Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Kamis, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Situ Zen Sukabumi Pikat Pengunjung

Ahad 23 Jun 2019 21:12 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Agung Sasongko

Situ Zen

Situ Zen

Foto: Tangkapan Layar Youtube
Situ Zen ini cocok untuk hiburan keluarga dan wisata sambil mengenal pertanian

REPUBLIKA.CO.ID,  SUKABUMI -- Selama ini Kabupaten Sukabumi terkenal denagan wisata pantai Palabuhanratu, Geopark Ciletuh-Palabuhanratu dan jembatan gantung Situgunung. Kini, Kabupaten Sukabumi terus mengembangkan potensi wisata alamnya. 

Salah satunya di Kecamatan Caringin yang kini memiliki kawasan wisata baru yakni Situ Zen.Kawasan wisata danau atau itu Zen di Kampung Cisitu, RT 16/06, Desa Sukamulya, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi.

Keberadaan obyek wisata baru ini mulai dikenalkan kepada warga sejak momen libur lebaran lalu. Hasilnya ratusan pengunjung per harinya mengunjungi lokasi wisata baru tersebut.

"Situ Zen ini cocok untuk hiburan keluarga dan wisata sambil mengenal pertanian,’’ ujar Ade Maulana, pengelola kawasan Situ Zen, kepada wartawan Ahad (23/6). Ia menerangkan situ tersebut awalnya memang belum banyak yang mengenalnya.

Namun kini lanjut Ade, kawasan ini mulai dikelola oleh warga dan pesantren di daerah tersebut agar menjadi daya tarik wisata. Di mana setelah dibuka untuk umum, animo warga untuk berkunjung cukup tinggi.

Contohnya terang Ade, pada setiap akhir pekan pengunjung cukup banyak mencapai 200 hingga 300 orang. Mereka tidak hanya berasal dari Kabupaten Sukabumi melainkan dari daerah sekitar seperti Kota Sukabumi dan lain sebagainya.

Di kawasan itu, pengunjung bisa mengelilingi danau dengan menggunakan bebek atau perahu. Luasan areal danau mencapai sekitar 1.5 hektare dengan dikelilingi pepohonan yang masih rimbun.

Rencananya kata Ade, kawasan ini akan dikembangkan menjadi wisata go farm atau wisata bernuansa pertanian. Di mana pengunjung bisa berwisata sambil belajar masalah pertanian. Di kawasan ini pengunjung rencananya akan diajak untuk menanam sayuran dan memanen hasilnya pada beberapa bulan kemudian.

Salah seorang pengunjung asal Kabupaten Purwakarta, Hilda (20 tahun) mengatakan, ia sengaja datang ke lokasi itu karena penasaran mendengar cerita dari temannya yang pernah berkunjung kesana. ‘’ Setelah datang kesini ternyata benar danaunya indah dan menarik,’’ cetus dia.n

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA