Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

15 Makanan Pemicu Mimpi Buruk

Selasa 18 Jun 2019 05:50 WIB

Rep: Umi Soliha/ Red: Dwi Murdaningsih

Mimpi Buruk. Ilustrasi

Mimpi Buruk. Ilustrasi

Foto: CNN
Makan makanan sebelum tidur mengganggu pencernaan sehingga menyebabkan gangguan tidur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apakah Anda seseorang yang sering mengalami mimpi buruk? Jika itu mengganggu kualitas tidur Anda, apakah Anda bertanya-tanya apa yang bisa memicu mimpi buruk itu?

Baca Juga

Mimpi buruk bukan hanya puncak dari kegiatan sehari-hari Anda, kecemasan dan stres. Ternyata, makanan yang Anda makan sebelum tidur juga merupakan penyebab utama mimpi buruk dan gangguan tidur.

Para peneliti telah membuktikan korelasi antara diet dan mimpi buruk. Ditegaskan bahwa keterlibatan makanan bertepung dan manis adalah salah satu alasan utama yang berkontribusi terhadap hal ini.

Berikut ini beberapa makanan yang menyebabkan mimpi buruk, seperti dilansir dari Blodsky, Senin (17/6).

Keju Kaya akan kalori dan lemak

Mengonsumsi produk susu sebelum tidur dapat menyebabkan orang tersebut mengalami mimpi buruk. Ini karena tubuh masih berfungsi dengan kecepatan penuh untuk mencerna keju.Sebuah studi tahun 2005 yang dilakukan oleh British Cheese Board setuju dengan pernyataan bahwa keju dapat menyebabkan mimpi buruk.

photo

Es krim

 

Es krim

Makan es krim sebelum tidur dapat menyebabkan metabolisme tubuh bergeser yang pada gilirannya dapat meningkatkan aktivitas otak. Otak Anda masuk ke mode konflik tanpa mengetahui apa yang harus dilakukan dengan energi berlebih, memicu mimpi buruk.

Saus pedas

Penelitian telah mengungkapkan, makan makanan pedas sebelum tidur dapat mengganggu tidur nyenyak karena bumbu dalam saus panas meningkatkan suhu tubuh Anda. Makanan pedas sering dikaitkan dengan mimpi buruk karena mereka membutuhkan lebih banyak upaya dari tubuh untuk mencerna makanan ini.

Alkohol

Minum anggur, bir, dan minuman lain yang berlebihan sebelum tidur dapat membuat Anda sulit tidur nyenyak. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan untuk memahami dampak alkohol pada tidur, dinyatakan bahwa, meskipun alkohol adalah obat penenang, efeknya hilang pada malam hari. Dengan demikian, menyebabkan mimpi buruk yang intens dan realistis.

Makanan yang mengandung kafein

Mengkonsumsi kopi, yoghurt beku, dan makanan lain yang mengandung kafein dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan aktivitas otak sehingga mengganggu tidur Anda dan menyebabkan mimpi buruk.

photo

Penggemar makanan manis akan memiliki penumpukan lemak di area pinggang dan perut.

Makanan manis

Menurut sebuah penelitian, sekitar 31 persen dari peserta penelitian mengalami mimpi buruk setelah mengonsumsi makanan manis. Psikolog juga menunjukkan bahwa makan makanan manis seperti kue, kue dapat menyebabkan mimpi buruk.

Cokelat

Setelah makanan bergula dan produk susu, cokelat adalah salah satu penyebab mimpi buruk yang paling sering. Tinggi kafein dan gula, makan cokelat sebelum tidur mengurangi kemampuan Anda untuk tertidur lelap dan menyebabkan mimpi buruk. Minum cokelat panas juga merupakan penyebab utama mimpi buruk.

Keripik

Konsumsi makanan cepat saji berlemak dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan Anda, sehingga sulit untuk tidur nyenyak. Sekitar 12,5 persen dari semua mimpi yang mengganggu disebabkan oleh konsumsi junk food seperti keripik.

Pasta

Makanan bertepung seperti roti dan pasta dapat menyebabkan mimpi buruk. Ini karena pasta dikonversi menjadi glukosa dalam tubuh dan karenanya memiliki efek yang sama dengan makanan manis. Hindari juga mengonsumsi roti yang mengandung tepung.

Soda

Kandungan kafein dan gula, serta aditif yang ada dalam minuman bersoda ini, adalah penyebab mimpi buruk. Penelitian telah menunjukkan, partisipan yang minum soda bahkan dapat mimpi buruk pada  saat tidur siang, kemungkinan besar karena kandungan kafein dan gula.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA