Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Tuesday, 22 Rabiul Awwal 1441 / 19 November 2019

Sayangi Ginjal Kamu dengan 7 Cara Mudah Ini

Selasa 09 Jul 2019 15:45 WIB

Rep: cermati/ Red:

Sayangi Ginjal Kamu dengan 7 Cara Mudah Ini

Sayangi Ginjal Kamu dengan 7 Cara Mudah Ini

Menjaga pola makan merupakan salah satu cara ampuh agar ginjal tetap sehat.

Pernah dengar nasihat ‘banyak minum air putih demi kesehatan ginjal?’ Anjuran tersebut baiknya diikuti lantaran ginjal merupakan salah satu organ vital dalam tubuh. Fungsi ginjal sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia.

Posisi ginjal persisnya berada di belakang rongga perut di atas pinggang. Terdiri dari sepasang, ginjal kanan dan kiri yang masing-masing berukuran sekitar 10-12 cm dengan berat 200 gram. Kira-kira besarnya sekepal tangan.   

Tugas dua ginjal dalam tubuh manusia sangat besar, di antaranya menyaring lebih dari 180 liter darah setiap harinya. Selain itu lemak, racun, kelebihan garam, cairan lain atau bisa disebut dengan ‘limbah alias sampah’ ini diproses oleh ginjal. Kemudian dibuang dalam bentuk urin atau air kencing.

Fungsi ginjal lainnya, adalah menjaga keseimbangan air dalam tubuh, mengatur tekanan darah dan kadar garam dalam darah. Juga mengatur sel darah merah, mengatur keseimbangan pH darah, menjaga keseimbangan elektrolit dan mineral, serta mempertahankan kalsium tulang dan merangsang sum-sum tulang belakang untuk memproduksi sel darah merah.

Jadi bisa dibayangkan kalau ginjal ini berhenti bekerja, tubuh kita akan penuh dengan tumpukan sampah-sampah tersebut. Penyakit berat pun akan menghampiri, seperti kanker ginjal, gagal ginjal, dan sebagainya.

Tahu sendiri jika sudah mengidap gagal ginjal kronis misalnya, kita harus rutin cuci darah sebagai langkah pengobatan. Biayanya jangan ditanya, mahal banget.

Sebelum terlambat, yuk jaga kesehatan ginjal kita dengan cara-cara sederhana berikut ini:

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Virus Penyebab Kanker

 

1. Menjaga Pola Makan

Menjaga pola makan merupakan salah satu cara ampuh agar ginjal tetap sehat. Contohnya dengan mengurangi konsumsi garam, kurangi atau hindari makan junk food, mengonsumsi sayur dan buah organik, atau makan daging tanpa lemak.

Tingginya kadar garam dalam tubuh dapat membawa dampak buruk bagi tubuh karena keseimbangan mineral dalam darah akan terganggu, kerja ginjal makin berat, dan secara langsung mempengaruhi fungsi ginjal. 

Cara mengetahui seseorang telah mengonsumsi garam berlebih adalah orang itu akan mudah haus, sering kembung, serta urin yang dikeluarkan sedikit.

2. Jaga Berat Badan Tetap Ideal 

Kesehatan
Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Pentingnya menjaga berat badan demi kesehatan tubuh. Terlalu kurus atau terlalu gemuk tidak baik bagi kesehatan. Berat badan harus dipertahankan sesuai dengan indeks masa tubuh atau dikenal dengan Body Mass Index.

Orang dengan berat badan tidak ideal pasti akan mempengaruhi kerja organ tubuh, termasuk ginjal. Kinerja ginjal menjadi lebih cepat, dan pada akhirnya produktivitas ginjal menurun.

3. Rajin Olahraga 

Olahraga
Rajin Olahraga

Tubuh akan tetap fit dan bugar ketika kita aktif bergerak atau rutin olahraga. Cara ini juga baik untuk membantu menjaga ginjal tetap sehat. Dengan begitu, dapat mencegah dari berbagai penyakit ginjal, dan mengoptimalkan kinerja ginjal. Contohnya membiasakan diri olahraga selama 20 menit setiap harinya.

4. Tidak Merokok dan Konsumsi Minuman Beralkohol

Kesehatan
Tidak Merokok dan Konsumsi Minuman Beralkohol

Rokok dan alkohol bukanlah ‘sahabat yang baik’ bagi tubuh. Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol akan merusak paru-paru dan ginjal. Banyak racun yang terkandung pada rokok dan minuman beralkohol. Jadi jauhi kebiasaan tersebut ya.

Baca Juga: Pindah Faskes BPJS Kesehatan Makin Mudah via Aplikasi JKN, Ini Caranya

5. Banyak Minum Air Putih

Air Putih
Banyak Minum Air Putih

Air putih berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Kita dianjurkan minum air putih 6-8 gelas setiap harinya. Bila asupan air dalam tubuh terpenuhi, maka ginjal akan dapat bekerja dengan baik. Tapi sebaliknya, jika kekurangan air atau dehidrasi, akan memberatkan kerja ginjal.

Kebutuhan air yang terpenuhi dengan cukup akan menghindari kita dari penyakit infeksi saluran kencing. Kekurangan cairan dapat memicu serangan bakteri, sehingga terjadi infeksi tersebut. Ini juga yang menjadi penyebab anyang-anyangan. Kalau tidak segera ditangani, bakteri ini akan menginfeksi ginjal.

Jadi, konsumsi air putih yang cukup. Namun bagi pengidap penyakit ginjal akut, seperti gagal ginjal justru wajib mengurangi konsumsi air putih agar tidak memberatkan kerja ginjal.

6. Jangan Sembarangan Konsumsi Suplemen dan Obat

Narkoba dan Alkohol
Jangan Sembarangan Konsumsi Obat dan Suplemen

Ada loh obat yang bisa mengganggu fungsi ginjal, yakni beberapa obat antinyeri dan antibiotik. Konsumsi obat non-resep dalam waktu yang cukup panjang juga dapat merusak ginjal.

Begitupula dengan obat-obatan herbal, serta suplemen tubuh. Sebaiknya lakukan konsultasi ke dokter lebih dulu jika ingin mengonsumsi obat-obatan tertentu.

7. Rajin Cek Tekanan Darah

Kesehatan
Rajin Cek Tekanan Darah

Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang memicu kerusakan ginjal. Berdasarkan penelitian, 35% penyakit ginjal disebabkan tekanan darah tinggi. Hal ini terjadi karena kekuatan aliran darah yang tinggi mampu mengakibatkan peregangan pembuluh darah, sehingga darah yang mengalir semakin lancar.

Namun peregangan ini menimbulkan bekas luka, serta melemahkan pembuluh darah yang mengalir keseluruh tubuh termasuk ginjal. Jadi sering-sering ya cek tekanan darah kamu.

Lebih Baik Mencegah daripada Mengobati

Kesehatan mahal harganya. Kalau sudah divonis penyakit ginjal, kamu harus siap dengan biaya pengobatan yang menguras dompet. Oleh karena itu, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Caranya dengan menerapkan gaya hidup sehat. Bekali juga dengan asuransi kesehatan untuk menjamin kamu dan keluarga dari risiko berbagai penyakit, termasuk yang berhubungan dengan ginjal.

Baca Juga: Diet GM Tokcer Turunkan Berat Badan Dalam Seminggu, Jangan Kaget Lihat Timbangan!

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA