Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sumber Protein Vegetarian untuk Kesehatan Otot

Kamis 04 Jul 2019 06:30 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Kacang-kacangan.

Kacang-kacangan.

Foto: Pixnio
Ingat, protein adalah komponen inti dari otot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jadwal padat dan kurangnya kesadaran tentang sumber protein mungkin sering menyebabkan kesehatan otot yang buruk, kelelahan bahkan penyakit. Kesehatan otot yang buruk dapat menimbulkan masalah serius pada kemampuan Anda untuk berfungsi secara normal atau menjalani gaya hidup aktif.

Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan otot yang baik untuk melakukan berbagai kegiatan mulai dari bernapas, pergerakan anggota tubuh, mengangkat benda hingga memompa darah.

Kepala ilmu gizi dan urusan medis Danone India, Dr Nandan Joshi, menjelaskan otot adalah titik tumpu yang mendukung setiap fungsi dalam tubuh. Jika Anda dapat memulai rutinitas olahraga yang sesuai dengan usia dan gaya hidup, Anda telah memperoleh beberapa dasar dalam meningkatkan kesehatan otot.

Seperti dilansir dari laman Indian Express, persyaratan penting lain untuk otot yang sehat adalah diet kaya protein. Karena protein adalah komponen inti dari otot. Fakta lain yang harus diingat adalah bahwa protein perlu dikonsumsi setiap hari karena tidak disimpan dalam tubuh sebagai cadangan. Rata-rata orang dewasa membutuhkan sekitar 55 gram protein setiap hari.

Jika Anda seorang vegetarian, teka-teki protein semakin dalam karena tidak hanya penting untuk mengonsumsi jumlah yang cukup, tapi protein berkualitas juga sangat penting. Sumber protein vegetarian memiliki jumlah asam amino yang lebih rendah seperti lisin, treonin atau metionin yang secara langsung berdampak pada kualitas protein.

Namun, makanan vegetarian tertentu mengandung jumlah protein yang tinggi. Anda harus memasukkan makanan-makanan ini ke dalam makanan untuk memastikan bahwa Anda mengonsumsi jumlah dan kualitas protein yang memadai.

Susu, keju, dan yogurt
Semua orang sadar akan manfaat mengonsumsi susu, yang merupakan salah satu sumber protein terbaik. Sekitar 100 gram susu mengandung 3,4 gram protein. Bagian terbaiknya adalah, susu dapat digunakan untuk membuat makanan vegetarian seperti paneer dan dahi.

Keju kaya akan protein, dan sangat cocok untuk pembentukan dan pemeliharaan otot karena juga mengandung kalsium dan vitamin B12.

Yoghurt polos dan alami terutama terbuat dari protein dan karbohidrat, dengan kandungan lemak yang bervariasi. Ini berisi kultur bakteri sehat, yang baik untuk sistem pencernaan Anda dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Pulses
Pulses telah lama diterima sebagai makanan pokok di India. Setiap negara memiliki favorit mereka sendiri yang dikonsumsi orang setiap hari. Mereka kaya akan protein nabati yang mudah dicerna. Misalnya, 100 gram pulses mengandung 22 gram protein.

Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat dikonsumsi kapan saja di siang hari. Kacang seperti almond adalah sumber protein yang kaya; dengan 10 almon yang mengandung sekitar 2,5 gram protein. Kebanyakan kacang mengandung sekitar 23 gram protein per 100 gram. Benih protein tinggi termasuk, biji labu, pistachio, biji bunga matahari, biji rami, biji wijen, berbiji seperti kelapa dan kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang almond dan kacang mete.

Suplemen protein
Sebagian besar sumber protein vegetarian tidak memiliki kualitas dan kuantitas protein yang cukup. Karena penambahan sumber non-vegetarian yang kaya protein seperti daging, ikan, dan telur bukan pilihan, vegetarian dapat memilih suplemen protein yang sekarang tersedia dalam berbagai format seperti bubuk, biskuit, dan bar. Namun, memilih suplemen protein yang tepat yang rendah gula sangat penting.




Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA