Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Berjalan

Senin 24 Jun 2019 14:59 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih

Berjalan. Ilustrasi

Berjalan. Ilustrasi

Foto: TimesofIndia
Pelatih berjalan membagikan tips menurunkan berat badan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika berbicara strategi latihan penurunan berat badan, berjalan benar-benar diremehkan. Sudah waktunya untuk mengubahnya. Kita tidak harus pergi ke gym khusus untuk melakukannya.

Pelatih berjalan Michele Stanten yang merupakan pendiri MyWalkingCoach.com membagikan beberapa tips agar kegiatan berjalan kita dapat sekaligus menurunkan berat badan. Dikutip dari Men's Health, berikut sejumlah tips dari Stanten.

1. Lakukan lebih

Tidak ada formula ajaib untuk berapa langkah, mil, atau jam Anda harus berjalan untuk menurunkan jumlah berat yang Anda inginkan. Kuncinya adalah melakukan lebih dari yang dilakukan sekarang.

"Jika Anda memiliki pekerjaan di mana Anda berjalan sepanjang hari, Anda harus melakukan lebih dari itu," kata Stanten. "Tapi jika Anda memiliki pekerjaan meja yang tidak banyak bergerak, berjalan-jalan setiap malam setelah makan malam dapat menunjukkan hasil nyata," imbuh penulis The Walking Solution tersebut.

Menurutnya jika kita hanya punya tiga ribu langkah pada hari-hari biasa, jangan mencoba untuk mendapatkan 10 ribu langkah pada hari berikutnya. Itu bisa sangat mengecewakan. Targetkan lima ribu setiap hari selama sepekan. Kemudian naik menjadi tujuh ribu di pekan berikutnya.

2. Biasakan diri

Anda tidak harus berjalan satu jam setiap hari untuk menurunkan berat badan pada awalnya. Akan tetapi penting untuk membiasakan diri berjalan setiap hari. Jadikan hal itu sebagai bagian dari rutinitas harian. Bahkan jika Anda hanya berjalan 10 atau 15 menit pada beberapa hari dalam sepekan.

Jangan hanya berjalan kaki hanya untuk latihan. Lakukanlah di mana pun Anda bisa misalnya memarkir mobil lebih jauh dari toko.

3. Ikut acara lari

"Salah satu hal yang membuat orang termotivasi untuk berjalan adalah mendaftar untuk suatu acara," kata Stanten. Banyak balapan 5K dan 10K yang ramah pejalan kaki. Kebanyakan orang tidak tahu Anda bisa berjalan setengah maraton.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA