Minggu, 17 Zulhijjah 1440 / 18 Agustus 2019

Minggu, 17 Zulhijjah 1440 / 18 Agustus 2019

Trik Tidur Nyaman Meski Hawa Panas (1)

Kamis 27 Jun 2019 14:10 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Indira Rezkisari

Tidur cukup merupakan kunci kesehatan mental dan fisik.

Tidur cukup merupakan kunci kesehatan mental dan fisik.

Foto: Pixabay/Wokandpix
Hawa panas umumnya membuat mata sulit terpejam dan tidur lelap.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur berkualitas penting untuk kesehatan. Untuk mendapatkannya, tentunya diperlukan kenyamanan, baik menjelang maupun saat dalam keadaan tidur.

Baca Juga

Dilansir laman Independent, sebenarnya ada trik tertentu bagaimana agar tidur bisa nyaman dalam beberapa kondisi suhu, udara dan cuaca. Negara Inggris dan Eropa akan menghadapi cuaca panas mencapai suhu 35 derajat selsius menjelang akhir pekan depan.

Menurut Dr Nerina Ramlakhan, pakar tidur di Silentnight, suhu kamar optimal untuk tidur adalah antara 16 derajat Celcius dan 21 derajat Celcius, dan otak harus sedikit lebih dingin daripada tubuh. Tidur malam yang baik penting untuk memproses informasi sepanjang hari.

"Selain itu untuk memperbaiki dan menyeimbangkan kembali tubuh secara fisik dan mental," kata Ramlakhan.

Idealnya, agar bisa tidur nyenyak, perlu ada perbedaan suhu fraksional antara tubuh dan otak. Berikut 20 tips dan trik untuk membantu tidur nyaman saat cuaca panas menyengat.

1. Masukkan selimut ke dalam freezer

Masukkan dulu selimut ke dalam kantong plastik sebelum didinginkan selama beberapa menit. Jika tidak memiliki banyak ruang di lemari es atau freezer, hanya sarung bantal pun tidak masalah.

2. Gunakan botol berisi air es

Letakkan botol yang diisi air es di beberapa bagian tubuh, semisal lutut, pergelangan kaki, pergelangan tangan, leher, selangkangan, dan siku. Anda juga dapat mengisi botol air panas dengan air dingin, membekukannya dan membawanya ke tempat tidur.

3. Gunakan Krim Kulit

Anda juga bisa menggunakan krim kulit yang bisa melembapkan. Krim ini juga bisa dimasukkan terlebih dulu ke lemari es.

4. Isi botol parfum kosong dengan air dingin

Botol dengan air dingin bisa disimpan di samping tempat tidur. Nantinya air bisa disemprotkan di wajah, bagian belakang leher hingga bagian belakang lutut.

5. Gunakan pakaian adem

Selain pakaian dengan bahan yang adem dan tipis, seprai katun murni juga cocok untuk tempat tidur Anda. Dengan kapas berkualitas tinggi, bahan tidur yang ideal bisa membantu tidur agar tetap sejuk.

6. Kurangi protein

Pastikan tidak makan terlalu banyak protein karena benar-benar dapat memanaskan tubuh dengan meningkatkan laju metabolisme, menurut pakar tidur Dave Gibson.

7. Hindari makanan pedas

Makan makanan pedas, boleh saja, setidaknya tiga jam sebelum tidur. Sebab hal itu bisa membuat  berkeringat yang mendinginkan tubuh.

8. Olahraga

Berolahraga lebih baik di pagi har. Apabila olahraga malam hhar, tidak akan membantu banyak mengurangi suhu tubuh yang terlalu panas.

9. Mandi malam hangat

Jaga agar mandi malam Anda tetap hangat untuk menurunkan suhu tubuh. Tubuh akan bereaksi terhadap perubahan suhu yang tiba-tiba panas.

10. Tutup jendela dan gorden

Menutup jendela dan gorden di siang hari bisa mencegah gelombang panas masuk langsung ke dalam rumah. Suhu rumah dimungkinkan tetap terjaga tidak terlalu panas.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA