Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Thursday, 18 Safar 1441 / 17 October 2019

Open Trip Bareng Artis Biar Makin Eksis, Tertarik? Cek dulu Tipsnya

Senin 08 Jul 2019 17:23 WIB

Rep: cermati/ Red:

Open Trip Bareng Artis Biar Makin Eksis, Tertarik? Cek dulu Tipsnya

Open Trip Bareng Artis Biar Makin Eksis, Tertarik? Cek dulu Tipsnya

Dimanapun tujuan liburannya Anda harus menyiapkan segala keperluannya dengan matang.

travel umroh
Contoh open trip bareng artis "Umrah bareng Baim Wong di ESQ Tours & Travel"

Belakangan ini banyak agen travel yang mengandalkan “open trip” ke berbagai tempat wisata atau untuk menarik minat para traveler. Dengan open trip ini para agen menawarkan paket perjalanan yang sudah mencangkup semuanya mulai dari berangkat hingga pulang lagi.

Tak hanya berhenti disitu saja, berjalannya waktu, semakin ketatnya persaingan antar agen travel, kini sudah banyak juga agen travel yang memberikan penawaran lebih menarik lagi, yaitu “open trip bareng artis” dan ini sedang menjadi tren di tengah masyarakat Indonesia.

Trik jitu yang mereka lakukan ini tentunya tak hanya menggaet traveler saja, secara tak langsung juga bisa mengajak para fans fanatiknya untuk liburan bersama dengan artis idolanya. Bukan hanya itu saja, bahkan sekarang ini juga banyak agen perjalanan umrah dan haji yang juga mengadakan perjalanan bersama para artis.

Sebagai contohnya saja, agen travel OTe (Open Trip & Explorer) berbadan hukum PT Bagus Trans Wisata yang sekarang ini sedang membuka penawaran open trip ke Australia bersama Lucinta Luna pada bulan Agustus 2019. Selain itu, ada pula biro umrah dan haji seperti PT Akram Rihlah Mubarak (Mizab) mengadakan umrah bersama Nina Zatulini pada bulan Oktober 2019, ESQ Tours Travel mengadakan umrah bersama Baim Wong pada Oktober 2019 dan masih banyak lainnya lagi.  

Mengenai tren ‘open trip bareng artis’ ini disambut baik masyarakat. Ibaratnya “kapan lagi liburan atau berangkat umrah atau haji bareng artis yang selama ini diidolakannya?”. Tapi jangan terburu-buru, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu diperhatikan, di antaranya:

 

Keuntungan Ikut ‘Open Trip Bareng Artis’

1. Lebih Murah dan Tidak Ribet

Menggunakan jasa open trip. Konsumen hanya tinggal membayar biaya yang sudah tertera pada brosur penawaran dan tunggu hari keberangkatan liburan.

Selain tidak ribet, dengan open trip ini biayanya juga bisa menjadi lebih murah ketimbang traveler mengurusi semuanya sendiri. Sebab, pada umumnya open trip sudah memiliki langganan khusus atau member di masing-masing pos liburan yang dibutuhkan seperti penginapan, restoran untuk jamuan makan dan lainnya sehingga pihak open trip sudah mendapatkan harga khusus.

2. Lebih Disiplin

Semua waktu liburan sudah diatur sedemikian rupa oleh pihak open trip sehingga semuanya dapat berjalan dengan disiplin. Mulai dari bangun tidur, persiapan, kunjungan ke tempat wisata 1 dan 2, waktu makan siang, kunjungan ke tempat wisata selanjutnya, kembali lagi ke penginapan hingga jam pulang kembali ke rumah.

3. Memperluas Jaringan

Para traveler yang mengikuti open trip tentunya bisa menambah jaringan pertemanan menjadi lebih luas, baik antar traveler atau antar traveler dengan artisnya. Situasi yang seperti ini tak jarang bila yang tadinya hanya menghabiskan liburan bersama berujung pada sebuah ikatan kerja. Ini menjadi sebuah keberuntungan bagi para traveler.

4. Bisa Kenal Lebih Jauh dengan Artis Idolanya

Jika biasanya hanya melihat artis idolanya dari layar kaca atau media sosial saja, dengan ikut trip bareng artis ini para fans bukan hanya bisa bertemu langsung saja, tapi juga menghabiskan waktu liburan bersama. Dengan begitu, para fansnya bisa berfoto bersama, makan bersama, bercengkrama, bertukar pikiran hingga mengenal lebih mendalam lagi bagaimana sosok artis yang selama ini diidolakannya. Hal ini akan menjadi pengalaman baru yang sangat berkesan bagi para traveler atau fansnya.

Baca Juga: 6 Tipe Traveling bagi Traveller Minim Budget, Kamu Termasuk Tipe yang Mana?

Tips Memilih “Open Trip Bareng Artis”

agen travel
Agen Travel

Masyarakat terutama kalangan milenial jangan hanya memikirkan keuntungan atau kesenangannya saja dengan ikut open trip bareng artis ini, tapi juga harus cerdas ketika memilih agen travelnya agar tidak terjerat dengan agen travel abal-abal yang sudah pasti merugikan. Mudahnya, ada tiga tips yang bisa membantu Anda dalam memilih agen travel:

1. Pilih Agen Travel Resmi

Jangan terburu-buru mendaftarkan diri mengikuti open trip, mengingat banyak agen travel abal yang sengaja menggunakan nama artis hanya untuk menggaet korban untuk meraup uangnya. Untuk itu berhati-hatilah ketika memilih jasa layanan open tripnya.

Agar lebih aman dan nyamannya, selain memastikan kontak perusahaan secara detail mulai dari alamat, nomor telepon dan media sosial, Anda juga perlu pastikan agen travel tersebut sudah resmi. Artinya agen sudah mengantongi legalitas peusahaan, badan hukum atau nomor izin usaha.

2. Cek Harga Paket dan Minta Bukti

Jangan hanya tergiur dengan harga paketan yang murah saja, bila pada perjalanannya ada pos liburan yang harus dipenuhi secara pribadi. Misalnya saja, makan harus mengeluarkan biaya sendiri. Ini hanya akan membuat pengeluaran menjadi lebih mahal. Agar hal itu tidak terjadi, pastikan sejak awal harga paket perjalanan yang sudah tertera tersebut konsumen akan mendapatkan apa saja.

Selain itu juga, jangan sungkan untuk meminta bukti bahwa dokumen perjalanan liburan diurus dengan baik dan benar. Bukti tersebut bisa berupa kwitansi pembayaran, foto saat mengurusi dokumen perjalanan dan sebagainya.

3. Wajib Baca Testimoni

Dengan melihat testimoni, setidaknya bisa menjadi gambaran seberapa bagus agen travel tersebut mengadakan open trip bareng artis. Testimoni ini biasanya bisa dilihat pada website atau media sosial yang digunakan.

Baca Juga: Cara Nabung ‘Asik’ untuk Merencanakan Liburan Mewah Versi Sendiri

Tips Menyiapkan Budget Traveling

budget travelling
Menyiapkan Budget Traveling

Agar keinginan untuk ikut open trip bareng artis idola bisa terwujud maka Anda harus menyiapkannya dengan matang, salah satu yang paling utama adalah budget traveling. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana dalam menyiapkannya, simak beberapa tips berikut ini:

1. Tentukan Destinasi Liburan

Agar Anda mengetahui seberapa besar budget traveling yang harus disiapkan, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan destinasi liburan yang akan dituju. Dari situlah, Anda bisa mulai mencari agen travel yang sedang mengadakan open trip ke tempat tujuan yang diinginkan.

Biasanya agen travel sudah mencantumkan harga yang wajib dibayarkan oleh calon wisatawan. Jadi, Anda bisa memperkirakan biaya yang harus disiapkan untuk bayar jasa open trip, belanja oleh-oleh dan sebagainya.

2. Siapkan Tabungan Khusus Traveling

Jika Anda termasuk orang yang hobi traveling, pastinya Anda sudah menyiapkan tabungan khusus traveling sejak awal memiliki penghasilan. Hal seperti ini patut dilakukan, apalagi tabungan traveling sengaja disiapkan secara terpisah atau dibuatkan rekening baru sehingga tidak tercampur dengan uang kebutuhan lainnya.

3. Tentukan Nominal Tabungan

Traveler pasti sudah membuat jadwal khusus liburan, satu tahun bisa sekali atau dua kali liburan. Agar biaya liburan terpenuhi, mau tidak mau Anda harus menentukan nominal tabungan setiap bulannya. Contohnya, menyisihkan 15% - 20% dari gaji bulanan untuk dialokasikan ke tabungan traveling. Namun, sebelum itu, pertimbangkan terlebih dahulu karena ada pos bulanan yang harus diprioritaskan.

4. Terapkan Hidup Hemat

Tak ada salahnya Anda menikmati hasil jeri payah dengan hangout di kafe, belanja baju, tas sepatu atau lainnya. Tapi ingatlah, ada pos tabungan traveling yang harus dipenuhi juga. Jika memang ada keinginan untuk belanja, manfaatkan saja promo potongan harga, diskon, buy 1 get 1.

Selain itu juga, alangkah baiknya bawa bekal ke kantor agar uang yang biasanya dikeluarkan untuk makan siang bisa untuk tambahan tabungan atau kebutuhan lainnya. Dengan begitu Anda bisa lebih menghemat pengeluaran.

Persiapkan Keperluan Liburan dengan Matang Sejak Awal

Liburan sendiri atau bersama keluarga atau bareng artis dengan menggunakan jasa open trip yang tujuannya masih seputar destinasi wisata Indonesia mungkin tidak terlalu ribet karena tidak membutuhkan dokumen dan biaya yang banyak. Lain halnya bila tujuan liburannya ke luar negeri, ini tentunya membutuhkan waktu dan tenaga pula untuk menyiapkan segala keperluannya.

Namun tetap saja, dimanapun tujuan liburannya Anda harus menyiapkan segala keperluannya dengan matang sejak awal agar terhindari dari dokumen atau tahap atau hal lain yang terlupakan.

Baca Juga: Traveler, ini 7 Tren Liburan 2019 dan Tips Cerdas Persiapkan Liburan!

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA