan Kenyamanan via rackcdn.com

Kenyamanan dari sebuah mobil memang sangat penting bagi seluruh anggota keluarga. Misalnya anak-anak dan orang lanjut usia cenderung akan lebih cepat lelah terutama ketika menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan mobil.

Mobil yang bisa disebut nyaman itu harus memenuhi beberapa hal seperti tempat duduk yang empuk, AC yang sejuk, ruang yang lega, suara yang senyap, dan suspensi yang empuk.

7. Pertimbangkan Ketersediaan Layanan Purna Jual

Asuransi Mobil
Layanan Purna Jual 

Layanan purna jual adalah jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumennya setelah transaksi penjualan dilakukan sebagai jaminan mutu untuk produk yang ditawarkannya. Ketersediaan tempat layanan purna jual akan sangat membantu dan memudahkan Anda dalam mendapatkan beberapa kelebihan seperti halnya servis resmi, suku cadang asli, dan juga klaim garansi.

Mobil dengan merek yang sudah lama dikenal umumnya telah memiliki lebih banyak tempat layanan purna jual di berbagai kota. Kondisi ini menjadi penting karena apabila Anda mengalami masalah dengan mobil atau terjadi sesuatu hal yang buruk, maka Anda bisa memanfaatkan berbagai kelebihan yang telah ditawarkan.

Baca Juga : Cara Kredit Mobil Bekas Tanpa Uang Muka

8. Perhitungkan Biaya Perawatan

Mobil
Perhitungkan Biaya Perawatan

Anda perlu tahu perbandingan biaya perawatan mobil yang Anda minati dengan mobil lain sejenis. Pada dasarnya, semakin kompleks teknologi yang digunakan pada sebuah mobil, maka semakin besar pula biaya perawatan dan harga dari komponen suku cadangnya.

Karena pastinya Anda tidak ingin mengeluarkan biaya lebih pada fitur mobil yang jarang digunakan. Lebih baik sebelum memutuskan memilih sebuah mobil, perhitungkan lebih dulu biaya perawatan yang akan dikeluarkan nantinya.

9. Pertimbangkan Nilai Jual Mobil

Mobil
Pertimbangkan Nilai Jual Mobil

Mobil-mobil dengan harga yang hampir sama bisa memiliki harga jual kembali atau harga jual bekas yang berbeda. Hal seperti ini dikarenakan terdapat perbedaan pada tingkat permintaan pasar untuk mobil bekas. Berdasarkan dalam hukum penawaran dan permintaan, maka mobil bekas yang banyak peminatnya memiliki harga jual kembali yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, ketika Anda akan memilih sebuah mobil juga harus mempertimbangkan nilai jualnya lagi, mungkin adakalanya Anda bosan, atau memaksa Anda untuk menjual mobil tersebut karena kebutuhan yang mendesak, dengan begitu Anda tidak akan kesulitan lagi dalam menjualnya.

10. Sesuaikan Keinginan dengan Kemampuan Finansial

Mobil
Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Pada hakikatnya setiap orang pasti mendambakan sebuah mobil keluarga yang tepat dan ideal. Pilih mobil dengan harga yang sesuai kemampuan keuangan Anda saat ini. Sebuah mobil mungkin bisa sebanding dengan nilai nominal sebuah rumah, padahal jika dicermati mobil pasti akan berkurang nilainya dengan seiring berjalannya waktu.

Jangan sampai membeli mobil karena hanya menuruti nafsu atau gengsi semata, tapi beli sebuah mobil yang Anda paling butuhkan dan sesuai kemampuan finansial Anda.

11. Melakukan Test Drive

Mobil
Lakukan Test Drive

Anda tidak bisa membayangkan semua fitur yang ada pada sebuah mobil hanya dari cerita orang atau dari keterangan yang tertera di brosur. Untuk lebih memastikan sebuah mobil memenuhi kriteria yang diinginkan, Anda harus mencoba sendiri mengendarai mobil tersebut. Ajak anggota keluarga Anda untuk mencoba mobil yang Anda minati agar bisa memastikan mereka juga suka terhadap mobil tersebut.

Daftar Mobil Keluarga Murah yang Pas Buat Anda

Mobil
Mobil Keluarga Murah

Bila Anda masih bingung membeli mobil keluarga merek apa, ini rekomendasinya:

1. Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia memiliki banyak penggemar, terutama keluarga Indonesia. Mobil MPV ini menawarkan 2 pilihan mesin, yaitu 1.000 cc dan 1.300 cc dengan teknologi Dual VVT-i. Harganya mulai dari Rp180 jutaan-Rp215 jutaan.

2. Daihatsu Luxio

sebuah mobil keluarga yang masuk kejajaran mobil “mini bus” untuk kalangan menengah. Harga yang ditawarkan berkisar Rp175 jutaan hingga Rp204 jutaan.

3. Toyota Avanza

Dijuluki mobil sejuta umat, karena Toyota Avanza adalah salah satu jenis mobil yang paling di sukai oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Mobil besutan perusahaan Jepang ini memiliki daya tampung 7 orang dewasa. Harganya mulai dari Rp180 jutaan sampai Rp240 jutaan.

4. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga, produksi PT Suzuki Indomobil Sales merupakan mobil terlaris di Tanah Air pada pertengahan kuartal III-2015. Bermain di segmen low MPV, mobil ini dibanderol seharga Rp200 jutaan per unit.

5. Honda Mobilio

Honda Mobilip ini merupakan trendsetter mobil kelas low MPV. Mengusung konsep “out of the box,” mobil ini memiliki tampilan keren, sporty, dinamis, dan elegan. Harganya mulai dari Rp189 jutaan sampai Rp243 jutaan.

6. Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander merupakan mobil MPV rasa Sport Utility Vehicle (SUV), sehingga penampilannya terlihat tangguh dan berkharisma. Mobil ini sanggup menampung hingga 7 orang. Harganya mulai dari Rp200 jutaan.

Kredit atau Tunai?

Pertimbangan lain sebelum membeli mobil adalah memilih dengan cara cash atau kredit? Hal ini juga penting karena tentunya disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Jika tidak ingin menanggung utang, dan memiliki cukup uang untuk membeli mobil secara tunai, sebetulnya sah-sah saja. Tapi kalau tidak, membeli dengan kredit juga tidak masalah. Asalkan disiplin membayar cicilannya setiap bulan. 

Jika ingin melihat lebih rinci tentang spesifikasi mobil-mobil keluarga atau MPV di pasaran, sekaligus ingin kredit mobil baru atau bekas, Anda dapat mengajukannya via marketplace produk keuangan, Cermati.com. Kalau sudah beli mobil, jangan lupa ajukan pula asuransi mobil agar melindungi kendaraan Anda dari berbagai risiko.

Baca Juga : Tips Agar Kredit Mobil Anda Disetujui

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA