Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Wednesday, 14 Rabiul Akhir 1441 / 11 December 2019

Tujuh Ciri Orang yang Sangat Cerdas Menurut Ahli

Senin 01 Jul 2019 15:06 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Kecerdasan tak melulu soal IQ. (Ilustrasi)

Kecerdasan tak melulu soal IQ. (Ilustrasi)

Foto: heartofthematteronline.com
Ahli berpendapat IQ bukan satu-satunya petunjuk kecerdasan seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda tidak perlu memiliki IQ tinggi untuk menjadi orang sangat cerdas. Menurut ahli, ada banyak indikator cerdas yang tidak diketahui secara umum. Alhasil banyak orang yang tidak menyadari betapa cerdasnya mereka.

Dr Catherine Jackson, psikolog klinis resmi dan dewan ahli neuroterapi bersertifikat menjelaskan, orang yang sangat cerdas adalah orang yang fleksibel dalam pemikiran, dapat beradaptasi dengan perubahan, berpikir sebelum berbicara atau bertindak, dan mampu secara efektif mengelola emosi. Singkatnya, mereka memiliki beberapa jenis kecerdasan yang berbeda di luar kecerdasan intelektual, sosial, dan emosional.

Para peneliti telah melihat banyak sifat yang berbeda yang dimiliki oleh orang yang sangat cerdas. Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology, misalnya, menemukan bahwa orang yang sangat cerdas sebenarnya lebih suka menyendiri.

Menurut psikologi evolusi, orang berevolusi menjadi cerdas untuk menyelesaikan masalah. Jadi mereka yang lebih bahagia menyendiri dinilai sangat cerdas karena mereka memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah sendiri tanpa perlu bantuan.

Berikut ciri-ciri orang cerdas menurut para ahli, dilansir Bustle, Senin (1/7).

1. Selalu berempati dan pengasih

Psikoterapis berlisensi Christine Scott-Hudson menjelaskan ada korelasi antara kecerdasan emosional yang tinggi dan IQ yang tinggi dalam penilaian psikologis. "Kita tahu bahwa semakin tinggi skor seseorang dalam sifat empati, semakin tinggi pula skor seseorang dalam sifat pemahaman verbal yang efektif,” kata Scott-Hudson.

Dengan kata lain, empati yang merupakan bagian dari kecerdasan emosional dan pemahaman akan apa yang orang rasakan merupakan bagian dari kecerdasan kognitif terkait langsung. Jadi jika seseorang bisa mengatur emosi, ada kemungkinan juga ia cerdas.

2. Selalu ingin tahu

Sangat mudah untuk mengasumsikan bahwa orang yang sangat cerdas suka membaca. Tetapi, menjadi pintar bukanlah tentang memiliki kemampuan untuk membaca sejumlah buku sehari. Menurut Scott-Hudson, orang yang cerdas pasti memiliki rasa ingin tahu tentang apa pun.

"Orang-orang cerdas menggunakan hasrat mereka dan mengajukan pertanyaan seperti siapa, apa, kapan, di mana, bagaimana, mengapa, dan bagaimana jika," kata Scott-Hudson.

Mereka banyak bertanya karena suka belajar tentang orang lain, budaya, hewan, sejarah, dan dunia pada umumnya.

3. Jeli

Menurut Jackson, banyak orang yang selalu ingin berbicara untuk membuktikan siapa mereka, padahal orang yang sangat cerdas adalah kebalikannya. Alih-alih membual tentang prestasi mereka atau memberi tahu orang lain betapa benar pendapat mereka, orang cerdas biasanya pendiam dan jeli.

4. Memiliki kontrol diri

Memiliki kontrol diri berarti Anda memiliki kedewasaan, sehingga tahu bagaimana mengendalikan emosi. Menurut Jackson, memiliki kendali diri adalah tanda kecerdasan karena itu berarti Anda lebih cenderung berpikir sebelum berbicara atau bertindak.

5. Memiliki memori kerja yang baik

Memori kerja yang baik dan kecerdasan umum sangat berkorelasi, menurut Jackson. Ketika memiliki memori kerja yang baik, ini berarti Anda memiliki keterampilan fungsi eksekutif, memori jangka pendek yang baik, kemampuan untuk fokus dan memerhatikan. Ini juga berarti Anda memiliki fleksibilitas kognitif dan dapat dengan mudah beralih dari satu hal ke hal lain.

6. Mengenali batas Anda

Orang yang sangat cerdas tidak berusaha bertindak seolah-olah mereka tahu segalanya. Faktanya, tanda kecerdasan mengakui kenyataan bahwa Anda tidak tahu segalanya.

"Jika mereka tidak dapat melakukan sesuatu, mereka tidak mencoba dan bertindak seolah-olah mereka bisa. Sebaliknya, mereka tahu batas kemampuan mereka dan bisa mengakuinya. Ini memungkinkan mereka bersikap terbuka untuk belajar lebih banyak dari orang lain dan/atau situasi,” jelas Jackson.

7. Fleksibel

Jika Anda tahu bagaimana menjadi fleksibel dan mengikuti arus, ada kemungkinan Anda sangat cerdas. Daripada bersikap kaku, orang cerdas tetap fleksibel secara mental, berpikiran terbuka, dan dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan kehidupan, tidak peduli apa pun yang terjadi.

“Ini pada dasarnya menunjukkan bahwa Anda dapat memecahkan masalah dan menemukan solusi dengan cepat,” kata Jackson.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA