Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Punya Saudara Perempuan Baik untuk Kesehatan Mental

Rabu 17 Jul 2019 10:57 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Christiyaningsih

Saudara perempuan. Ilustrasi.

Saudara perempuan. Ilustrasi.

Foto: Dailymail
Saudara perempuan sering kali dianggap cocok menjadi teman bercerita

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki saudara perempuan atau laki-laki sama baiknya. Setiap orang bisa merasakan manfaat dari kehadiran seorang saudara. Saudara perempuan sering kali dianggap cocok menjadi teman bercerita.

Para peneliti dari Universitas Brigham Young menemukan bahwa memiliki saudara perempuan dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan harga diri. Orang-orang yang memiliki saudara perempuan dapat terbantu untuk terhindar dari merasa kesepian, tidak dicintai, bersalah, sadar diri, dan rasa takut.

Hal positif lainnya, saudara perempuan dapat membuat saudaranya menjadi orang yang lebih berempati. Asisten profesor Alex Jensen dari Universitas Brigham Young, yang telah menulis beberapa studi tentang hubungan saudara, mengatakan para saudara perempuan berperan dalam memajukan kesehatan mental yang positif.

"Saudara perempuan juga sering melakukan banyak hal untuk menjaga keluarga tetap terhubung satu sama lain setelah orang tua mereka tidak ada," jelasnya dikutip dari laman Her belum lama ini.

Dalam hubungan persaudaraan, boleh jadi pertengkaran tidak bisa dihindarkan. Akan tetapi hal ini tidak perlu menjadi kekhawatiran karena akan baik untuk hubungan persaudaraan.

"Saudara perempuan membantu Anda mengembangkan keterampilan sosial seperti komunikasi, kompromi, dan negosiasi. Bahkan konflik saudara kandung, jika kecil, dapat menciptakan  hubungan yang sehat," tuturnya.

Penelitian juga menemukan laki-laki yang tumbuh dengan saudara perempuan lebih baik dalam berkomunikasi dengan perempuan daripada mereka yang hanya memiliki saudara laki-laki. Begitu juga sebaliknya, perempuan bisa berkomunikasi lebih baik dengan laki-laki jika memiliki saudara laki-laki.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa memiliki saudara kandung yang berbeda jenis kelamin dapat memberikan manfaat nyata dalam masa remaja. Banyak dari pasangan saudara kandung menjadi lebih dekat selama masa remaja karena mereka menjadi sumber informasi yang baik tentang lawan jenis.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA