Senin, 18 Zulhijjah 1440 / 19 Agustus 2019

Senin, 18 Zulhijjah 1440 / 19 Agustus 2019

6 Cara Meredam Ngidam Makanan Asin

Jumat 19 Jul 2019 15:55 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Garam Himalaya

Garam Himalaya

Foto: Pixabay
Alih-alih mengudap makanan asin berlebihan, coba cari alternatif yang lebih sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Garam diperlukan oleh tubuh untuk tetap berfungsi dengan baik. Namun, jumlah yang dibutuhkan tidaklah banyak, hanya secukupnya saja.

Tapi, kalau sudah terbiasa menaburkan garam pada makanan, mungkin ada kalanya Anda akan merasakan mengidam rasa asin atau menginginkan garam. Berikut adalah enam cara untuk meredam gejolak menginginkan makanan asin, seperti dilansir dari laman Health24, Kamis (18/7).

1. Makan buah dan sayur

Sertakan berbagai buah-buahan dan sayuran berwarna-warni dalam makanan Anda. Ini akan memastikan bahwa Anda memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi penting lainnya. Untuk mencapai ini, penting untuk merencanakan makanan Anda terlebih dahulu.

2. Berbelanja lebih cerdas

Cobalah untuk menghindari makanan olahan. Misalnya, beli ayam mentah dan panggang dengan jus lemon, bawang putih, dan rosemary alih-alih memilih ayam siap masak.

3. Jangan menambahkan lebih banyak garam

Hindari menaburkan garam ke makanan Anda di meja. Ini akan mengubah persepsi selera Anda dan mengurangi keinginan Anda akan garam.

4. Jadilah kreatif

Belajarlah menggunakan berbagai bumbu dan rempah-rempah sebagai ganti garam sebagai bumbu untuk menciptakan rasa asin demi membuat makanan lezat. Jus lemon mengaktifkan reseptor rasa yang sama seperti garam dan menjadikannya alternatif yang sangat baik.

Beberapa ide yang bisa dicoba ialah jus lemon atau cuka herbal, peterseli, daun salam, oregano, campuran herbal dan rosemary. Bumbu-bumbu seperti bubuk kari, kunyit, pala, jintan, paprika, kayu manis, cengkih, lada hitam, bawang putih, jahe, cabai, dan bawang merah.

5. Hati-hati dengan bumbu

Saat menggunakan saus dan perasa, seperti bubuk atau cairan kaldu ayam atau sayuran, saus kedelai, dan lainnya, jangan tambahkan garam lagi. Gunakan pemberi rasa asin seperti pasta ikan dan ekstrak jamur secukupnya. Ingat bahwa garam beraroma seperti garam herbal, garam bawang dan garam bawang putih bukanlah pilihan yang lebih sehat.

6. Camilan pintar

Ganti camilan asin, seperti keripik kentang, dengan pilihan sehat. Misalnya dip hummus seperti paprika merah atau bit hummus atau keju cottage disajikan dengan wortel, seledri, dan batang mentimun. Kacang edamame, keju alpukat, dan cottage disajikan dengan kerupuk berkadar natrium rendah atau kerupuk gandum bisa dicoba sajikan.

Selain itu, coba juga irisan apel dengan selai kacang, biji labu panggang, dan kacang buncis dibumbui dengan paprika asap dan jintan, kunyit dan jahe atau jeruk nipis dan lada hitam.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA