Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Mencicipi Masakan Khas Betawi di Aston Priority Simatupang

Selasa 09 Jul 2019 12:37 WIB

Red: Gita Amanda

Soto Betawi salah satu makanan khas Betawi yang disuguhkan Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center.

Soto Betawi salah satu makanan khas Betawi yang disuguhkan Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center.

Foto: Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center
Aston menyajikan makanan dan minuman khas Betawi untuk mengobati rasa rindu para tamu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center  menyajikan makanan dan minuman khas Betawi untuk mengobati rasa rindu para tamu dengan masakan khas Betawi pada bulan Juli ini. Menu khas Betawi ini sengaja disajikan oleh chef untuk para tamu yang datang untuk menginap di hotel atau sekadar mengunjungi Canary Coffee Shop yang berada di lantai dasar hotel ini.

Beberapa menu legendaris khas Betawi yang disajikan di antaranya adalah soto betawi yang terkenal lezat dan popular ini biasanya dimasak menggunakan daging jeroan seperti hati, paru, babat, maupun organ sapi lainnya. Kuah sotonya terbuat dari campuran susu dan santan yang tentu membuat rasa yang begitu khas dan lezat.

Baca Juga

photo
Gabus pucung khas Betawi ala Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center.

Soto ini sangat cocok ditambahkan emping dan nasi yang masih hangat. Soto Betawi ala Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center ini diberi nama Soto Betawi Enyak. Gabus pucung juga menjadi suguhan andalan selalin soto betawi, masakan yang menggunakan ikan gabus sebagai bahan dasarnya dimasak dengan bumbu seperti ketumbar dengan kuah sayur yang sangat khas terbuat dari daun salam, sereh, jahe, daun jeruk, lengkuas, buah tomat, jeruk limau, bawang dan cabe rawit. Rasa asam serta pedas yang jadi satu menambah selera pencinta kuliner menyantap empuknya daging ikan gabusnya.

Tak hanya menu masakan yang disajikan, es selendang mayang juga hadir untuk memberikan kesegaran setelah mencicipi kedua menu masakan tadi. Selain menyegarkan, minuman ini dapat mengurangi rasa lapar karena dibuat dengan bahan dasar tepung beras Disajikan bersama gula aren, santan, serta es batu membuatnya pas disantap saat siang hari. Meski aslinya dari Jakarta, es selendang mayang kini semakin sulit ditemui.

photo
Es selendang mayang khas Betawi yang disuguhkan Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center.

“Masih dalam rangka memeriahkan Ulang Tahun Jakarta ke 492 bertepatan di bulan Juni lalu, kami sengaja menghadirkan sajian khas Betawi untuk mengobati kerinduan para tamu dengan masakan khas Betawi. Sajian yang kami buat diantaranya, Soto Betawi yang kami beri nama soto betawi enyak, gabus pucung dan es mpok maya, yakni es selendang mayang yang terkenal di tahun 1940an,” jelas Chef Djoko Hendrasto, Executive Chef di Aston Priority Simatupang Hotel & Conference Center.

Djoko mengatakan Aston akan terus memperkenalkan keanekaragaman masakan Nusantara kepada para tamu atau pengunjung restauran. Ini bagian dari komitmen untuk melestarikan budaya kuliner Indonesia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA