Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Mengaplikasikan Tabir Surya Sebelum Merias

Jumat 19 Jul 2019 09:09 WIB

Rep: Dewi Mardiani/ Red: Indira Rezkisari

Ragam Nivea Sun Face Serum SPF 50 PA+++.

Ragam Nivea Sun Face Serum SPF 50 PA+++.

Foto: Republika/Dewi Mardiani
Pilih tabir surya yang dirancang ringan agar mudah berpadu dengan riasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak orang yang menggunakan produk perawatan kulit wajah dan tubuh dengan menggunakan tabir surya. Harapannya agar perawatan kulit seperti itu dapat mencegah efek penuaan dini akibat dampak buruk UV dari sinar matahari.

Matahari memang berefek negatif ke kulit. Dampaknya adalah penuaan dini, berupa flek hitam, garis halus, keriput, bahkan kulit kering dan kusam.

Pengaplikasian tabir surya saat ini pada umumnya hanya untuk penggunaan sehari-hari dan jarang sekali digunakan bersamaan dengan produk rias wajah. Namun, menurut Nivea Makeup Expert Bubah Alfian, tabir surya juga bisa melengkapi rangkaian kosmetik lengkap yang digunakan untuk merias wajah.

"Untuk mereka yang kekinian biasanya lebih selektif memilih makeup dan biasanya menggunakan sunblock yang juga bisa untuk malam hari. Biasanya, produk itu dipadukan dengan makeup-makeup lainnya," kata dia, dalam mempertunjukkan cara menggunakan Nivea Sun Face Serum SPF 50 PA+++, di kantor PT Beiersdorf, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Serum yang mengandung sun protection seperti dari Nivea, kata dia, ternyata sangat ringan dan tidak lengket di kulit. Dia sendiri sudah mencobanya dan dipakai saat aktivitas pagi sampai panas-panasan di luar ruangan. "Rasanya enak di kulit dan pada saat cuci muka, juga tidak lengket. Tidak mengilat, tapi lembut dan nyaman di kulit."

Tak hanya itu, dia bahkan mencobanya dengan menggunakan serum pelindung kulit dari matahari ini sebagai dasar riasan wajah. Ternyata, hasilnya, pembauran bedak dasar dan bedak tabur dapat dengan mudah diaplikasikan dan menyatu dengan baik.

"Gampang sekali untuk di-blend-nya dan mudah menyatu hasilnya, juga nggak menimbulkan white cast. Pokoknya makeup friendly, juga bisa dipakai sehari-hari," kata Make Up Artist sejumlah selebritas ternama ini.

Menurut Marketing Manager Nivea Skin Care Diana Riana, sunscreen memang wajib digunakan sebelum beraktivitas sehari-hari. Karena itu, produk sunscreen yang diperlukan adalah yang tidak 'berat' atau lengket di kulit.

Baca Juga

Karenanya, produk sunscreen yang ringan di kulit serta nyaman bisa jadi pilihan. Serum inilah yang bakal diperkenalkan dalam Jakarta X Beauty pada 26-28 Juli 2019 di Senayan City, Jakarta.

"Seperti serum dari kami, sebaiknya diaplikasikan setelah menggunakan pelembab wajah. Untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal, sebaiknya aplikasikan secara merata hingga benar-benar menutup seluruh bagian wajah," kata Diana.

Ada tambahan darinya bahwa pengaplikasiannya dapat dilakukan setiap tiga sampai empat jam. Untuk rias wajah sehari-hari, Bubah punya tips khusus dalam penggunaan serum dengan sun protection seperti itu.

Hal utama adalah pembersihan wajah dengan cermat, termasuk area leher. Setelah itu, baru menyapukan serum secara merata dan ditutup dengan bedak. Hanya, untuk riasan makeup lengkap, sebelum serum bisa saja dibubuhkan pelembab. Setelah serum, tambah dia, baru bubuhkan makeup primer atau makeup starter, kemudian bedak dasar, bedak tabur, dan seterusnya.

"Kalau pakai foundation, serum ini membantu membuat kulit lebih lembut dan perfect untuk tampil natural. Cowok juga bisa pakai untuk melindungi kulitnya," ucap pria kelahiran 1987 ini.

Meski begitu, apapun riasan dan produk kosmetik yang digunakan, tahap pembersihan kulit wajah setelahnya sangat penting. Jadi, kata dia, kuncinya adalah pembersihan kulit wajah rutin.

"Meski pun serum ini tergolong ringan banget dan hampir tak berasa di kulit, tetap saja membersihkan wajah harus benar-benar bersih supaya tak ada komedo atau juga masalah kulit lainnya."

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA