Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Senin, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Tips Aman Pinjam Uang Secara Daring

Kamis 27 Jun 2019 03:30 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Kiat pinjam uang dari Fintech Lending saat Ramadhan.

Kiat pinjam uang dari Fintech Lending saat Ramadhan.

Foto: Republika
Sebelum meminjam uang secara daring, masyarakat harus mencermati beberapa hal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsultan keuangan Farah Dini Novita mengingatkan masyarakat untuk mencermati legalitas perusahaan pemberi pinjaman sebelum memutuskan mengambil pinjaman uang secara daring. Terlebih, saat ini fintech lending sedang marak di tengah masyarakat.

Dini menyatakan, selain mencermati legalitas perusahaan pemberi pinjaman, masyarakat juga perlu memperhatikan benar-benar mengenai besaran bunga yang harus dibayarkan. Jangan sampai bunga yang ditetapkan melampaui batas kewajaran.

"Bunganya masuk akal enggak sih kalau sampai 18 persen, ya ampun tabungan dan deposito aja tidak sampai segitunya," kata Dini saat ditemui di Jakarta, Rabu.

Menurut Dini, regulator masih memiliki banyak pekerjaan rumah untuk mengatur kinerja perusahaan financial technology atau fintech. Selagi regulasi dan aturan itu dibuat, ia menyarankan warga untuk senantiasa waspada dan hati-hati dalam menggunakannya.

Dini juga menyarankan kepada calon peminjam untuk menyesuaikan pinjaman dengan kebutuhan. Jangan sampai uang hasil pinjaman daring hanya digunakan untuk tujuan konsumtif, seperti belanja, makan-makan, hingga liburan

"Itu aku bilang tidak masuk akal. Jangan sampai liburannya sudah selesai tapi kita masih bayar cicilan," ujar CO-CEO Jouska Indonesia itu.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA