Sabtu, 23 Zulhijjah 1440 / 24 Agustus 2019

Sabtu, 23 Zulhijjah 1440 / 24 Agustus 2019

6 Makanan Penjaga Organ Hati Tetap Sehat

Senin 01 Jul 2019 06:33 WIB

Rep: Noer Qomariah K/ Red: Indira Rezkisari

Buah apel

Buah apel

Foto: pixabay
Menjaga kesehatan organ hati dapat menambah tahun dalam hidup.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Hati adalah organ terbesar dalam tubuh manusia yang berukuran sekitar tiga pon dan ditutupi oleh tulang rusuk. Hati membutuhkan dukungan dari kantor empedu, pankreas, dan usus untuk menjaga sistem pencernaan berfungsi dengan baik.

Baca Juga

Tugas utama hati adalah menyaring darah yang berasal dari saluran pencernaan sebelum meneruskannya ke seluruh tubuh. Lebih lanjut hati membuat protein yang membantu dalam pembekuan darah dan juga menyimpan gula dalam tubuh yang memberi seseorang energi cepat.

Karena hati melakukan begitu banyak fungsi, penting untuk memastikannya sehat setiap saat.

“Menjaga kesehatan hati dapat menambah tahun dalam hidup, memperlambat proses penuaan, dan menjaga tubuh bebas dari penyakit,” kata pendiri dan pembimbing klini Just Diet, Jasleen Kaur, seperti yang dilansir dari Indian Express.

Tubuh perlu asupan makanan sehat untuk menjaga hati tetap berfungsi dengan baik. Untuk itu, ada beberapa asupan makanan yang bisa dikonsumsi oleh seseorang.

Buah sitrus. Buah sitrus seperti anggur, jeruk, dan lemon dipenuhi dengan vitamin C dan antioksidan.

Buah-buahan itu juga memiliki kemampuan alami untuk membersihkan hati. Anggur, jeruk, dan lemon meningkatkan enzim yang membantu menghilangkan karsinogen dan racun lain dari tubuh.

Apel. Studi mengatakan minum jus apel membersihkan hati karena mengandung asam malat. Kandungan itu dikatakan melembutkan batu empedu dan memungkinkan untuk dikeluarkan dari hati.

Minyak Zaitun. Minyak zaitun sangat sehat karena kaya akan asam lemak Omega 3 dan 6, vitamin E,K, dan lemak tak jenuh tunggal. Kombinasi lemon dan minyak zaitun dapat membersihkan tubuh dan membatu hati terbentuk dengan baik tanpa menggunakan diet detoks.

Sayuran berdaun hijau.  Sayuran berdaun hijau dapat dikonsumsi mentah, dimasak, atau bahkan dalam bentuk jus. Sayuran berdaun hijau penuh dengan krolofil dan menawarkan mekanisme perlindungan yang kuat untuk hati.

Kunyit. Ini adalah bumbu terbaik untuk menjaga kesehatan hati. Kunyit meningkatkan detoksifikasi hati dengan membantu enzim yang mengeluarkan racun dari hati. Kunyit juga membantu menjaga kesehatan kantong empedu.

Kacang-kacangan.  Kacang-kacangan, terutama yang memiliki cangkang keras dan tumbuh di pohon, adalah terman terbaik untuk organ hati. Kacang-kacangan merupakan sumber kaya asam lemak omega 3 dan mendukung pembersihan hati. Namun, penting untuk mengunyah kacang sampai halus di mulut sebelum ditelan.

Brokoli.  Sayuran ini kaya akan serat makanan, asam pantotenat, vitamin A, B1, B6, dan E, mangan, fosfor, kolin, kalium, tembaga, magnesium, asam lemak omega 3, protein, seng, kalsium, besi, niasin, dan selenium. Studi telah menemukan brokoli membantu melindungi hati dari pertumbuhan kanker.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA