Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Selain Batasi Penggunaan Gadget, ini 8 Cara Menjaga Kesehatan Mata

Ahad 14 Jul 2019 08:34 WIB

Rep: cermati/ Red:

Mata. Ilustrasi

Mata. Ilustrasi

Foto: Readers Digest
Sangat penting bagi setiap orang menjaga kesehatan mata sejak dini

Indra penglihatan atau mata merupakan salah satu bagian tubuh terpenting yang akan selalu kita butuhkan sepanjang waktu. Sebab dengan mata, kita bisa melihat berbagai objek dan lingkungan di sekitar dengan jelas. Bila terjadinya gangguan pada area mata, tentunya penglihatan akan menjadi terganggu. Bahkan, gangguan pada mata juga bisa berujung pada kebutaan.

Untuk itu, sangat penting bagi setiap orang menjaga kesehatan mata sejak dini dengan cara yang benar. Tidak selalu harus dengan mengunjungi dokter, menjaga mata ini juga bisa dilakukan dengan berbagai perawatan yang sederhana yang biasanya dilakukan dalam sehari-sehari, seperti berikut ini yang telah dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber, di antaranya:

 

1. Konsumsi vitamin A dalam Jumlah Cukup

Vitamin A yang alami ini bisa didapatkan dari berbagai sumber makanan sehat yang dikonsumsi, sehingga bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Pada umumnya, vitamin A banyak terdapat pada buah dan sayuran yang berwarna hijau dan jingga kekuningan, seperti: labu kuning, tomat, wortel, alpukat, pepaya, dan yang lainnya. 

Baca Juga: Mau Dapatkan Kulit Sehat, Cantik, dan Berseri? Coba Lakukan Ini

2. Mengonsumsi Sayuran Hijau 

sayuran hijau
Mengonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran berwarna hijau tua memang memiliki kandungan karotenoid yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Bukan hanya itu saja, zeaxanthin dan lutein bahkan bisa membantu menghindari terjadinya resiko penyakit katarak dan juga penurunan kemampuan penglihatan yang pada umumnya diakibatkan oleh gangguan pada retina. 

Pastikan mengonsumsi sayuran hijau sebagai menu harian secara teratur, sehingga semua kandungan zat baik di dalamnya bisa didapatkan untuk menjaga kesehatan mata Anda. Ada banyak pilihan sayuran hijau yang bisa dijadikan menu harian, seperti: brokoli, bayam, dan yang lainnya. 

3. Minum Multivitamin Khusus Mata

Jika Anda termasuk orang yang praktis dan suka dengan berbagai produk yang sudah siap dalam takaran yang pas, maka mengonsumsi multivitamin khusus untuk menjaga kesehatan mata adalah pilihan yang tepat. 

Pilihan ini bahkan cocok bagi yang tidak begitu suka mengonsumsi sayuran dan buah. Ada banyak jenis vitamin antioksidan yang bisa membantu memperlambat terjadinya penurunan penglihatan yang disebabkan katarak dan juga gangguan pada area retina, antara lain: vitamin B12 dan B6, mineral tembaga dan beta karoten, vitamin E dan juga vitamin A.

4. Tetap Kontrol Kadar Kolesterol dan Gula Darah 

Kesehatan mata juga bisa dipengaruhi oleh kadar gula darah serta tekanan darah. Pastikan Anda selalu mengontrol kandungan gula darah, kolesterol dan juga tekanan darah secara berkala, sehingga tetap stabil dan rendah. Kondisi seperti ini akan membantu Anda menjaga kesehatan mata dan juga tubuh secara keseluruhan.

5. Jangan Kucek Mata dengan Keras atau Kasar

kucek mata
Jangan kucek mata dengan keras dan kasar

Area mata begitu sensitif, bahkan pada sentuhan (gerakan) yang berlebihan sekalipun. Jika mata terasa gatal atau bahkan merasa ada benda asing masuk ke dalamnya, maka pastikan Anda tidak menggosok atau mengucek mata dengan keras dan kasar, sebab hal ini bisa saja membuat kesehatan mata terganggu. Sebaiknya usapkan mata secara perlahan atau juga bisa bilas dengan air bersih.

6. Hindari Paparan Debu dan Sinar Matahari Berlebihan

Debu dan sinar ultraviolet menjadi hal yang kerap mengganggu kesehatan mata tanpa disadari. Jagalah mata dari paparan debu dan sinar matahari berlebih dengan menggunakan peralatan yang tepat. Anda bisa menggunakan kaca mata, helm atau bahkan topi untuk melindungi mata, sehingga tidak iritasi atau bahkan infeksi akibat debu dan paparan ultraviolet secara langsung. 

Baca Juga: Sakit Kepala: Penyebab Sakit Kepala, dan Cara Menghilangkan Sakit Kepala yang Perlu Kamu Tahu

7. Jangan Terlalu Dekat dengan Objek

Ini merupakan kebiasaan buruk yang sering diabaikan, di mana Anda terlalu dekat dengan objek yang sedang diamati dalam waktu yang lama, misalnya: televisi, novel atau komik, laptop, dan yang lainnya. Selain lelah, mata bisa saja mengalami penurunan penglihatan. Hindari berbagai kebiasaan ini mulai sekarang, sebab hal seperti ini bisa membuat kesehatan mata menjadi terganggu.

8. Batasi Penggunaan Gadget

main gadget
Batasi penggunaan gadget

Penggunaan gadget dalam waktu yang panjang juga sangat berbahaya bagi kesehatan mata, apalagi jika hal ini menjadi rutinitas yang sangat biasa dilakukan. Pastikan Anda membatasi kontak dengan berbagai gadget, sehingga mata tidak lelah dan bekerja keras, sebab hal ini bisa membuat tingkat kesehatan mata menurun. 

9. Konsumsi Antioksidan dalam Jumlah Tepat

Antioksidan akan membantu Anda menangkal radikal bebas dan menghindari berbagai kerusakan jaringan di dalam tubuh, termasuk menjaga kesehatan mata dan mengurangi resiko katarak pada mata. Mulailah dari sekarang mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi dalam menu harian, sehingga tubuh dan mata bisa menangkal berbagai gangguan kesehatan yang merugikan.

Jaga Kesehatan Mulai dari Sekarang

Menjaga kesehatan mata kerap menjadi hal yang terlupakan, terutama bagi Anda yang selama ini merasa tidak mengalami gangguan kesehatan pada area mata. Jangan abaikan mata begitu saja, kemungkinan akan merasakan gangguan mata bila nanti sudah di lanjut usia. Agar mata tetap sehat sampai kapanpun mulailah menjaga kesehatannya sejak sekarang. Terapkan berbagai kebiasaan yang lebih sehat dan konsumsi makanan serta vitamin yang tepat, sehingga kesehatan mata tetap terjaga dengan baik sepanjang waktu.

Baca Juga: Cara Beli Kacamata yang Ditanggung BPJS Kesehatan

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA