Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Manfaat Luar Biasa Spirulina (2-Habis)

Selasa 16 Jul 2019 18:56 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari

Spirulina

Spirulina

Foto: Flickr
Cukup taburkan spirulina ke jus atau makanan untuk meraih manfaatnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spirulina, mikro-ganggang biru-hijau, adalah makanan super yang banyak dibicaraka. Spirulina memiliki manfaat kesehatannya mendalam yang membantu memulihkan dan merevitalisasi kesehatan secara keseluruhan.

Spirulina tumbuh secara alami di danau asin dan lautan di iklim subtropis. Tanaman ini tumbuh di seluruh dunia dari Meksiko ke Afrika dan bahkan Hawaii.

Makanan super dari spirulina digunakan dalam minuman, makanan berenergi, dan bahkan suplemen. Terlepas dari suplemen, FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) memungkinkan produsen untuk menggunakan spirulina sebagai zat tambahan warna pada permen dan makanan kemasan.

Berikut manfaat kesehatan spirulina, dikutip dari laman Boldsky, Selasa (16/7).

Mengelola diabetes
Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa suplemen spirulina secara signifikan dapat menurunkan kadar glukosa darah puasa pada diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Meningkatkan energi
Konsumsi spirulina dapat membantu dalam meningkatkan metabolisme Anda, yang pada gilirannya, membuat Anda energik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 6 gram spirulina per hari mengalami efek metabolik positif. Alga juga bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot.

Mengurangi tingkat depresi dan kecemasan
Spirulina dapat membantu mengobati gangguan suasana hati dan kondisi kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan karena merupakan sumber triptofan, asam amino yang mendukung produksi serotonin. Serotonin memainkan peran utama dalam kesehatan mental.

Mencegah anemia
Suplemen spirulina meningkatkan hemoglobin dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan lebih lanjut apakah spirulina benar-benar membantu mencegah anemia atau tidak.

Antiracun
Di dalam Sebuah studi yang diterbitkan dalam Biologi Farmasi menemukan bahwa spirulina memiliki sifat antiracun yang dapat menangkal polutan dalam tubuh seperti timah, besi, arsenik, fluorida, dan merkuri.

Menambahkan spirulina juga sangat mudah untuk makanan sehari-hari. Mulai dari menambahkan bubuk spirulina ke smoothie dan jus, menaburi bubuk spirulina pada salad atau sup, atau mengonsumsi spirulina sebagai suplemen makanan dalam bentuk tablet.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA