Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Jengkol Terenak se-Indonesia Mulai Dikembangkan

Jumat 21 Jun 2019 11:49 WIB

Red: Esthi Maharani

Jengkol

Jengkol

Foto: dok Republika
Jengkol varitas bareh dan lokan diklaim sebagai jengkol terenak se-Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, PAINAN -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan tahun ini mulai mengembangkan jengkol varitas bareh dan lokan. Jengkol tersebut diklaim sebagai jengkol terenak se-Indonesia berdasarkan penelitian Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika Aripan Sumatra Barat.

''Pengembangan dimulai pada tahun ini karena dua varitas jengkol tersebut kondisinya sedang berbuah,'' kata Alfriyendri, kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Pesisir Selatan, di Painan, Sumatra Barat, Jumat (21/6).

Sebelumnya, jengkol varitas bareh dan lokan yang tumbuh di Pesisir Selatan diklaim sebagai jengkol terenak se-Indonesia. Pesisir Selatan diklaim menghasilkan jengkol dengan kadar kapur yang berisiko kecil membuat konsumen sakit perut.

Kedua varietas ini diklaim enak berdasarkan penelitian Balitbu Tropika Aripan Sumatra Barat. Indukan jengkol ini memiliki kadar amilosa rendah dan hanya ada tiga batang tumbuh di Pesisir Selatan, satu batang indukan varitas lokan dan dua batang indukan varitas bareh.

Alfriyendri mengatakan, pihaknya pada pekan depan akan turun ke Kecamatan Air Pura, tempat batang pohon jengkol itu tumbuh, sekaligus untuk membicarakan rencana pengembangan ke pemiliknya. Jika ditemukan kesepakatan, dana untuk kegiatan selanjutnya akan dianggarkan pada APBD perubahan tahun ini.

Sejalan dengan itu, tenaga penyuluh pertanian di kecamatan juga akan intens menjalin komunikasi dengan pemilik dan menjaga agar pohon jengkol itu tumbuh dengan baik.

Dengan adanya pengembangan ini, pihaknya berharap varitas jengkol yang pertama kali disertifikasi di Indonesia itu bisa berkembang baik di daerah setempat maupun di daerah lainnya.

Yang tidak kalah penting, kata dia, upaya memopulerkan kedua varitas jengkol ini agar mampu mendongkrak harga jualnya sehingga berdampak signifikan pada kesejahteraan petani pembudi daya.

Oleh karena itu, pihaknya akan menggandeng Balitbu Tropika Aripan Sumatra Barat dalam pengembangannya agar bernar-benar berlangsung maksimal. Ia menilai Balitbu memiliki tenaga-tenaga terampil yang mampu menentukan jengkol yang layak dijadikan indukan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA