Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Kopi Janji Jiwa, Bertahan dengan Racikan Robusta Sumatra

Rabu 26 Jun 2019 07:02 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda

Menu Kopi Janji Jiwa

Menu Kopi Janji Jiwa

Foto: Noer Qomariah Kusumawardhani/Republika
Setahun berdiri, Kopi Janji Jiwa telah miliki 300 outlet di 50 kota di Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mencari tempat untuk menghabiskan waktu sambil minum kopi bersama teman bukanlah hal yang sulit lagi saat ini. Banyak kedai-kedai kopi tersebar di daerah Jabodetabek, salah satunya kedai kopi Janji Jiwa.

Baca Juga

Janji Jiwa genap berusia satu tahun pada Kamis (20/6) lalu. Sang CEO, Billy Kurniawan, mendirikan Kopi Janji Jiwa pertama kali di ITC Kuningan.

Lama-kelamaan, outlet Kopi Janji Jiwa terus bertambah hingga mencapai 300 unit yang tersebar di 50 kota-kota di seluruh Indonesia. Waralaba atau franchise menjadi konsep bisnis kopi Janji Jiwa.

“Jadi kami ada 20 outlet buat head office dan sisanya franchise,” kata Public Relation kopi Janji Jiwa, Devina Christanty, di Outlet Kopi Janji Jiwa jilid 94, Setiabudi Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Menurut Devina, outlet terbanyak berada di Jabodetabek. Pekan depan, kopi Janji Jiwa akan berproses untuk masuk ke wilayah Papua.

Kopi Janji Jiwa tidak memakai biji kopi Arabika, melainkan menggunakan biji kopi robusta yang berasal dari Sumatra.

"Arabika itu jatuhnya asam dan (kandungan) acid-nya lebih tinggi. Jadi kalau dipakai buat kopi susu takutnya enggak seimbang,” ujar Devina menjelaskan.

Seseorang yang meneguk Janji Jiwa, menurut Devina, akan merasa rasa kopinya kuat. Tetapi tidak terlalu pahit di lidah.

Ada banyak menu yang disajikan di outlet kopi Janji Jiwa. Namun, Devina menyebutkan menu favorit #temansejiwa adalah es kopi susu (espresso, susu, dan gula aren). Ada pula es soklat (susu segar dan cokelat) serta es susu matcha (susu segar dan teh matcha) sebagai menu favorit tanpa kopi.

Pelanggan Kopi Janji Jiwa alias #temansejiwa juga bisa membeli seluruh minuman yang ada di dalam menu dalam bentuk kopi dispenser. Satu kopi dispenser bisa disajikan untuk satu sampai 15 cangkir.

Republika.co.id berkesempatan mencicipi menu es susu matcha dan es cocopresso (espresso dan air kelapa). Es susu matcha terasa gurih karena menggunakan susu segar dengan campuran bubuk matcha. Rasanya pas dan tidak terlalu manis.

Sedangkan es cocopresso tidak terlalu pahit. Rasanya unik karena perpaduan air kelapa dengan kopi espresso.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA