Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Susu Sapi vs Susu Kerbau, Mana Lebih Sehat? (1)

Jumat 28 Jun 2019 08:13 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Indira Rezkisari

Wanita sedang memilih susu sapi di rak supermarket.

Wanita sedang memilih susu sapi di rak supermarket.

Foto: EPA
Susu kerbau memiliki kalori lebin tinggi dari susu sapi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dianggap sebagai makanan lengkap, susu terdiri dari berbagai nutrisi dan mineral penting untuk tubuh Anda. Kaya akan kalsium, protein, karbohidrat, vitamin, mineral, dan susu lemak bermanfaat bagi tubuh Anda. Mulai dari membantu menjaga berat badan hingga meningkatkan kesehatan tulang, susu sebenarnya bisa disebut serba bisa.

Susu tersedia dalam berbagai bentuk seperti susu beras, susu mete, susu sapi, susu rami, susu kerbau dan lainnya. Dan jenis yang paling umum dikonsumsi adalah susu sapi dan susu kerbau.
Tetapi apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang persamaan dan perbedaan dari kedua jenis ini. Dampaknya terhadap kesehatan Anda?

Kedua jenis susu memiliki sisi positif dan negatifnya, sementara susu sapi lebih ringan dan lebih mudah dicerna, susu kerbau dianggap berat. Walaupun berbeda satu sama lain dalam hal komposisi dan kekayaan, kerbau dan susu sapi memiliki sifat yang dapat disesuaikan dengan nilai gizi dan manfaat kesehatannya.

Jadi, mari kita mengenal beragam efek yang dimiliki keduanya pada tubuh kita dan memahami apakah yang satu lebih baik daripada yang lain. Ditilik dari nilai gizi, 100 gram susu sapi memiliki 42 kalori, sedangkan susu kerbau memiliki 97 kalori.

Berikut manfaat kesehatan dari susu sapi, seperti dilansir dari Boldsky, Jumat (28/6).

1. Meningkatkan kesehatan tulang
Susu sapi kaya akan kalsium, fosfor, dan mineral lain yang vital untuk kesehatan tulang Anda. Ini membantu meningkatkan kepadatan tulang Anda menjaga kesehatan tulang Anda. Demikian juga, kandungan kalsium dalam susu juga bermanfaat untuk memperbaiki gigi Anda.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Asam lemak omega-3 dalam susu sapi sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda. Ini membantu mengatur kadar kolesterol darah Anda dan menjaga jantung Anda sehat untuk waktu yang lama. Ini juga membantu mencegah timbulnya kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung atau strok.

3. Membantu penurunan berat badan
Dengan membatasi asupan kalori Anda di siang hari karena kandungan protein yang kaya di dalamnya, susu sapi bermanfaat jika Anda ingin mengurangi berat badan. Ini juga membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.

4. Mencegah diabetes
Konsumsi susu sapi secara teratur membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Tingginya kadar vitamin B dan mineral esensial meningkatkan metabolisme Anda, sehingga mengatur kadar glukosa dan insulin.

5. Membantu pertumbuhan
Susu sapi mengandung protein lengkap yang membantu dalam produksi energi serta pertumbuhan dan perkembangan alami. Menurut berbagai penelitian, kesehatan fisik dan mental seseorang dapat ditingkatkan dengan minuman bergizi tinggi ini.

Beberapa manfaat lain dari minum susu sapi adalah peningkatan kekebalan, sifat anti-inflamasi dan pembentukan otot. Efek Samping Susu Sapi Konsumsi berlebih dapat menyebabkan tulang Anda kehilangan kandungan kalsiumnya.

Peningkatan risiko terkena kanker prostat dan ovarium. Laktosa di dalamnya dapat menyebabkan mual, kram, gas, kembung, dan diare. Peningkatan prevalensi jerawat. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan penambahan berat badan.




Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA