Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Jamur Jadi Senjata Rahasia Turunkan Berat Badan

Kamis 04 Jul 2019 08:13 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari

Jamur.

Jamur.

Foto: Torange
Kandungan serat tinggi di jamur bantu timbulkan rasa kenyang lebih lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi makanan tertentu sering kali dikaitkan dengan manfaatnya bagi pediet yang sedang mencoba menurunkan berta badan. Tidak terkecuali mengonsumsi sayuran yang dianggap baik bagi yang memiliki tujuan menurunkan berat badan.

Tentu ada banyak jenis sayuran yang bisa dipilih. Namun kali ini para peneliti telah menemukan jenis sayuran yang dianggap terbaik untuk dimakan di pagi hari alias sarapan.

Jenis sayuran ini terbukti dapat membuat kenyang sepanjang hari, dilansir Times of India. Apa jenis sayuran itu?

Jika Anda adalah seseorang yang suka makan jamur, maka ini mungkin menjadi kabar baik. Penelitian menunjukkan bahwa sarapan jamur dapat membantu merasa lebih kenyang sepanjang hari. Rasa kenyang tentu sangat penting bagi orang yang tengah mencoba menurunkan berat badan.

Baru-baru ini, percobaan di University of Minnesota engungkap bahwa makan jamur secara teratur untuk sarapan dapat membuat lebih kenyang, untuk jangka waktu yang lebih lama. Orang-orang yang berpartisipasi dalam penelitian ini diminta untuk makan jamur atau sandwich daging sapi dalam sarapan selama 10 hari dan kemudian diminta untuk mengganti selama 10 hari berikutnya.

Ditemukan bahwa pemakan jamur merasa lebih kenyang bahkan setelah satu jam setelah sarapan. Ini terjadi karena jamur memiliki kandungan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan daging dengan kuantitas yang sama.

Studi sebelumnya menunjukkan bahwa mengonsumsi jamur juga dapat membantu memerangi demensia. Namun, penelitian ini tidak dilakukan untuk mengukur penurunan berat badan oleh orang-orang yang menjalani diet terkait.

Sedangkan jamur sudah terbukti dapat membuat kenyang lebih lama. Dengan alasan itulah, tidak ada salahnya bagi pediet memasukkan jamur ke dalam menu sarapan.

Terlepas dari itu, hal lain yang juga perlu diingat adalah pentingnya mencegah kebiasaan ngemil di antara waktu makan. Karena itu, penting untuk memilih makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama agar menghindari menyemil yang tidak perlu.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA