Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019

Friday, 22 Zulhijjah 1440 / 23 August 2019

Ini Dia 6 Tips Liburan Buat Kamu yang Sibuk Bekerja

Rabu 03 Jul 2019 17:35 WIB

Rep: cermati/ Red:

Ini Dia 6 Tips Liburan Buat Kamu yang Sibuk Bekerja

Ini Dia 6 Tips Liburan Buat Kamu yang Sibuk Bekerja

Meski jam kerja begitu padat, tetap luangkan waktu untuk merencanakan refreshing.

Menyeimbangkan kehidupan kantor dan kehidupan pribadi sangatlah perlu agar otak bisa refresh dan semangat untuk bekerja. Namun, kerjaan kantor yang tidak ada habisnya ditambah jatah libur yang sedikit sering kali menjadi penghambat untuk refreshing

Lantas, adakah harapan untuk refreshing ditengah-tengah kesibukan kerja? Tentu saja ada. Coba lakukan tips-tips berikut agar keinginan untuk refreshing segera terwujud. 

 

1. Selesaikan Tugas sebelum Deadline

menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline

Pergi refreshing dikala tugas kantor menumpuk adalah kesalahan besar. Hal ini hanya akan merusak suasana an membuat Anda tidak tenang karena bayang-bayang tugas kantor pasti terngiang di kepala. Jadi, lebih baik selesaikan dulu semua tugas kantor secara maksimal sebelum akhirnya pergi refreshing ke tempa-tempat yang indah. 

Prioritaskan tugas yang sudah mendekati deadline, sehingga waktu pengumpulannya tidak terlambat. Setelah selesai, Anda bisa mengerjakan tugas-tugas lain. Jika semuanya sudah tuntas, segera ajukan jadwal cuti ke kantor agar Anda bisa menenangkan diri dari dunia kerja.

Baca Juga: 8 Cara Memanfaatkan Hari Minggu dengan Produktif

2. Maksimalkan Pekerjaanmu di Kantor

maksimalkan pekerjaan di kantor

Bagi yang sudah muak dengan segala rutinitas di kantor, ini saatnya untuk lebih serius bekerja agar semua pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu atau bahkan lebih cepat dari waktu yang diperkirakan. Hindari kebiasaan membuang-buang waktu untuk bercanda apalagi bergosip dengan rekan kerja di kantor.

Ketika atasan memberikan pekerjaan baru, maka segera selesaikan. Jika ada bagian yang kurang dimengerti, segera tanyakan agar pengerjaan tugas tidak tertunda. Bila perlu, libatkan tim agar tugas bisa diselesaikan dengan mudah dan cepat.

3. Lawan Rasa Malas

fokus

Siapa yang tidak suka bersantai, mengobrol, dan mendengarkan musik saat bekerja? Semua orang menyukainya. Tapi ketika Anda terlalu menuruti kemauan diri sendiri, maka semua pekerjaan akan terbengkalai. Jadwal kerja yang sudah disusun rapi pada hari sebelumnya pun tidak dapat terlaksana dengan baik.

Satu-satunya solusi yang bisa Anda lakukan adalah melawan rasa malas. Prakteknya memang sangat susah. Tapi kalau sudah bertekad, rasa malas pasti bisa diatasi. Apalagi rasa malas ini berasal dari diri sendiri, bukan dari orang lain. Jadi, diri sendiri lah yang harus menaklukkannya. 

4. Buat Rencana secara Terperinci

membuat rencana kerja

Meski jam kerja begitu padat, tetap luangkan waktu untuk merencanakan refreshing. Tidak hanya destinasi, tapi juga transportasi, akomodasi, dan lamanya waktu yang Anda perlukan untuk refreshing. Perencanaan yang matang membuat suasana refreshing semakin berkesan karena semuanya sudah terorganisir dengan baik.

Buatkan daftar kegiatan yang ingin dilakukan agar setiap waktu yang Anda miliki dihabiskan untuk hal-hal yang berfaedah. Apalagi refreshing bukan hal yang bisa dilakukan setiap saat mengingat tingkat kesibukan Anda yang sangat padat.

Baca Juga: Menabung untuk Liburan ke Luar Negeri, Ini Strategi yang Harus Dilakukan

5. Ajak Teman atau Kerabat Kantor

mengajak teman berlibur

Untuk menambah keseruan, ajaklah rekan kerja, keluarga, atau sahabat untuk refreshing bersama-sama. Jangan takut ditolak, mereka yang nasibnya sama denganmu pasti mau ikutan agar pikirannya bisa fresh seperti sedia kala. Sesuaikan jadwal kerjamu dan partner sesegera mungkin agar rencana untuk bersenang-senang tidak hanya sekedar wacana. 

Satu hal yang tak kalah penting, ajak orang yang mandiri dan tidak menyusahkan orang lain ya. Sebab, Anda sendiri tidak mau direpotkan bukan selama refreshing nanti? 

6. Berhenti Menggunakan Gadget

penggunaan gadget

Mengingat momennya untuk menenangkan pikiran, jadi apapun yang sifatnya mengganggu lebih baik disingkirkan untuk sementara waktu. Misalnya, gadget. Jika tidak disingkirkan, maka pikiran tidak bisa tenang secara total. Anda akan teringat dengan pekerjaan kantor, klien, distribusi produk yang tidak maksimal, dan lain sebagainya.

Anda tidak harus menonaktifkan gadget selama refreshing. Anda hanya perlu menonaktifkan pemberitahuan dan nada deringnya saja untuk meminimalisir gangguan.

Pilih Destinasi yang Dekat dan Mudah Dijangkau

Meski jatah cuti kantor sudah habis untuk kegiatan tertentu, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati serunya refreshing bersama orang-orang tercinta. Anda bisa memanfaatkan weekend (Sabtu dan Minggu) untuk pergi jalan-jalan.

Mengingat waktumu amat singkat, sebaiknya pilih destinasi yang dekat dan mudah dijangkau dari daerah tempat tinggalmu. Semoga dengan refreshing, pikiran bisa tenang, semangat kerja pun kembali membara dalam dirimu.

Baca Juga: Intip Fakta dan Jeroan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang Ciamik Bangetv

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA