Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Kamu Mau Jadi Orang Kaya? Bisa Banget, Ini Kuncinya

Kamis 27 Jun 2019 15:17 WIB

Rep: cermati/ Red:

Kamu Mau Jadi Orang Kaya? Bisa Banget, Ini Kuncinya

Kamu Mau Jadi Orang Kaya? Bisa Banget, Ini Kuncinya

Bill Gates, Mark Zuckerberg, bahkan Bob Sadino selalu tampil pakai baju itu-itu saja.

Siapa sih yang enggak mau jadi orang kaya? Punya uang banyak, harta berlimpah, beli apa saja mudah. Kekayaan bisa didapat dengan banyak cara, salah satunya kerja keras. Paling enak, sudah terlahir kaya, jadi kamu tinggal menambah pundi-pundi uang tersebut.

Dewasa ini, kekayaan masih menjadi tolok ukur sebuah kesuksesan dalam hidup. Memiliki rumah, emas, mobil, tanah di mana-mana, perusahaan besar, dan kemewahan lainnya. Banyak orang mungkin akan berpikir ‘kok gampang banget ya jadi miliarder.’ Lalu orang yang berpikiran sempit langsung mengaitkan ke hal-hal mistis, seperti pesugihan.

Duh zaman sudah modern masih saja kolot. Toh buktinya banyak orang sukses masuk jajaran orang terkaya di Indonesia, bahkan dunia berkat kerja keras. Menilik latar belakangnya, beberapa di antaranya berawal dari nol atau terlahir dari keluarga miskin. Namun perjuangan, kerja keras, dan kerja cerdas yang mengantarkan mereka menjadi konglomerat dan punya harta kekayaan fantastis.

Siapapun bisa menjadi orang kaya. Berikut 4 faktor yang menjadi kunci utama untuk menjadi orang kaya dengan harta melimpah.

Baca Juga: Orang Kaya dan Pura-Pura Kaya: Ini Bedanya!

 

1. Berhemat

Orang Kaya
Berhemat

Tips pertama berhemat. Berhemat di sini bukan berarti pelit. Akan tetapi mampu menggunakan uang dari penghasilannya untuk sesuatu yang bermanfaat. Membeli sesuatu yang menjadi kebutuhan utama, bukan keinginan semata. Orang tipe seperti demikian, mampu memprioritaskan mana yang penting atau tidak. Apalagi buat foya-foya, no way. Mereka akan ingat pada prinsip “hemat pangkal kaya.”

Dari hasil penghematan tersebut, dipakai untuk menabung maupun berinvestasi. Uang yang terkumpul dijadikan sebagai modal untuk merintis usaha atau kegiatan produktif lain.

Lihat saja para konglomerat, seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg, bahkan Bob Sadino selalu tampil menggunakan baju itu-itu saja. Bukan tidak mampu, tapi mereka ingin mengenakan pakaian yang membuat mereka nyaman, bulan malah menjadi korban mode. Kalau nyaman, maka produktivitas dalam bekerja akan meningkat.

2. Percaya Diri

Orang Kaya
Percaya Diri

Sikap percaya diri merupakan pondasi penting untuk meraih kesuksesan di bidang apapun. Kalau percaya diri, semua dilakukan dengan penuh rasa optimistis. Tidak ada keraguan dalam memulai sesuatu, termasuk mengambil keputusan. Jadi enggak ada tuh kata mundur sebelum berperang.

Menjadi percaya diri juga dapat meningkatkan first impression orang lain. Banyak orang senang bekerja dengan individu yang memiliki rasa percaya diri, tapi bukan berlebihan atau over confident. Jadi harus dibedakan pula percaya diri dan sombong agar rekan bisnis tidak merasa terganggu dan diremehkan.

Baca Juga: Inilah 20 Orang Terkaya di Indonesia, Siapa Inspirasimu?

3. Rendah Hati

Orang Kaya
Rendah Hati

Untuk menjadi sukses, sikap rendah hati dan menghargai orang lain memiliki peran penting dalam proses mendapatkan kekayaan. Perilaku rendah hati dapat menjadi pegangan hidup agar hubungan dengan rekan bisnis tetap terjaga dan semakin kuat.

Banyak miliarder yang memiliki sikap rendah hati, bukan rendah diri ya. Jika dalam diri sudah tertanam sikap rendah hati, keinginan untuk mengikuti gaya hidup konsumtif akan hilang. Hal inilah yang perlu ditumbuhkan dalam diri seseorang untuk menjadi sukses.

4. Perencanaan yang Matang

Orang Kaya
Perencanaan yang Matang

Ide, kreativitas, dan inovasi adalah modal penting bagi seseorang yang ingin sukses. Ide-ide tersebut bisa menjadi peluang menjanjikan yang menghasilkan banyak uang. Tentunya dengan perencanaan yang matang dalam mengeksekusinya agar tidak salah langkah. Di samping itu, menyiapkan solusi bila terjadi kegagalan.

Bukan cuma perencanaan dalam bekerja dan berbisnis saja. Untuk menjadi kaya raya, seseorang juga perlu memiliki rencana keuangan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Semua dikalkulasi. Tahu mana prioritas dan mana yang masih bisa ditunda.

Fokus untuk Mencapai Tujuan

Menjadi orang kaya dengan tumpukan harta adalah bonus. Dalam bekerja atau berbisnis, jangan hanya berambisi untuk kaya raya. Karena ambisi tersebut justru akan membawa kamu pada hal-hal buruk, seperti menghalalkan segala cara, termasuk merugikan orang lain. Fokus saja pada tujuanmu, maka kesuksesan, menjadi kaya dan banyak harta akan mengikuti dengan sendirinya.

Mau kaya ya kerja keras. Tidak ada yang mudah, seperti membalikkan telapak tangan. Butuh pengorbanan, perjuangan, cucuran keringat dan air mata untuk menggapai kesuksesan. Ingat, tidak ada usaha yang sia-sia. Tetap tanamkan semangat dalam diri demi meraih tujuan yang telah dicita-citakan.

Baca Juga: Kalau Enggak Mau Miskin Terus, Pantang Ucapkan 5 ‘Mantra’ Ini

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA