Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Friday, 19 Safar 1441 / 18 October 2019

Menghitung Biaya Wisata ke Kepulauan Seribu

Selasa 09 Jul 2019 18:30 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Kawanan lumba-lumba terlihat di sekitar pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Senin (7/1).

Kawanan lumba-lumba terlihat di sekitar pulau Tidung, Kepulauan Seribu, Senin (7/1).

Foto: Dok Istimewa
Kepulauan Seribu menawarkan wisata bahari yang mudah dijangkau dari Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk berwisata ke Kepulauan Seribu, ada banyak alternatif yang bisa dipilih. Biayanya relatif terjangkau. Pengunjung bisa melakukan perjalanan secara mandiri atau memanfaatkan paket-paket yang banyak ditawarkan oleh agen.

Untuk menuju Kepulauan Seribu, menurut Kepala Suku Dinas Pariwisata Kab. Adm. Kep Seribu Cucu Kurnia, wisatawan memiliki dua alternatif keberangkatan. Pilihan ini bisa disesuaikan dengan anggaran dan waktu yang ditempuh sampai ke pulau tujuan.

Untuk yang menghemat biaya, pengunjung bisa berangkat dari Muara Angke dengan harga tiket Rp 100 ribu pulang-pergi per orang. Kalau ingin cepat sampai, wisatwan dapat menggunakan speed boat dari Ancol. Biaya transportasinya Rp 300 ribu dari Ancol ke Pulau Pramuka untuk pulang-pergi.

Ingin snorkeling? Cucu menjelaskan, snorkeling di Kepulauan Seribu tarifnya sekitar Rp 25 ribu.

"Untuk paket acara yang pernah dilakukan di Tidung, teman-teman jual ke wisatawan untuk acara nonton Rp 390 ribu per hari per orang," ujar Cucu.

Baca Juga

photo
Pulau Tidung



Paket itu sudah termasuk penginapan, makan tiga kali sehari, transportasi, hingga snorkeling di Kepulauan Seribu. Paket-paket beragam lain pun dengan harga yang lebih murah pun bisa didapatkan agen perjalanan.

Ada pula tawaran resort yang bisa mencapai Rp 2 juta per orang per malam dengan fasilitas yang nyaman. Namun, wisatawan yang ingin melakukan perjalanan mandiri dengan biaya yang lebih murah lagi bisa memanfaatkan rumah penduduk.

Saat ini, banyak penduduk Kepulauan Seribu yang mengembangkan penginapan terjangkau untuk wisatawan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA