Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Jumat, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 Desember 2019

Jangan Biarkan Diri Anda Dikuasai oleh Sikap Buruk Ini

Jumat 12 Jul 2019 06:39 WIB

Rep: cermati/ Red:

Jangan Biarkan Diri Anda dikuasai Oleh Sikap Buruk Ini

Jangan Biarkan Diri Anda dikuasai Oleh Sikap Buruk Ini

Anda harus selalu bersikap rendah hati atas segala pencapaian yang diraih.

Saat mendapat pujian dari Atasan, tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan dan percayalah ada banyak orang yang iri dengan Anda. Meskipun begitu, Anda harus selalu bersikap rendah hati atas segala pencapaian yang diraih.

Tapi, pujian yang tidak seberapa ini jangan pernah membuat Anda terbuai. Apalagi membuat Anda merasa puas dengan kinerja dan pencapaian Anda. Jika Anda terbuai dengan pujian tersebut, itu adalah kesalahan fatal. Justru dengan pencapaian dan pujian dari Atasan ini haruslah menjadi pendorong semangat Anda agar bisa terus dan terus maju lagi.

Jangan pernah merasa puas karena itu akan menghentikan semangat Anda. Selalu lah merasa haus akan pujian dari Atasan. Paling penting, jangan biarkan diri Anda berhasil dikuasai oleh sikap yang buruk yang nantinya justru akan membahayakan karir. Apa saja sikap buruk tersebut?

Simak baik-baik kutipan dari Cermati.com di bawah ini.  

 

1. Sikap Sombong yang Menyelimuti Hati

Sombong

Dimanapun, orang yang memiliki sikap sombong tentu tidak akan disukai oleh orang lain. Jadi, saat mendapat pujian dan penghargaan dari Atasan, jangan pernah bersikap sombong sedikitpun. Tidak perlu menceritakannya pada semua orang yang Anda temui. Percayalah, tidak butuh waktu yang lama mereka pasti akan segera tahu cerita tersebut melalui kabar angin di kantor. Teruslah berusaha untuk meningkatkan prestasi dan membimbing teman yang membutuhkan bimbingan. Jangan pelit ilmu apalagi ingin mendapat pujian atas kebaikan yang Anda lakukan.

Baca Juga: Terkuak, 5 Alasan Karyawan Enggak Betah dan Resign Kerja

 

2. Menguasai Kantor

Menguasai kantor

Setelah mendapatkan pujian, ini bukan berarti Anda juga diberi wewenang khusus untuk bisa menguasai kantor ya. Anda tetap harus menghormati karyawan lainnya. Terlebih lagi pada karyawan baru dan juga para office boy maupun office girl.Ini akan mencerminkan sikap yang baik dan berwibawa.

Jika Anda bersikap semena-mena terhadap orang lain, tidak mustahil jika nantinya akan dipanggil ke ruangan Atasan dan menerima beberapa konsekuensi atas tindakan Anda. Perhitungkan adanya rekaman CCTV yang selalu merekam gerak gerik Anda. Jadi berhati-hatilah saat berbuat buruk di kantor, karena Atasan akan segera mengetahuinya.

3. Malas dan Tidak Mau Mengerjakan Tugas

malas bekerja

Alasan Anda dipekerjakan adalah untuk meringankan tugas perusahaan. Tapi, jika Anda bersikap malas-malasan setelah mendapat penghargaan tentu bukan sikap yang baik untuk seorang karyawan.

Jadi siap-siap saja Anda karena kemungkinan untuk mendapat promosi jabatan menjadi semakin kecil. Jadi selama masih bisa mengerjakan semua tugas dengan baik dan benar, terima saja dan kerjakan sepenuh hati.

Bukankah mengerjakan lebih banyak pekerjaan kantor akan lebih menyenangkan daripada bermalas-malasan membuang waktu Anda yang sangat berharga. Dengan bermalas-malasan tentu tidak akan mengurangi jumlah pekerjaan bukan?

Justru akan membuatnya semakin menumpuk dan menumpuk karena tidak kunjung diselesaikan.

4. Suka Membicarakan Orang Lain

Membicarakan orang lain

Selain perbuatan dosa, membicarakan aib orang lain sama dengan menggosip ini sangat tidak baik untuk hubungan antar karyawan. Terlebih lagi jika yang digosipkan itu adalah Atasan Anda. Saat Atasan tahu, kira-kira apa yang akan dia katakan pada Anda? Masihkah ada kesempatan untuk Anda bisa berkarir meskipun pencapaian telah terbilang bagus.

Nah, segera minta maaflah karena perbuatan itu. Orang yang digosipkan bukan saja sedih tapi juga akan merasa sakit. Jadi berhati-hatilah dalam berbicara. Bisa saja orang terluka dengan ucapan kita.

Baca Juga: Tips Bekerja Bagi Para Freshgraduate

 

5. Tidak Bersemangat

Tidak Semangat

Bekerja tentu saja membutuhkan semangat yang tinggi. Agar bisa mencapai target penjualan hari itu dan juga menghilangkan rasa tertekan. Semangat yang menurun bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara kurangnya asupan saat sarapan, kurang istirahat, atau bisa juga karena kurang uang jajan.

Namun, saat di kantor, Atasan tentu bisa dengan mudah menilai adanya penurunan tingkat semangat di diri Anda. Jika menjadi salah satu karyawan ini, jangan pernah menginginkan untuk mengakhiri pekerjaan. Anda yang penuh semangat tentu tidak keberatan jika  harus lembur dan menambah jam kerja lagi bukan?

6. Terlalu Sering Menyalahkan Orang Lain

Menyalahkan orang lain

Semua hasil yang diperoleh dari bekerja sama tentu merupakan usaha Anda. Baik itu kegagalan atau kemenangan. Meskipun merasa menang, tidak lantas membuat Anda sombong. Namun, jika Anda menghadapi kegagalan bersama tim juga tidak boleh menyalahkan semua kesalahan pada orang lain.

Semua hasil keputusan harus diterima dengan lapang dada dan juga sabar. Anda harus bisa mengevaluasi dimana letak kesalahan yang membuat tim mengalami kegagalan.

Keputusan Selalu Ada di Tangan Sendiri

Anda tentu lebih tahu apa yang terbaik untuk diri sendiri. Untuk bisa semakin memajukan prestasi, tentu harus bisa menyingkirkan sikap buruk di atas agar tidak hinggap di diri masing-masing. Keputusan selalu ada di tangan Anda, jadi lakukan sebaik mungkin untuk masa depan sendiri.

Baca Juga: Cara Menolak Tawaran Kerja dengan Sopan dan Profesional

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA