Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Protein Kedelai Bermanfaat untuk Kesehatan Jantung

Kamis 18 Jul 2019 18:54 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih

Susu soya atau susu kedelai.

Susu soya atau susu kedelai.

Foto: Flickr
Kedelai diakui punya banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan jantung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berdasarkan berbagai penelitian, kedelai diakui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk kesehatan jantung. Para peneliti merekomendasikan protein kedelai sebagai bagian dari diet yang menyehatkan jantung karena membantu menurunkan kolesterol.

Hasil analisis menemukan bahwa kedelai mengurangi kolesterol total. Kedelai juga mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau biasa disebut kolesterol jahat yang dapat menyebabkan pembekuan darah dan serangan jantung.

"Pasien bisa meyakini kedelai akan membantu menurunkan kolesterol dengan cara yang sama seperti makanan nabati lain yang disetujui FDA seperti kacang-kacangan, gandum dan jelai, produk psyllium dan margarin sterol tanaman," kata David JA Jenkins, peneliti di University of Toronto dilansir Reuters, Kamis (18/7).

Para peneliti melaporkan dalam Journal of American Heart Association bahwa kedelai mengurangi LDL rata-rata 4,2 hingga 6,7 ​​mg/dL. "Kedelai menyehatkan jantung dan sumber protein yang baik," kata Omer Kucuk, peneliti di Emory University yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

Peneliti di Western University, David Spence, mengatakan kedelai adalah salah satu dari banyak cara untuk mencapai pola makan nabati yang lebih banyak tanpa kehilangan protein yang diperoleh dari daging. "Setiap kombinasi biji-bijian dan kacang-kacangan mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan bagi tubuh Anda untuk membuat protein," tambah Spence.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA