Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wisatawan Serbu Satai Gratis di Festival Pesona Gandoriah

Ahad 30 Jun 2019 06:26 WIB

Red: Indira Rezkisari

Satai Padang

Satai Padang

Foto: Republika/Prayogi
Satai disajikan bersama kelapa muda di meja untuk disantap wisawatan.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN -- Wisatawan di Kota Pariaman, Sumatera Barat menyerbu satai gratis dari peserta lomba memasak satai khas daerah itu pada Festival Pesona Gandoriah 2019. Sebanyak 18 peserta mengikuti lomba masak satai yang sebagian besar merupakan pedagang asal Kota Pariaman.

"Pada festival tahun ini kami melaksanakan lomba masak satai yang mana wisatawan dapat mencicipinya secara cuma-cuma," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Alfian saat Festival Pesona Gandoriah,di Pariaman Sabtu (29/6).

Peserta yang mengikuti lomba masak satai tersebut diberikan uang ganti rugi oleh Pemerintah Kota Pariaman sehingga wisatawan dapat menikmatinya secara gratis. Ia merinci uang ganti rugi yang diberikan tersebut yaitu uang transportasi Rp 200 ribu sedangkan uang pembelian untuk disajikan senilai Rp 400 ribu per pedagang.

Pihaknya mengatakan setelah dana uang pembelian Rp 400 ribu terpenuhi maka pedagang dapat kembali berjualan seperti biasa.

Selain lomba masak satai, lanjutnya pada festival tersebut pihaknya juga melaksanakan sejumlah lomba. Yaitu di antaranya lomba beruk memetik kelapa, selaju sampan, lomba foto, dan lomba lagu Minang.

Satai yang disajikan dari pedagang pada lomba tersebut diletakkan di meja yang telah disediakan dengan ditemani kelapa muda sehingga menambah daya tarik wisatawan untuk mencicipinya. Sementara itu salah seorang wisatawan yang mencicipi satai pada festival tersebut Ade (30) mengatakan satai dapat menjadi wisata kuliner yang dapat menarik wisatawan.

"Melalui kegiatan ini saya bisa mengetahui yang mana satai yang enak, jadi nanti mencari lokasi menjualnya saja," katanya.

Sebelumnya Festival Pesona Gandoriah 2019 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pariaman untuk mempromosikan pariwisata di daerah itu resmi dibuka dan akan diselenggarakan hingga 3 Juli.

"Festival ini menampilkan sejumlah kebudayaan dan permainan anak nagari di Pariaman," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat membuka Festival Pesona Gandoriah 2019. Bahkan, lanjutnya pada festival tersebut pihaknya juga menghadirkan kuliner khas Pariaman yang berpotensi mendukung pariwisata di daerah itu.



Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA