Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Monday, 18 Zulhijjah 1440 / 19 August 2019

Pusing Mau Bayar Biaya Pendidikan Anak? Coba Pinjaman Ini

Ahad 21 Jul 2019 09:09 WIB

Rep: cermati/ Red:

Pusing Mau Bayar Biaya Pendidikan Anak? Pinjam KTA Saja

Pusing Mau Bayar Biaya Pendidikan Anak? Pinjam KTA Saja

Pinjaman dari perbankan bisa menjadi solusi membiayai pendidikan anak.

Pendidikan merupakan salah satu bekal penting untuk masa depan. Menyadari hal ini, para orangtua akan berusaha semaksimal mungkin untuk merencanakan pendidikan anak dari TK sampai melangkah ke perguruan tinggi.

Merencanakan pendidikan tidak mudah, karena butuh biaya yang tidak sedikit. Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, kenaikan rata-rata biaya pendidikan di Indonesia sebesar 10% per tahun. Kalau orangtua tidak punya persiapan matang, maka akan sulit memenuhi kebutuhan primer tersebut.

Sebaiknya biaya pendidikan mulai Anda kumpulkan setelah kelahiran sang buah hati. Dengan begitu, Anda memiliki waktu cukup panjang untuk mempersiapkan biaya sekolah. Akan tetapi, bila Anda membutuhkan biaya pendidikan dalam waktu dekat, namun tabungan tidak cukup, Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah salah satu pilihan tepat.

Anda bisa mendapatkan fasilitas pinjaman tanpa perlu menjaminkan barang berharga Anda. Kini, fasilitas KTA dapat Anda ajukan langsung ke perbankan, maupun lewat marketplace produk keuangan, seperti Cermati.com.

Berikut ini beberapa alasan KTA cocok untuk memenuhi biaya pendidikan anak Anda:

Baca Juga: Mau Ajukan Pinjaman KTA? Riset Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

 

1. Proses dan syarat sangat mudah

KTA

Proses dan syarat sangat mudah

Berbeda dengan fasilitas kredit lain yang membutuhkan berbagai syarat rumit, KTA jauh lebih mudah. Pinjaman ini bisa diajukan tanpa agunan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mengakses kredit tersebut.

Proses pengajuan KTA sampai disetujui tidak membutuhkan waktu lama. Jika sudah melengkapi semua syarat yang dibutuhkan, maka Anda hanya perlu menunggu beberapa hari saja untuk pencairan pinjaman.

Beberapa bank dan lembaga keuangan lain bahkan menyediakan layanan pengajuan online atau menggandeng marketplace produk keuangan untuk mengajukan KTA online dengan mudah dan segera mendapatkan kabar hanya sekitar 1 jam setelahnya. 

2. Plafon hingga Rp500 Juta

KTA

Dalam produk KTA, batas pinjaman bervariasi jumlahnya. Secara umum, bank akan memberikan pinjaman dana tunai hingga Rp500 juta sesuai dengan ketentuan dan persyaratan masing-masing bank tersebut.

Produk KTA yang menawarkan plafon pinjaman hingga Rp300 juta, antara lain produk Digibank KTA dari DBS Indonesia dan Standard Chartered KTA Online. Ada juga KTA TymeDigital dari Commonwealth Bank yang memberi keuntungan pencairan pinjaman dalam waktu 7 hari.  

3. Jangka waktu fleksibel

KTA

Jangka waktu fleksibel

KTA memungkinkan Anda memilih jangka waktu pinjaman dengan leluasa. Sebab produk ini biasanya menawarkan jangka waktu fleksibel. Tenornya dari 12 bulan sampai 60 bulan.

Anda bisa memilih masa cicilan yang paling tepat, sehingga pinjaman KTA benar-benar memberikan manfaat maksimal bagi pendidikan anak Anda. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk mengambil tenor singkat, apalagi jika hal tersebut akan membebani keuangan Anda.

Baca Juga: Sebelum Mengajukan KTA, Ketahui Dulu Biaya-Biaya Ini

4. Cicilan sesuai kemampuan keuangan

KTA

Cicilan sesuai kemampuan keuangan

Anda juga dapat memilih besaran cicilan atau angsuran yang sesuai dengan kemampuan keuangan. Lakukan dulu simulasi awal dan melihat kemampuan bayar Anda, sebelum akhirnya memilih besaran angsuran ideal untuk Anda. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk menghindari gagal bayar dan berbagai masalah keuangan lain di kemudian hari. 

5. Cepat dan praktis

KTA

Cepat dan praktis

Biaya pendidikan bisa saja sudah Anda rencanakan, namun tidak menutup kemungkinan jika sewaktu-waktu Anda harus membayar biaya sekolah secara mendadak. Ketika Anda tidak memiliki dana cukup, maka KTA bisa jadi solusinya. Anda hanya perlu melengkapi syarat yang dibutuhkan dan melakukan pengajuan. Dalam waktu cepat, kredit akan cair dan dapat digunakan untuk biaya sekolah anak.

6. Satu risiko sekaligus

KTA

Satu risiko sekaligus

Selama masa pendidikan anak, bukan hanya biaya SPP atau biaya semesteran saja yang dibutuhkan, tapi biaya lain, seperti buku, seragam, dan sebagainya. Hindari untuk mengajukan berbagai pinjaman, sebab mengajukan satu KTA saja akan jauh lebih baik. Anda bisa mengajukan KTA dengan limit yang tepat, sehingga persiapan untuk berbagai biaya ini bisa terpenuhi.

Anda hanya perlu fokus pada satu risiko sekaligus, tanpa perlu pusing memikirkan tagihan lainnya. Hal ini tentu akan membuat Anda merasa nyaman, daripada Anda memiliki banyak jenis utang yang berbeda dengan bunga dan ketentuan lain yang memberatkan. 

Bayar Cicilan Tepat Waktu

Di balik kemudahan tersebut, Anda perlu tahu bahwa produk KTA biasanya menawarkan suku bunga cukup tinggi. Selain itu, ada biaya-biaya lain, salah satunya biaya keterlambatan yang dibebankan kepada nasabah jika telat membayar cicilan bulanan KTA. Oleh sebab itu, untuk menghindarinya, bayar tagihan tepat waktu.

Baca Juga: Cara Memilih KTA yang Bagus, Pilih KTA Online

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA