Rabu, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 Desember 2019

Rabu, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 Desember 2019

Lima Makanan Penyejuk Saat Terik

Rabu 03 Jul 2019 06:18 WIB

Rep: Erik Iskandarsjah/ Red: Indira Rezkisari

Air kelapa.

Air kelapa.

Foto: Wikimedia
Beberapa makanan memiliki kandungan yang sanggup mendinginkan ketika terik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat cuaca sedang terik, metebolisme dalam tubuh pun akan terdampak. Oleh karena itu, diperlukan asupan makanan yang dapat menunjang metabolisme yang optimal.

Dilansir dari Indian Express, menurut Aryuveda, terdapat beberapa makanan yang sangat direkomendasikan dan telah termaktub dalam ilmu kesehatan tradisional India. Layaknya di pantai, kelapa ternyata juga diklaim oleh Aryuveda sebagai makanan atau minuman yang sangat pas dikonsumsi dalam cuaca terik.

Pasalnya, kelapa terbukti memiliki efek yang menyejukan bagi tubuh. Selain itu, kelapa juga memiliki rasa manis baik saat pra-pencernaan (pre-digestive taste) dan pascapencernaan (post-digestive taste).

Air kelapa baik untuk semua orang karena mengandung lemak sehat, kalium dan elektrolit lain yang diperlukan. Pada musim panas, ketika tubuh banyak berkeringat maka tubuh akan kehilangan elektrolit. Air kelapa memiliki kemampuan untuk mengembalikan elektrolit yang hilang ini dan mencegah dehidrasi.

Selain kelapa, Aryuveda juga merekomendasikan buah semangka. Buah berwarna mencolok ini juga dinilai memiliki efek pendingin bagi tubuh. Apalagi, buah ini juga mengandung banyak anti oksidan dan kandungannya didominasi oleh air.

Selain itu, semangka juga mengandung elektrolit dan mampu membantu mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh. Secara keseluruhan, buah ini dinilai mampu menjaga kesehatan hati dan ginjal.

Selanjutnya, mentimun. Dalam Aryuveda, mentimun juga disebut 'Susheetala' yang berarti 'sejuk alami'. Mentimun juga diresepkan untuk pasien yang mengeluh masalah buang air kecil dan haus yang berlebihan.

Selain itu, lemon juga salah satu makanan yang sangat direkomendasikan. Pasalnya, lemon adalah diaforetik alami dan membantu kulit menghilangkan keringat dengan mudah, sehingga mendinginkan tubuh lebih cepat.

Dalam Ayurveda, lemon dianggap mampu membantu pencernaan, mengurangi dan menyegarkan rongga mulut. Lemon juga mampu menurunkan pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah dan mengurangi risiko serangan jantung.

Selanjutnya, mint juga dinilai pas dikonsumsi saat cuaca panas. Mint pun digunakan dalam formulasi Ayurvedic untuk meredakan masalah pernapasan, mual, sakit kepala dan sangat membantu dalam mengobati masalah pencernaan.

Mint banyak digunakan untuk membuat minuman musim panas karena sifat pendinginan alami. Minuman ini dinilai mampu menyeimbangkan metabolisme dan juga baik untuk kesehatan mulut.



Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA