Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

Tuesday, 19 Zulhijjah 1440 / 20 August 2019

7 Cara Alami Menurunkan Berat Badan

Selasa 18 Jun 2019 08:35 WIB

Rep: cermati/ Red:

7 Cara Alami Menurunkan Berat Badan

7 Cara Alami Menurunkan Berat Badan

Cara alami seperti ini tentu akan jauh lebih sehat.

Diet merupakan hal yang paling sering dilakukan untuk menurunkan berat badan. Hal ini dianggap efektif dan bisa menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat. Namun di dalam praktiknya, diet bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Aktivitas diet ini juga kerap menimbulkan sejumlah efek samping, terutama jika dilakukan tanpa arahan yang tepat dari ahlinya. Bukannya mendapatkan berat badan yang ideal, bisa saja diet yang dilakukan justru menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

Jika berniat untuk menurunkan berat badan, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya dengan cara yang alami saja. Selain lebih mudah, cara alami seperti ini tentu akan jauh lebih sehat. Anda bisa mengkombinasikan beberapa langkah mudah untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Namun, pastikan pilih cara terbaik dan sesuai dengan kebutuhan tubuh, agar penurunan berat badan secara alami ini bisa memberikan manfaat yang maksimal bagi tubuh dan kesehatan. Bagi Anda yang ingin mencobanya, simak beberapa langkah mudah berikut ini yang telah dirangkum Cermati.com mengenai menurunkan berat badan secara alami:

 

Cara Alami Turunkan Berat Badan

1. Pola Makan yang Teratur dan Seimbang

waktu makan

Pola makan yang teratur dan seimbang

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, seseorang perlu memiliki pola makan yang seimbang. Tidak berlebih, namun juga tidak kurang.

Pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan kalori dan asupan gizi dengan tepat, di mana Anda mengkombinasikan sejumlah makanan sehat di dalam asupan yang dimakan. Selain itu, miliki juga pola makan yang teratur, sehingga pencernaan bisa bekerja dengan baik.

2. Perbanyak Makan Serat

sayur

Perbanyak makan serat

Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak, bersantan, seperti gorengan dan lainnya. Makanan seperti ini mengandung banyak kalori dan akan menghambat penurunan berat badan karena makanan tersebut sulit untuk dicerna. Agar pencernaan berjalan dengan baik, perbanyaklah makanan sehat dan yang mengandung serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.

3. Jangan Lewatkan Sarapan

sarapan

Jangan lewatkan sarapan

Pastikan Anda tidak melewatkan sarapan pagi, agar tubuh tetap memiliki energi yang cukup untuk melakukan berbagai aktivitas. Pilihlah sarapan yang sehat dan mengandung cukup karbohidrat dan protein, seperti: sereal, roti, susu, dan yang lainnya. Selain itu, Anda juga tidak akan terlalu lapar ketika jam makan siang tiba, sehingga ketika makan siang Anda bisa mengkonsumsi makanan dengan cukup.

4. Jam Tidur yang Teratur dan Cukup

tidur

Jam tidur yang teratur dan cukup

Hindari begadang, sebab hal ini tidak berdampak baik bagi kesehatan. Pastikan memiliki jam tidur yang teratur, sehingga seluruh organ tubuh bisa bekerja dan beristirahat dengan cukup setiap harinya.

Tidurlah setidaknya 7 hingga 8 jam sehari. Hal ini juga akan membantu Anda untuk memiliki kondisi tubuh yang fit dan siap untuk melakukan aktivitas esok harinya.

Baca Juga: Macam-macam Jenis Diet, Kamu Pilih Mana?

5. Lebih Aktif Bergerak Setiap Hari

jalan

Lebih aktif bergerak setiap hari

Mulailah lebih aktif bergerak agar kalori tubuh yang terbakar membakar lebih banyak setiap harinya. Anda bisa melakukan ini dimana saja, baik di kantor atau di rumah. Misalnya: membeli makan siang dengan berjalan kaki, menggunakan tangga, dan lainnya.

6. Lakukan Olahraga secara Teratur

olahraga

Lakukan olahraga secara teratur

Untuk menurunkan berat badan dengan cepat, Anda juga bisa melakukan olahraga secara teratur. Olahraga akan membuat tubuh bergerak dan membakar lebih banyak kalori.

Pilih jenis olahraga yang tepat seperti: jogging, pilates, yoga, renang dan yang lainnya. Lakukan olahraga tersebut setiap hari atau minimal tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga: 4 Olahraga Diet yang Cepat Menurunkan Berat Badan

7. Kurangi Camilan

cemilan

Kurangi camilan

Jangan lupa juga mengurangi berbagai camilan dan juga makanan yang terlalu banyak mengandung gula. Selain kurang sehat, makanan seperti ini juga biasanya mengandung banyak kalori dan akan menghambat penurunan berat badan. Sebaiknya ganti camilan dengan yang lebih sehat, misalnya saja biskuit rendah lemak atau buah-buahan.

Sabar dan Disiplin Kuncinya

Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan cara yang alami, tanpa perlu repot untuk melakukan diet ketat. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal dan tubuh yang sehat.

Cara ini memang tidak bisa memberikan hasil yang cepat, bahkan bisa saja butuh proses yang panjang. Untuk itu lakukanlah dengan sabar dan disiplin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: 9 Makanan Enak dan Lezat Untuk Sukseskan Program Diet

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA