Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Ini 10 Aplikasi Berbayar Terpopuler di Indonesia

Senin 08 Jul 2019 12:24 WIB

Rep: cermati/ Red:

Aplikasi Berbayar Bisa Menguras Dompet! Yuk Cek 10 Aplikasi Berbayar Terpopuler di Indonesia

Aplikasi Berbayar Bisa Menguras Dompet! Yuk Cek 10 Aplikasi Berbayar Terpopuler di Indonesia

Aplikasi berbayar juga menarik minat banyak orang, apa saja yang terpopuler?

Zaman sekarang pasti akan sulit menemukan orang yang tidak memiliki smartphone. Dari mulai anak-anak, remaja, dewasa hingga manula. Memiliki sebuah smartphone sudah menjadi hal yang sangat penting bagi setiap individu, bahkan sudah banyak diantaranya yang punya 2-3 ponsel pintar.

Kini, kegunaan ponsel tak sekadar sebagai alat komunikasi dan mencari informasi saja tetapi juga menjadi bagian gaya hidup seperti medium untuk eksistensi, hingga alat hiburan pelepas stres. Ada beribu aplikasi yang bisa di download, dari yang gratis sampai berbayar.

Demi kepuasan personal tidak jarang orang rela mengeluarkan uang mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah, bahkan nilainya bisa mencapai jutaan rupiah bila ditotal pertahunan untuk membeli/berlangganan (subscribe) aplikasi premium.

 

Aplikasi Mobile yang Paling Banyak Merogoh Kocek

Tahukah kamu bahwa ada daftar aplikasi berbayar yang paling banyak diminati? Bersumber dari laporan appannie.com dalam riset terbarunya, menyebutkan sepanjang tahun 2018 terdapat 194 miliar aplikasi yang diunduh.

Berikutnya, dari sumber data yang sama, dalam laporan The state of Mobile In 2019: The most important Trends to know, mencatat konsumen di seluruh dunia menghabiskan uang sekitar US$101 miliar pada aplikasi mobile. Indonesia sendiri menduduki posisi ke4 sebagai negara yang paling banyak mengunduh aplikasi mobile berbasis online dari seluruh dunia di Google Play Store pada tahun 2018 baik itu untuk aplikasi gratis atau berbayar.

Nah, dari semua jenis aplikasi mobile online yang telah banyak di download, ada beberapa yang masuk kategori terpopuler berbayar di Indonesia. Jenis aplikasi mobile yang merogoh kocek dan paling banyak di unduh ini beragam mulai dari kategori social media, video message, streaming and broadcast, hingga penyimpanan data online.

Apa kamu penasaran, siapa saja aplikasi mobile online berbayar yang paling banyak digunakan di Indonesia versi appannie.com? Berikut daftar yang dihimpun oleh cermati.com:

1. Sing! By Smule

smule

Aplikasi online ini merupakan aplikasi khusus karaoke secara online sejak tahun 2012 dan berasal dari Amerika Serikat. Kelebihan dari aplikasi ini adalah kamu bisa berkesempatan berduet dengan user Smule lainnya. Tidak hanya kamu saja yang bisa menikmati video hasil karaoke kamu menggunakan aplikasi ini, para followers kamu juga bisa ikut menikmatinya.

Jadi apa yang berbayar dari Smule?

Yang berbayar dari smule adalah kelebihan-kelebihan khusus yang diberikan oleh user yang meng-upgrade status mereka dari free menjadi berbayar dan tentunya fasilitas ini tidak bisa didapatkan bagi yang hanya sebatas free user. Fasilitas tambahan tersebut adalah:

  • Duet
  • Open call
  • Menyanyikan lagu tanpa batas dan
  • Setting efek studio pada hasil rekaman

Dan tentu saja kelebihan-kelebihan ini bisa bertambah lebih banyak lagi diwaktu kedepannya.

Biaya berlangganan yang diterapkan oleh aplikasi Smule adalah Rp12 ribu perbulannya dan Rp95 ribu untuk sekaligus 12 bulan. Hayo, apa kamu juga membayar untuk berlangganan Smule untuk menuangkan hobi menyanyimu?

Baca Juga: Pakai VPN untuk Internet Banking Bikin Ngeri, Apa Saja Risikonya?

2. BIGO LIVE

Bigo Live

Bigo live adalah aplikasi streaming online yang sudah ada sejak 2014. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat video interaksi online kamu sendiri atau menonton video streaming online pengguna lain. Bigo sebelumnya digunakan untuk live streaming layaknya sebuah vlog pribadi tapi yang berbeda adalah dia live dan orang lain bisa berinteraksi dengan secara langsung melalui chat atau memberikan diamond yang bisa ditukarkan sebagai uang sebagai bentuk apresiasi atau ‘like’

Nah, diamond ini lah yang bisa berbayar. Karena mengetahui diamond-diamond yang diberikan dari viewer bisa ditukarkan dengan uang sungguhan, sekarang akun-akun besar yang memiliki follower hingga ribuan semakin kreatif membuat konten video streamingnya seperti bernyanyi, bermain musik hingga ngelawak agar mendapatkan diamond lebih banyak lagi dari penontonnya. Dan tentu saja, diamond yang dimaksud ini adalah benar-benar diamond yang dibeli dengan uang/berbayar.

Untuk harga diamond sendiri, ternyata penjualan diamond pada aplikasi BIGO ini bervariasi. Bahkan ada jasa top up diamond BIGO layaknya seperti mengisi kuota internet atau membeli paket data internet. Harganya bisa mencapai puluhan dan ratusan ribu, bahkan ada yang menjual hingga jutaan rupiah.

3. LINE

LINE

LINE adalah aplikasi komunikasi gratis berbasis online yang bisa digunakan tidak hanya di smartphone tapi juga di PC. Layaknya aplikasi chat lain, LINE menyediakan fasilitas bertukar informasi dengan tidak hanya dengan text tapi juga gambar, pesan suara dan video, kamu juga bisa menelpon via suara atau video. Bahkan ada video group call, dimana kamu bisa melakukan video call ke 5 orang sekaligus.

Aplikasi chat online ini berasal dari Jepang dan sudah berdiri sejak tahun 2011. Bisa dikatakan LINE merupakan salah satu aplikasi chat paling populer tidak hanya di Indonesia tapi hampir diseluruh Asia. Terutama Korea dan Jepang. Hal yang membuat LINE berhasil mendongkrak popularitasnya yang luar biasa di kalangan masyarakat pengguna smartphone adalah sticker karakter khusus yang hanya bisa didapatkan di LINE.

Semakin terkenal, bahkan LINE bekerja sama dengan berbagai artis terkenal lainnya untuk dibuatkan versi stiker mereka untuk bisa menambah lebih banyak lagi jumlah pengguna yang mungkin angkanya sudah mencapai ratusan juta. LINE juga mengeluarkan edisi spesial yang mengambil hal-hal unik dari masing-masing negara yang masyarakat menggunakan LINE baik itu budaya, adat atau yang sedang trend di negara tersebut.

Menyadari menjadi daya tarik utama bagi pengguna baru, LINE pun berhasil menjual banyak edisi stikernya dengan berbagai variasi harga, bisa tergantung dari kepopulerannya atau ekslusivitasnya. Varian harga dari stiker LINE masih di cakupan belasan sampai puluhan ribu.

4. Tinder

Tinder

Tinder adalah aplikasi chat online yang dikhususkan untuk mencari pasangan atau dating app. Tinder sudah ada sejak tahun 2012. Berasal dari Amerika, Tinder merupakan aplikasi dating nomor 1 di berbagai app store saat ini baik pada iOS atau Android.

Aplikasi Tinder menawarkan akun premium pada penggunanya. Melalui fitur Tinder Plus dan Tinder Gold. Harga yang dibanderol agar bisa menggunakan akun Tinder secara premium bisa mencapai puluhan ribu hingga ratusan ribu per bulan. Bagusnya, kalau berbayar kamu bisa bergonta-ganti lokasi sesuka hati dan membatasi informasi pribadi yang bisa dilihat orang lain.

Kelebihan lainnya dari akun premium Tinder berbayar ini ialah bila kamu tidak sengaja melakukan kesalahan ketika ‘swipe’ kamu bisa meng ’undo’ aksi tersebut. Sehingga risiko mendapatkan calon partner yang tidak sesuai kriteria semakin sedikit.

5. Netflix

netflix

Netflix merupakan layanan streaming berbayar yang paling populer saat ini setelah Youtube. Layanan tersebut memungkinkan siapa saja, menonton berbagai jenis film dan acara serial TV melalui berbagai perangkat seperti komputer, televisi, dan smartphone.

Hanya saja untuk mendaftar Netflix, kamu perlu memiliki kartu kredit. Karena itu merupakan satu-satunya metode pembayaran yang diterima oleh Netflix untuk saat ini. Tidak hanya itu, Netflix juga memberikan pilihan harga paket yang berbeda-beda sesuai dengan kelebihan-kelebihan yang dimiliki masing-masing paket. Berikut harga daftar paket Netflix dan fasilitas didalamnya:

  1. Basic (Rp 109.000)

Hanya 1 layar yang bisa ditonton di waktu yang sama.

  1. Standard (Rp 139.000)

Tersedia dalam tayangan HD, 2 layar bisa ditonton di waktu yang sama.

  1. Premium (Rp 169.000)

Tersedia dalam tayangan HD dan Ultra HD, 4 layar bisa ditonton di waktu yang sama,.

Semua fitur tambahan untuk tayangan tersebut dapat dapat dilihat di laptop, TV, ponsel, dan tablet, film dan program TV unlimited, bisa dibatalkan kapan saja, gratis pada bulan pertama.

Baca Juga: Moms, 7 Aplikasi Ini Bisa Jadi “Penyelamat” Saat Ditinggal Pembantu Mudik

6. StarMaker Karaoke

Starmaker Karaoke

Sudah ada dari tahun 2010, StarMaker adalah aplikasi karaoke online pertama yang pernah ada. Pada aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa berkaraoke dengan ribuan lagu baik lagu jadul hingga lagu hits terbaru. StarMaker juga bisa dipakai untuk mengedit video hasil rekaman bernyanyi kamu layaknya sebuah musik video dengan fitur-fitur yang sudah disediakan oleh StarMaker.

Nah, fitur berbayar yang ada pada aplikasi ini bernama VIP Starmaker. Dengan membayar paket langganan fitur ini kamu bisa mendapatkan beberapa kelebihan yang tidak ada di pengguna starmaker yang non-vip seperti:

  • Unlimited akses atau menggunakan lagu pada starmaker.
  • Mendapatkan 2 kali jumlah hadiah setiap hari. Bagi yang non vip hanya akan mendapatkan 1 kali saja ketika baru membuka aplikasi starmaker.
  • Hanya perlu membayar 70% untuk membuat pesan / membuat/ mendapat layar room parties dan pesan live video
  • Tidak ada iklan yang muncul.
  • Memiliki Lencana atau tanda vip yang ekslusif.
  • Memiliki nama pangung/ populer bertanda khusus. (merah)
  • Following di tingkatkan dari standar 1000 orang menjadi 5000 orang.

Biaya berlangganan vitur berbayar VIP Starmaker ini adalah Rp39 ribu untuk satu minggu, Rp59 ribu untuk sebulan, Rp179 ribu untuk per 3 bulan dan Rp300 ribu untuk setahun.

7. Google Drive

Google Drive

Di nomor 7, ternyata Google Drive berbayar banyak digandrungi orang Indonesia. Google Drive sendiri ialah tempat penyimpanan file dan layanan sinkronisasi yang dikembangkan oleh Google. Diluncurkan pada 24 April 2012, Google Drive memungkinkan pengguna untuk menyimpan file di server mereka, menyinkronkan file di seluruh perangkat, dan berbagi file.

Selain situs web, Google Drive menawarkan aplikasi dengan kemampuan offline dikomputer Windows dan macOS, serta ponsel cerdas dan tablet Android dan iOS. Google Drive mencakup Google Documents, Google Sheets, dan Google Slides, yang merupakan bagian dari rangkaian kantor yang memungkinkan pengeditan kolaboratif dokumen, spreadsheet, presentasi, gambar, formulir, dan banyak lagi. File yang dibuat dan diedit melalui office suite disimpan di Google Drive.

Bagian berbayar dari Google Drive adalah penambahan space/memori. Untuk harga perpaketnya Google Drive menyediakan daftar harga berikut: 

  • $1.99 untuk 100gb,
  • $2.99 untuk 200gb,
  • $9.99 untuk 2tb,
  • $99.99 untuk 10tb,
  • $199.99 untuk 20tb
  • $299.99 untuk 30tb.

8. Joox Music

JOOX

Aplikasi yang satu ini pasti favorit semua orang, khususnya penyuka musik. JOOX adalah layanan streaming musik dari Hong Kong, Cina yang dimiliki oleh Tencent dan diluncurkan pada Januari 2015. JOOX adalah aplikasi streaming musik terbesar di pasar Asia seperti Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Myanmar dan Thailand. JOOX adalah layanan freemium, menyediakan sebagian besar lagunya gratis, sementara beberapa lagu hanya tersedia untuk pengguna premium yang ditawarkan sebagai fitur langganan berbayar.

Agar bisa menikmati kelebihan-kelebihan yang berbayar ini seperti akses lagu tidak terbatas, bisa diputar secara offline dan fitur lirik lagu dengan berlangganan paket Rp25 ribu untuk seminggu dan Rp49 ribu untuk sekaligus sebulan. Ada juga fitur extra berbayar lainnya yaitu peningkatan kualitas suara (DTs) yang bisa dinikmati dengan tambahan biaya Rp15ribu perbulannya.

9. VIU

VIU

Yang hobi banget menonton drama korea, pasti sudah sangat mengenal aplikasi streaming online yang satu ini. Aplikasi streaming yang sudah ada sejak tahun 2015 ini ternyata berasal dari Hong Kong, Cina. Walaupun terkenal dengan fitur streaming online drama Koreanya, ternyata koleksi drama dan film VIU sebenarnya sangat banyak dan terutama koleksi film dan drama dari negara-negara di Asia, seperti Jepang, Thailand, Cina dan Indonesia.

Tidak hanya film dan drama, VIU juga menayangkan acara-acara TV bergenre Variety Show, Reality Show, hingga Game Show yang cukup populer. Aplikasi yang menyediakan layanan streaming online dengan koleksi subtittle yang cukup lengkap yaitu Inggris, Indonesia, Jepang, Cina, Korea, Thailand, Philipina, india, Malaysia, dll.

Berikut harga paket berlangganan dari VIU:

  • 1 bulan Rp 30.000
  • 3 bulan Rp 75.000
  • 6 bulan Rp 100.000
  • 1 tahun Rp 200.000

Kelebihan yang bisa dinikmati dari berlangganan berbayar VIU adalah, akses unlimited pada seluruh video yang ada di VIU, menonton tanpa iklan, dan download video gratis agar bisa ditonton secara online.

10. Webcomics (NeoBazar)

Webcomics
Webcomics via apkgk.com

Apa kamu penggemar komik? Aplikasi WebComics adalah salah satu platform membaca komik paling populer saat ini di Asia Tenggara! Sejak diresmikan pada tahun 2016 sampai saat ini Webcomic telah menyediakan kumpulan komik dengan berbagai genre yang resmi, eksklusif dan tersedia dengan terjemahan ke beberapa bahasa, termasuk Indonesia dan Inggris. Setiap hari aplikasi ini akan memberikan update komik menarik terbaru untuk dinikmati setiap hari baik komik baru atau chapter terbaru.

Sekarang turut menjadi salah satu aplikasi membaca komik online paling populer di Indonesia, karena tidak hanya komik, aplikasi ini juga memasukan novel paling hits yang juga bisa dibaca dan sudah di terjemahkan baik kedalam bahasa Inggris atau Indonesia. WebComics juga memiliki fitur-fitur menarik yang bisa dinikmati khusus para pengguna yang melakukan berlangganan berbayar.

Fitur berbayar dari WebComics adalah ‘tiket’ dimana kamu harus membelinya dengan ‘cash’ nama saldo dari aplikasi ini. Kelebihan dari fitur berbayar ini adalah kamu bisa membaca updatetan chapter komik favorit kamu lebih cepat dari sehari dari tanggal publish sebenarnya dan akses tidak terbatas untuk komik-komik yang bertanda eksklulsif.

Kendalikan Pengeluaran di Kamu Biar Tidak Kebablasan

Jika dirangkum secara keseluruhan, pengeluaran untuk aplikasi berbayar favorit rata-rata berbau hiburan dan komunikasi. Well, tidak ada masalah memiliki budget khusus untuk biaya hiburan diri sendiri. Tapi tetap ingat, kendali pengeluaran ada di tanganmu agar tidak kebablasan. Namanya juga sudah masuk pengeluaran artinya harus diatur demi kelancaran finansial pribadi kamu dan terhindar dari ‘kalap’ dalam menggunakan uang kamu untuk hal-hal yang sebenarnya tidak bersifat primer dan tidak terlalu penting. Setuju kan? 

Baca Juga:  20 Situs Lowongan Kerja Terbaik dan Terpercaya di Indonesia

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA