Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Wednesday, 17 Safar 1441 / 16 October 2019

Mandra Kembali Jadi Idola, Yuk Intip Hunian Mewahnya!

Jumat 12 Jul 2019 19:15 WIB

Rep: cermati/ Red:

Sosok Humoris Mandra 'Si Doel' Kembali Jadi Idola, Yuk Intip Hunian Mewahnya!

Sosok Humoris Mandra 'Si Doel' Kembali Jadi Idola, Yuk Intip Hunian Mewahnya!

Siapa yang tidak mengenal pelawak sekaligus aktor komedi Mandra?

Siapa yang tidak mengenal pelawak sekaligus aktor komedi Mandra atau yang bernama asli Mandra Naih yang telah menjadi bagian dari industri hiburan Indonesia lebih dari 20 tahun. Karakternya yang ceplas-ceplos dan humoris ini berhasil kembali menjadi idola masyarakat Indonesia melalui Film 'Si Doe The Moviel' yang serialnya dulu berhasil melambungkan namanya sebagai seorang aktor.

Sebelumnya sukses dengan seri film Si Doel The Movie yang pertama tahun 2018 lalu, kini Mandra kembali ikut ambil bagian lagi di seri lanjutan Si Doel The Movie 2 tahun ini. Mandra kembali berhasil mengambil hati masyarakat dan fans-fansnya lagi dengan kemampuan akting kocaknya yang sangat baik di film Si Doel yang kedua ini.

Kembali bermain dengan para pemain original dari seri televisi Si Doel Anak Sekolah, Mandra yang terkenal karena memerankan karakter supir Oplet yang pemarah dan kocak dengan namanya sendiri menjadikan sosok Mandra sejak di sinetron Si Doel Anak Sekolahan sebagai salah satu karakter paling populer dan sukses di sinetron Si Doel bahkan sampai ke filmnya.

Telah memiliki karir yang sukses didunia hiburan sebagai pemain lenong Betawi hingga awal penayangan Si Doel Anak Sekolahan tahun 1994 tentu saja membuat Aktor kelahiran 1964 tentu memiliki beberapa aset yang membuktikan kesuksesan karirnya sebagai seorang aktor dan komedian selama berpuluh-puluh tahun di dunia hiburan Indonesia.

Salah satu aset yang paling menonjol tentu saja adalah hunian pribadinya yang sudah ditempatinya bersama istri dan anak-anaknya selama bertahun-tahun yang terletak di Cibubur, Jawa Barat. Ini dia fakta-fakta menarik seputar rumah super luas milik Mandra yang berhasil dikumpulkan oleh cermati.com berikut ini:

 

1. Memiliki Luas Tanah Hingga 2 Hektar

luas rumah mandra

via transmedia (trans7)

Luas rumah Mandra ternyata hampir seluas rumah dari salah satu pengusaha paling sukses di Indonesia yaitu Alm. Bob Sadino. Sepertinya, pada awalnya Mandra membeli sebuah tanah lapang kosong yang sangat luas sebelum akhirnya membangun bangunan rumah di tanah tersebut.

Saking luasnya, sisa luas tanah milik Mandra yang tidak diisi bangunan baik depan atau belakang rumahnya katanya masih bisa dijadikan sebagai lapangan untuk bermain bola. Walaupun lahir dari keluarga yang biasa saja, kesuksesan karirnya dihiburan membuat Mandra berhasil memiliki aset properti yang keren dengan ukuran luas yang luar biasa untuk sebuah ukuran hunian pribadi.

Baca Juga: Kisah Perjalanan Yuki Kato dari Bullyan Sampai Jadi Entertainer Papan Atas

2. Desain Luar Rumah yang Kental dengan Budaya Betawi

Mandra dan Istri Berfoto di Depan Bangunan Rumah Utama
Mandra dan Istri Berfoto di Depan Bangunan Rumah Utama via instagram

Memiliki darah Betawi dan tinggal di lingkungan orang-orang Betawi yang masih kental dengan budaya dan tradisinya tentu akan mempengaruhi Mandra dalam membangun rumah tempat tinggalnya. Desain luar dari rumah Mandra benar-benar seperti rumah-rumah tradisional orang-orang Betawi pada umumnya. Dihias dengan atap kayu dengan bentuk ukiran khas pada bagian teras luarnya.

Bercermin dari rumahnya, tentu Mandra benar-benar layak mendapatkan julukan ‘Si Anak Betawi’ pada setiap penampilanya baik di TV ataupun di film.

3. Desain Dalam Rumah yang Cukup Mewah

Ruang makan rumah Mandra yang juga memperlihatkan bagian rumah Mandra yang didominasi oleh furniture kayu jati yang terkesan mewah via silet
Ruang makan rumah Mandra yang juga memperlihatkan bagian rumah Mandra yang didominasi oleh furniture kayu jati yang terkesan mewah via silet

Ternyata walaupun dari luar terlihat sederhana dan tradisional, tapi didalamnya, urmah Mandra memiliki desain yang cukup mewah, mulai dari ruang tamunya hingga ruang makannya. Walaupun tergolong mewah, tapi peralatan dan perabotan yang ada didalam rumah Mandra tidaklah berlebihan, semuanya masih terlihat pas dan rapih.

Tapi perabotan yang paling menonjol dari semua furniture yang ada didalam rumah Mandra adalah sebuah lemari besar berisi koleksi boneka anak-anak perempuannya yang ada diruang tengah, selain itu sebuah meja makan yang cukup panjang dan lebar tempat seluruh anggota keluarga berkumpul.

4. Memanfaatkan Lahan yang Luas dengan Membangun Peternakan Unggas dan Kolam Ikan Gurame

Perternakan unggas dan kolam gurame di pekarangan rumah Mandra
Perternakan unggas dan kolam gurame di pekarangan rumah Mandra via transmedia

Tidak menyia-nyiakan sisa lahan luas yang ada, Mandra pun memanfaatkan untuk membuat sebuah kandang unggas baik ayam atau bebek dan kolam ikan gurame.

Selain, merawatnya menjadi hobi tersendiri, Mandra mengaku memiliki peternakan kecil dirumahnya membuat dia tidak usah susah membeli daging kepasar jika ingin makan ayam cukup langsung ambil saja dari kandang sendiri.

Selain daging ayam, Mandra juga mengatakan hal yang sama dengan telur ayam dan juga ikan-ikan guramenya dari penangkaran yang dibangunnya sendiri.

5. Terdapat Pemakaman Keluarga

Pemakaman keluarga Mandra via transmedia
Pemakaman keluarga Mandra via transmedia

Bangunan lain yang ada di lahan rumah pribadi Mandra adalah kuburan dari orang tua dan kakak pertamanya. Sebenarnya sudah merupakan hal yang biasa untuk orang betawi memiliki lahan khusus untuk kuburan keluarga yang dekat dengan tempat tinggal mereka.

Tapi bedanya Mandra benar-benar membangun kuburan keluarganya ini menjadi sebuah tempat yang cukup nyaman dikunjungi dan benar-benar tidak menyeramkan. Mandra pun mengaku sengaja membangunnya demikian jadi ketika saudara ada yang ingin nyelawat bisa nyaman mengajinya. Tidak kena panas dan hujan.

6. Menyediakan Tempat Nongkrong Khusus yang Bisa Disinggahi Para Tetangganya

Mandra yang di wawancarai di bangunan khusus miliknya yang dijadikan tempat berkumpul saudara hingga tetangga
Mandra yang di wawancarai di bangunan khusus miliknya yang dijadikan tempat berkumpul saudara hingga tetangga via transmedia

Mandara memiliki sebuah bangunan yang didominasi oleh kayu di dekat rumah utamanya. Bangunan yang luas dan kosong melompong itu tadinya berisi beberapa perabotan rumah, namun karena perabotan dibangunan tersebut sering dipindahkan dan lama-lama menjadi kosong, akhirnya kondisi itu dibiarkan dan akhirnya Mandra menjadikan tempat tersebut sebagai tempat nongkrong. Para tetangga atau saudara yang berkunjung bisa mengobrol bahkan makan bersama dibangunan itu.

Baca Juga: Nikita Mirzani Bangun Rumah Mewah, Cek 5 Sumber Kekayaannya

7. Menyediakan Mushola untuk Umum

Mushola umum yang dibangun Mandra
Mushola umum yang dibangun Mandra via silet

Letak mushola ini ada di pekarangan depan rumahnya, jadi Mandra benar-benar membebaskan orang-orang yang ingin beribadah di mushola yang dibangunnya siapa pun orangnya baik saudara, tetangga atau bahkan orang asing untuk kapanpun juga.

8. Garasi Tanpa Pintu dengan Atap Beton untuk Melindungi Koleksi Kendaraan Pribadinya

Garasi tak berpintu di pekarangan depan rumah Mandra
Garasi tak berpintu di pekarangan depan rumah Mandra via transmedia

Untuk melindungi beberapa koleksi mobil-mobilnya Mandra membangun garasi terbuka dengan atap agar mobil-mobilnya tetap terlihat bagus kondisinya. Mandra memiliki beberapa koleksi kendaraan mulai dari yang klasik, mewah hingga yang biasa saja.

Walaupun Mandra bebas memakirkan kendaraannya dimana saja mengingat luas lahan huniannya yang mencapai 2 hektar itu. Tapi dia mengatakan, akan lebih enak dan rapi dilihat jika diparkir disatu tempat khusus dan juga guna untuk menghindari kendaraannya dari panas matahari dan air hujan.

Manfaatkan Properti dengan Lahan Luas Semaksimal Mungkin

Melihat dari cara Mandra memanfaatkan lahan huniannya yang sangat luas untuk peternakan dan membangun fasilitas umum seperti Mushola yang bisa dinikmati siapa saja. Artinya Mandra telah memanfaatkan propertinya dengan baik sesuai dengan keinginannya. 

Dan itu juga bisa kamu lakukan terhadap aset propertimu. Jika perlu, kamu bisa memanfaatkan aset properti kamu sebagai lahan bisnis atau sebagai alat investasi. Pemanfaatan properti yang tepat tidak hanya menguntungkan tapi juga bisa membantu menjaga nilai aset kamu stabil bahkan meningkat.

Baca Juga: ‘Alamat Palsu’ Jadikan Ayu Ting Ting Artis Sukses, Ini Kisah Perjalanannya

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA