Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Manfaat Luar Biasa Spirulina (1)

Selasa 16 Jul 2019 18:46 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari

Bubuk spirulina.

Bubuk spirulina.

Foto: Pixabay
Konsumsi spirulina baik bagi kesehatan jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Spirulina, mikro-ganggang biru-hijau, adalah makanan super yang banyak dibicaraka. Spirulina memiliki manfaat kesehatannya mendalam yang membantu memulihkan dan merevitalisasi kesehatan secara keseluruhan.

Spirulina tumbuh secara alami di danau asin dan lautan di iklim subtropis. Tanaman ini tumbuh di seluruh dunia dari Meksiko ke Afrika dan bahkan Hawaii.

Makanan super dari spirulina digunakan dalam minuman, makanan berenergi, dan bahkan suplemen. Terlepas dari suplemen, FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) memungkinkan produsen untuk menggunakan spirulina sebagai zat tambahan warna pada permen dan makanan kemasan.

Berikut manfaat kesehatan spirulina, dikutip dari laman Boldsky, Selasa (16/7).

Mencegah kanker
Sifat antioksidan dan antiinflamasi yang kuat dari spirulina dapat membantu mencegah kanker dan penyakit lainnya dengan melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Komponen utama phycocyanin, antioksidan yang ditemukan dalam spirulina, dapat melawan radikal bebas dan menghentikan produksi molekul pemberi sinyal inflamasi.

Meningkatkan kesehatan jantung
Spirulina telah terbukti mencegah aterosklerosis dan menurunkan kadar kolesterol. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmu Pangan dan Pertanian menunjukkan bahwa, orang dengan kolesterol tinggi yang mengonsumsi 1 gram spirulina per hari mengalami penurunan kadar trigliserida sebesar 16,3 persen dan kadar kolesterol jahat sebesar 10,1 persen.

Mengurangi masalah sinus
Menurut sebuah penelitian, spirulina menurunkan peradangan yang menyebabkan masalah sinus. Telah terbukti efektif dalam mengurangi hidung tersumbat, bersin, keluarnya cairan dari hidung, dan gatal-gatal.

Bantuan penurunan berat badan
Spirulina adalah makanan bergizi tinggi, rendah kalori yang membantu dalam mengelola berat badan. Sebuah studi ilmiah menunjukkan bahwa spirulina membantu dalam manajemen berat badan. Dalam penelitian ini, orang yang kelebihan berat badan yang makan spirulina selama 3 bulan menunjukkan peningkatan BMI.



Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA