Minggu, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Minggu, 23 Muharram 1441 / 22 September 2019

Tiga Kiat Memotret Pakai Kamera Ponsel

Rabu 19 Jun 2019 12:00 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih

Mengambil foto makanan dengan menggunakan kamera ponsel (ilustrasi)

Mengambil foto makanan dengan menggunakan kamera ponsel (ilustrasi)

Foto: Istimewa
Kamera ponsel bisa dimanfaatkan untuk menekuni hobi fotografi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Membidik suatu objek menggunakan kamera dapat menjadi hobi yang menyenangkan. Karena perkembangan zaman, kini menekuni hobi fotografi tak lagi harus menggunakan kamera DSLR atau mirrorless.

Baca Juga

Kamera gawai pintar bisa menjadi pilihan. Apalagi saat ini kamera gawai tak kalah canggih dari kamera DSLR atau mirrorless dan memiliki banyak mode untuk memfoto.

Mobile photographer dan Founder of #EverydayMotret Aries Lukman memiliki kiat jitu bagaimana mengambil foto dengan kamera smartphone agar hasilnya maksimal. Pertama, Aries menyarankan untuk menyalakan grid line untuk belajar mengatur komposisi.

Grid line merupakan garis bantu yang ada di layar kamera. Garis ini membantu agar foto tidak miring.

Kedua, kata Aries, mengatur fokus dan eksposur (banyaknya cahaya yang jatuh ke sensor gambar) agar sesuai dengan kondisi. Jika cahaya terlalu terang, turunkan eksposur dengan slider.

“Atau bisa juga dengan menyentuh area terang untuk menurunkan eksposur dan sentuh di area yang gelap untuk menaikkan eksposur,” kata Aries pada Republika, Selasa (18/6).

Kiat yang ketiga adalah hindari penggunaan zoom jika gawai tidak memiliki optical zoom. Pilihlah gawai yang dapat mengambil jepretan jarak jauh agar kualitas tetap terjaga.

Selanjutnya, kamera gawai juga perlu dirawat agar kondisinya tetap prima. Perawatannya ternyata cukup mudah yakni dengan menjaga kaca dari lensa tetap bersih. “Bercak sidik jari atau lensa yang kotor cukup dibersihkan dengan kain microfiber,” ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA