Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Kerja di Rumah? Ini 7 Langkah Cerdas untuk Tetap Fokus

Ahad 21 Jul 2019 12:08 WIB

Rep: cermati/ Red:

Wanita Bekerja. (Ilustrasi)

Wanita Bekerja. (Ilustrasi)

Foto: womendish.com
Bekerja di rumah makin diminati dan menghasilkan, dan ini tipsnya.

Bekerja di rumah sudah semakin banyak diminati belakangan ini, bahkan oleh anak muda sekalipun. Sistem informasi yang canggih sudah memungkinkan berbagai pekerjaan dilakukan secara online, tanpa perlu repot-repot untuk pergi ke kantor. Kamu bisa menjadi seorang freelancer dan bekerja secara mandiri. 

Tentu akan sangat menyenangkan, di mana kamu bisa leluasa mengatur waktu dan tempat kerjamu. Kamu bisa bekerja dengan lebih nyaman dan mendapatkan bayaran sesuai dengan kemampuan kerja yang dimiliki. 

Namun suasana rumah yang santai tentu akan sangat berbeda dengan suasana kantor yang identik dengan aktfitas kerja di setiap sudutnya. Jangan sampai kondisi ini justru membuat kamu terlalu santai dan tidak bekerja dengan maksimal, sebab hal ini tentu akan mempengaruhi penghasilan yang bisa kamu dapatkan. 

Kamu harus memiliki cara yang tepat untuk mengatasi hal ini, agar bisa tetap fokus pada pekerjaan yang kamu jalani. Bagaimanapun juga, kamu tentu mengharapkan penghasilan yang maksimal dari pekerjaan yang kamu lakukan, bukan?

Berikut ini adalah beberapa langkah penting, yang bisa kamu lakukan agar tetap fokus untuk bekerja di rumah versi cermati.com:

 

1. Tetap Disiplin dan Mengatur Jam Kerja

mengatur jam kerja

Bagi yang bekerja di rumah tentu tidak akan memiliki seorang bos dan harus mengatur jam kerja sendiri. Ini menjadi salah satu tantangan terbesar saat bekerja di rumah, di mana kamu sangat mungkin bermalas-malasan hingga kehilangan banyak waktumu yang berharga. 

Hindari untuk terjebak dalam kondisi yang seperti ini. Pastikan kamu memiliki jam kerja yang jelas dan disiplin yang tinggi untuk menjalankannya dengan baik, sehingga bisa menyelesaikan berbagai pekerjaanmu dengan baik dan sesuai dengan deadline.

Baca Juga: Jangan sampai Ketipu, Inilah Ciri-Ciri Undangan Wawancara Kerja Palsu

2. Jadwalkan dan Selesaikan Pekerjaan Rumah

membuat jadwal kerja

Berbagai pekerjaan rumah tentu masih menjadi tanggung jawabmu dan harus diselesaikan dengan baik. Jangan mencampur adukkan pekerjaan rumah ini dengan pekerjaan yang kamu tangani, sebab hal ini bisa membuat semuanya menjadi berantakan. 

Buatlah jadwal yang jelas untuk pekerjaan rumah dan selesaikan dengan baik semuanya, dan bisa mengerjakan pekerjaanmu dengan leluasa tanpa terganggu dengan pekerjaan rumah lainnya. 

3. Terapkan Pola Hidup Sehat dan Teratur

pola hidup sehat

Meski tidak berangkat ke kantor dan harus absen pada jam tertentu, bukan berarti harus bangun siang dan melewatkan sarapan. Hindari hal seperti ini, sebab ini bisa membuat hidupmu menjadi tidak teratur dan seimbang. 

Biasakan untuk tetap bangun pagi dan menikmati sarapan dengan tenang, agar memiliki energi yang cukup untuk bekerja. Jangan lupa olahraga dengan teratur dan tetapkan terapkan pola hidup yang sehat di dalam rutinitasmu.

4. Ceritakan Pekerjaanmu dan Mintalah Pengertian dari Keluarga

 ceritakan pada orang tentang pekerjaan kamu 

Tinggal bersama dengan keluarga tentu akan membuat rumah lebih ramai, namun ini akan menjadi tantangan tersendiri untukmu. Kamu harus memiliki waktu dan suasana yang mendukung pekerjaanmu, untuk berbagai pekerjaanmu bisa selesai dengan baik. 

Sampaikan tentang pekerjaanmu kepada anggota keluarga di rumah, sehingga mereka bisa mengerti dan memberi ruang yang cukup untukmu bekerja. Hal ini juga akan mengatasi berbagai kesalahpahaman, dan mereka juga bisa mendukungmu dalam bekerja.

5. Buat Ruang Kerja yang Nyaman

ruang kerja 

Memiliki ruang kerja khusus di rumah tentu akan sangat menyenangkan, di mana kamu bisa fokus pada pekerjaanmu tanpa terganggu dengan berbagai hal lainnya. Kamu bisa menata ruangan ini dengan tepat dan benar-benar sesuai dengan keinginanmu dan bisa bekerja dengan lebih nyaman di sana. Hal ini akan memberikan dampak positif pada berbagai pekerjaan yang ditangani.

6. Jangan Menunda Pekerjaan

jangan menunda pekerjaan

Meski memiliki waktu yang panjang dan sangat leluasa untuk bekerja, bukan berarti bisa menunda-nunda pekerjaanmu. Kamu harus bekerja dengan disiplin sepanjang waktu, dan semua pekerjaan bisa selesai dengan tepat waktu. Hindari untuk menunda-nunda pekerjaan, sebab hal ini akan merugikan dirimu sendiri.

7. Mulai dengan Rutinitas Pagi yang Sehat 

rutinitas pagi yang sehat

Untuk memulai hari, tetaplah bangun pagi dan memulai hari dengan rutinitas yang sehat. Kamu perlu mandi dan menggunakan pakaian yang nyaman, lalu benar-benar bersiap untuk memulai pekerjaan. Semakin pagi mulai bekerja, maka akan semakin cepat juga pekerjaanmu bisa diselesaikan.

Baca Juga: Jangan Tulis Kata-kata Ini di Resume Kalau Mau Diterima Kerja

 

Fokus dan Nikmati Pekerjaanmu dengan Nyaman

Bekerja di rumah bisa menjadi pilihan yang tepat, terutama untuk yang tidak ingin menghabiskan waktu bekerja kantoran. Pilih pekerjaan yang paling tepat dan sesuai dengan minatmu, jadi kamu bisa menyelesaikannya dengan baik. Tetaplah fokus pada tujuanmu bekerja dan nikmati setiap pekerjaanmu dengan nyaman dan bahagia.

Baca Juga: Lowongan Kerja di Jepang: Ini Posisi yang Dibuka, Gaji, dan Budaya Kerjanya

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA