Selasa, 19 Zulhijjah 1440 / 20 Agustus 2019

Selasa, 19 Zulhijjah 1440 / 20 Agustus 2019

Ini 25 Universitas Terbaik di Dunia

Kamis 20 Jun 2019 01:19 WIB

Rep: cermati/ Red:

25 Universitas Terbaik di Dunia

25 Universitas Terbaik di Dunia

Negara Barat masih menjadi rumah besar universitas-universitas terbaik di dunia.

Pendidikan memang sesuatu yang cukup penting bagi sebagian orang di dunia. Tak heran bila beberapa dari mereka rela merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan pendidikan dan ilmu terbaik. Bahkan bila harus berpisah dari keluarga untuk menempuh pendidikan di negeri orang, hal itu tak menjadi masalah.

Berjuta kilometer jauhnya dan bertahun-tahun lamanya terpisah dari keluarga demi menyabet gelar terbaik dan mendapatkan pekerjaan impian memang menjadi alasan terbesar orang-orang yang menempuh pendidikan jauh dari tempat tinggalnya.

Beberapa mungkin memaparkan alasannya bila hanya menempuh pendidikan di wilayah tempat tinggalnya, ia tak akan mendapatkan pendidikan dengan cara pandang yang luas. Semua alasan itu sah-sah saja.

Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah negara bahkan menyediakan dana bantuan atau beasiswa bagi mereka yang ingin dan mampu secara intelektual untuk melanjutkan studi di luar negeri. Bahkan beasiswa ini terkadang ada yang membiayai biaya selama hidup di perantauan.

Pendidikan memang aset yang berharga sehingga pemerintah pun banyak mengeluarkan dana untuk beasiswa dengan harapan anak bangsa akan kembali dan membangun negaranya sehingga dapat berkembang dan maju, tidak kalah dengan negara maju seperti Amerika dan Jerman. Berikut beberapa tujuan universitas terbaik di dunia yang kerap kali menjadi idaman para pelajar di seluruh dunia versi cermati.com :

 

1. Massachusetts Institute of Technology, United States

Massachusetts University

Institut Tehnologi Massachusetts via chemistry2011.org

MIT merupakan institusi riset swasta dan universitas yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts. Kampus ini memiliki 5 sekolah dari satu kolase yang mencakup setidaknya 32 departemen khusus pada sains dan penelitian teknologi. MIT terpilih masuk dalam Asosiasi Universitas Amerika pada 1934 dan berperan sebagai universitas riset dengan tingkat aktivitas penelitian tertinggi dunia.

Bahkan pemerintah federal sering merekrut calon karyawan mereka dari universitas ini, diantaranya Departemen Kesehatan dan Pelayanan Manusia, Departemen Pertahanan, Departemen Energi, National Science Fundation, hingga NASA.

2. Stanford University, United States

Stanford University

Universitas Stanford via utahpeoplespost.com

Letaknya sekitar 60 kilometer di tenggara San Fransisco. Kampus ini dikenal sebagai kampus terbesar kedua di dunia yang terdiri atas sekolah teknik, kedokteran, pendidikan, hukum, ilmu bumi, bisnis, sains, dan humaniora. Bahkan universitas ini mempunyai sejumlah program dan rumah sakit pendidikan. Secara konsisten, Universitas Stanford berada dalam 10 teratas daftar universitas terbaik dunia baik untuk hal pendidikan maupun penelitian.

3. Harvard University, United States

Harvard University

Universitas Harvard via bestvalueschools.com

Harvard University merupakan universitas swasta yang berada di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat yang berdiri pada 8 September 1636 dengan akumulasi luas wilayah kampus sekitar 2.000 hektar. Universitas Harvard merupakan salah satu kampus bergengsi dunia dengn pendapatan terbesar di antara universitas di seluruh dunia.

Kampus ini memiliki lebih dari 9 fakultas, di antaranya adalah Fakultas Seni dan Sains, Fakultas Kedokteran, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Business School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Publich Health, dan Kennedy School of Government.

4. California Institute of Technology, United States

California Institute of Technology

Institut Teknologi California via learn-and-get-it.blogspot.co.id

Institut Teknologi California atau dikenal juga dengan nama Caltech ini merupakan salah satu universitas swasta yang terbuka baik untuk laki-laki maupun perempuan. Kampusnya terletak di Pasadena, California, Amerika Serikat. Caltech cukup terkemuka sebagai salah satu universitas untuk aktivitas riset yang tinggi. Caltech mempertahankan penekanan kuat dalam ilmu alam dan teknik serta memiliki dan mengoperasikan kompleks penerbangan luar angkasa yang memimpin dunia dan dikenal dengan nama Jet Propulsion Laboratory.

5. University of Oxford, United Kingdom

Universitas Oxford

The University of Oxford via mostbeautifulplacesintheworld.org

University of Oxford merupakan perguruan tinggi tertua berbahasa Inggris yang terletak di kota Oxford, Inggris. Universitas ini terdiri dari berbagai institusi, termasuk 38 kolese konstituen dari berbagai departemen akademik.

Bersama Universitas Cambridge, Universitas Oxford secara rutin menduduki posisi dalam daftar universitas terbaik dunia. Beberapa jurusan yang ditawarkan oleh Universitas Oxford antara lain arsitektur, bangunan dan perencanaan, bisnis dan manajemen, hukum, humaniora, ilmu komputer, dan masih banyak lagi.

6. University of Cambridge, United Kingdom

University of Cambridge, United Kingdom

University of Cambridge, United Kingdom via image.unijobs.co.uk

Merupakan kampus tertua kedua di Inggris yang persyaratan masuknya paling ketat di Britania Raya. Universitas Cambridge dikenal telah memiliki sejarah kompetisi yang lama dengan Universitas Oxford dan dipandang sebagai universitas paling elit dan bergengsi di Inggris.

Cambridge merupakan anggota jaringan besar universitas yang berorientasi riset di Britania dengan nama Grup Russel. Kampus ini juga merupakan anggota dari Grup Coimbra yang merupakan perhimpunan universitas terkemuka di Eropa dan anggota LERU atau Liga Universitas Riset Eropa.

7. Swiss Federal Institute of Technology Zurich, Switzerland

Swiss Federal Institute of Technology Zurich, Switzerland

Swiss Federal Institute of Technology Zurich, Switzerland via picpicx.com

Merupakan universitas gabungan antara dua lembaga pendidikan tinggi yaitu yang berada di Zurich dan Laussane. ETH Zurich merupakan universitas teknik, teknologi, ilmu pengetahuan, dan matematika. Universitas ini dibangun pemerintah federal Swiss pada tahun 1855 dan memiliki misi untuk mendidik insinyur dan ilmuwan serta menjadi pusat keunggulan nasional dan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

8. Imperial College, London, United Kingdom

Imperial College, London, United Kingdom

Imperial College, London, United Kingdom via uk.com.pk

Imperial College juga dikenal dengan sebutan 'The Imperial College of Science, Technology, and Medic'. Kampus ini berada di London, Inggris, dan mengabadikan diri dalam bidang ilmu pengetahuan, teknik, kedokteran, serta bisnis. ICL selalu masuk kedalam daftar universitas terbaik dunia tahun 2015 dan menjadi pusat utama penelitian biomedis dengan melakukan penelitian mengenai kesehatan biologis. ICL juga merupakan salah satu anggota pendiri Francis Crick Institute dan Imperial College Healthcare.

4. University of California, Berkeley, United States

University of California,  Berkeley

University Of California, Berkeley via static6.businessinsider.com

 

Dikenal dengan nama lain Cal, UC Berkeley, atau Berkeley. Kampus ini merupakan universitas publik yang terletak di timur Teluk San Fransisco yang merupakan pemimpin universitas riset. UC Berkeley berdiri tahun 1868. Kini akumulasi luas wilayah mencapai 2.703 hektar. Kampus ini juga terkenal dengan kualitas akademis yang luar biasa. Jebolan salah kampus terbaik dunia ini adalah Steve Wozniak atau yang dikenal sebagai salah satu pendiri Apple bersama Steve Jobs. Untuk dapat melanjutkan pendidikan di universitas ini, Anda harus mengeluarkan dana sebesar USD 38,140 atau sekitar Rp495,820 Juta (USD 1 = Rp13.000) per tahun.

9. University of Chicago

Universitas Chicago

Universitas Chicago adalah sebuah universitas swasta, yang fokus pada penelitian coeducational dan terletak di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Universitas Chicago didirikan oleh pengusaha minyak dermawan bernama John D. Rockefeller pada tahun 1890. Universitas ini juga menghasilkan banyak mantan mahasiswa terkenal, termasuk 13 miliarder dan 51 ilmuwan Rhodes yang sangat terhormat. Jumlah pelajarnya saat ini 13.557 orang, yang terdiri dari 3.379 orang mahasiswa internasional.

10. University College London, United Kingdom

University College London, United Kingdom

University College London, United Kingdom via famouswonders.com

Lebih dikenal dengan singkatan UCL, merupakan salah satu universitas terbaik dan bergengsi di dunia. Universitas ini terletak di jantung kota London dan dikelilingi konsentrasi perpustakaan, museum, dan badan profesional Eropa. Universitas ini dikenal memiliki reputasi internasional untuk kualitas pengajaran dan pendidikan di seluruh spektrum akademik. 

11. National University of Singapore (NUS)

National University of Singapore

Universitas Nasional Singapura ini didirikan pada tahun 1905. Universitas ini memiliki kampus seluas 1,5 km² dan merupakan universitas terbesar di Singapura berdasarkan jumlah mahasiswa dan program yang ditawarkan. Universitas Singapura adalah merupakan universitas yang memiliki jurusan kedokteran pertama di Singapura. NUS pun merupakan salah satu kampus tertua dan paling bergengsi di Singapura hingga saat ini.

12. Universitas Teknologi Nanyang, Singapura

Universitas Teknologi Nanyang

Universitas Teknologi Nanyang (Nanyang Technological University) terletak di Jurong, bagian barat daya Singapura. Universitas seluas 2 km² ini terletak sekitar 25 km dari pusat kota. Kampus ini dilengkapi dengan fasilitas modern untuk pengajaran dan riset. Diantaranya adalah jaringan internet tanpa kabel yang mampu menyalurkan data 54 Mbps, sehingga para staf NTU dan mahasiswa dapat menggunakan peralatan geraknya untuk mengakses layanan internet dari seluruh lokasi di kampus ini.

13. Princeton University, United States

Princeton University, United States

Princeton University, United States via globalreviews.co

Kampusnya terletak di Princeton, New Jersey. Unversitas Princeton merupakan institusi pendidikan tinggi tertua nomor empat di Amerika Serikat. Princeton memiliki banyak jurusan terbaik seperti arsitektur, teknik, dan urusan internasional dan publik. Universitas ini masih memiliki hubungan dengan Brookhaven National Laboratories.

14. Cornell University, United States

Cornell University, United States

Cornell University, United States via upload.wikimedia.org

Cornell University merupakan sebuah universitas riset swasta di Amerika Serikat dengan dua kampus kedokteran yang terletak di New York City dan di Education City, Doha, Qatar. Universitas ini didirikan tahun 1865 dan merupakan anggota Ivy League termuda. Visinya adalah membuka pintu pendidikan bagi orang dengan berbagai agama dan bangsa.

Universitas Cornell memiliki tujuh fakultas untuk sarjana dan enam fakultas untuk pascasarjana. Tujuh fakultas yang ada di kampus ini untuk sarjana meliputi ilmu pertanian dan ilmu hayati, arsitektur, seni dan perencanaan, seni dan ilmu pengetahuan, teknik atau teknologi ekologi manusia, administrasi perhotelan, serta sekolah industri dan hubungan pekerja.

Sementara untuk fakultas tingkat pascasarjana antara lain ilmu kedokteran hewan, ilmu hukum, ilmu kedokteran, ilmu manajemen, dan ilmu-ilmu kedokteran lain.

15. Yale University, United States 

Yale University

Sebuah universitas swasta di New Haven, Connecticut, dan berdiri pada taun 1701 sebagai Collegiate School. Universitas ini termasuk dalam institusi pendidikan tinggi ketiga dan tertua di Amerika Serikat dengan banyak penerima penghargaan nobel dari Presiden Amerika Serikat. Penerimaan akademiknya sekitar USD 12,7 miliar dan merupakan penerimaan akademik terbesar kedua di dunia setelah Universitas Harvard.

16. Columbia University, United States

Columbia University, United States

Columbia University, United States via blogs.voanews.com

Merupakan universitas swasta yang terletak di New York City, Amerika Serikat, yang berdiri pada tahun 1754 dengan nama King's College. Universitas Columbia merupakan salah satu anggota Ivy League. Kampus ini juga dikenal sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia yang memimpin dalam bidang ilmiah, humanitas, hukum, pendidikan, bisnis, kedokteran, dan teknik sipil.

17. Tsinghua University, China, Beijing

Tsinghua University, China, Beijing

Tsinghua adalah sebuah universitas riset yang berlokasi di Beijing, Tiongkok, dan merupakan salah satu dari sembilan anggota dalam Liga C9 universitas. Didirikan pada tahun 1911, dan dengan motonya Disiplin diri dan Komitmen Sosial, Universitas Tsinghua menggambarkan dirinya sebagai universitas yang didedikasikan untuk keunggulan akademik, kesejahteraan masyarakat Tiongkok, dan pembangunan global.

Dengan riset dan pelatihan yang kuat, Universitas Tsinghua secara konsisten mendapat peringkat sebagai salah satu institusi akademis puncak di Tiongkok, bersama perguruan tinggi China lainnya yaitu, Universitas Peking.

18. Universitas Edinburgh

Universitas Edinburgh

Universitas Edinburgh adalah universitas publik yang terletak di Edinburgh, ibu kota Skotlandia. Universitas ini didirikan pada tahun 1583. 

Edinburgh setiap tahunnya menerima sekitar 47.000 pendaftar, sehingga menjadikannya universitas paling populer ketiga di Britania Raya berdasarkan volume pendaftar.Seleksi masuknya sangat kompetitif; berdasarkan seleksi sebelumnya, kemungkinan masuknya adalah satu tempat per dua belas pendaftar.

Universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas paling prestisius di dunia.Universitas ini merupakan universitas terbaik ke-6 di Eropa berdasarkan 2011 QS, terbaik ke-7 di Eropa berdasarkan Times Higher Education Ranking, dan merupakan yang terbaik ke-17 di dunia berdasarkan peringkat QS 2015.

Universitas Edinburgh memainkan peranan penting dalam menjadikan Edinburgh sebagai salah satu pusat intelektual selama Abad Pencerahan, dan membuatnya dijuluki Athena di utara.

19. University of Pennsylvania, United States

University of Pennsylvania

Merupakan universitas swasta di Philadelpia, Pennsylvania, Amerika Serikat yang berdiri tahun 1740 dan merupakan anggota Ivy League. Universitas ini memiliki beberapa departemen antara lain sekolah kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan, bisnis, hukum, desain, ilmu sosial, dan humaniora. Kampus ini termasuk kampus yang aktif dalam pengembangan riset dan penelitian yang terbagi menjadi beberapa bidang seperti penelitian komputer elektronik, vaksin hepatitis B, rubella, terapi kognitif, dan masih banyak lagi.

20. University of Michigan, United States

University of Michigan, United States

University of Michigan, United States via greatvaluecolleges.net

Seringkali hanya disebut sebagai Michigan. Universitas ini merupakan kampus riset publik yang lokasinya berada di Ann Arbor, Michigan, Amerika Serikat. Kampus ini pertama kali didirikan pada 1817 di Detroit. Universitas ini dianggap sebagai salah satu universitas riset paling terkemuka di Amerika Serikat yang memiliki aktivitas riset yang sangat tinggi dan berbagai program pasca-sarjana seperti program doktoral di bidang humanitas dan sosial sains, serta dalam gelar profesional untuk jurusan bisnis, kedokteran, hukum, farmasi, keperawatan, pekerjaan sosial, dan kedokteran gigi.

21. The Johns Hopkins University, United States

The Johns Hopkins University, United States

The Johns Hopkins University, United States via media.bizj.us

Universitas yang satu ini merupakan salah satu universitas terkemuka di dunia yang berdiri pada 22 Januari 1876 dengan tujuan sebagai pusat penelitian. Universitas ini awalnya dipimpin oleh Daniel Colt Gilman serta memiliki beberapa kampus basis seperti yang ada di Baltimore, Maryland, dan United States. Cabang kampusnya berada di tempat lain seperti Washington D.C, Italia, Tiongkok, bahkan Singapura.

22. Ecole Polytechnique Fédérale de Lausanne (EPFL)

EPFL via Youtube

Universitas yang berada di Lausanne, Swiss ini juga terpilih sebagai salah satu universitas terbaik dunia. Universitas ini lebih mengkhususkan diri pada ilmu alam dan rekayasa. Swiss Federal Institute of Technology memiliki tiga misi utama: pendidikan, penelitian dan transfer teknologi di tingkat internasional.

EPFL yang berdiri pada tahun 1853, secara umum dianggap sebagai universitas terkemuka di dunia. Jejak awal sekolah tinggi ini berawal dari sebuah sekolah swasta dengan nama École spéciale de Lausanne pada tahun 1853 atas inisiatif Lois Rivier, lulusan dari École Centrale Paris dan John Gay, yang kemudian menjadi profesor dan rektor dari Académie de Lausanne.

23. The University of Tokyo, Japan

The University of Tokyo, Japan

The University of Tokyo, Japan via tokyofromtheinside.com

Merupakan universitas paling prestisius di Jepang dengan lima kampus yang terletak di Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane, dan Nakano. Universitas ini punya 10 fakultas dan sekitar lebih dari 28.000 mahasiswa yang terdaftar. Kampus ini terkenal paling baik dalam pendidikan hukum dan sastra. Universitas Tokyo dikenal telah menghasilkan banyak politikus Jepang yang hebat dan terkenal dengan kualitasnya.

24. Universitas Nasional Australia (ANU)

Universitas Nasional Australia

Australian National University (ANU) adalah pusat pendidikan dan penelitian terkemuka di dunia. Peringkat pertama di Australia dan ke-24 di dunia, turun empat peringkat dari tahun 2018 lalu. Universitas Nasional Australia semakin membanggakan lagi dengan catatan yang luar biasa untuk kepuasan siswa dan kelayakan kerja pascasarjana.

Bagi staf akademik dan profesional, ANU menawarkan kondisi yang sangat baik termasuk pengaturan kerja yang fleksibel, peluang pengembangan profesional, dan gaji yang kompetitif – semuanya ada di dalam komunitas kampus dan terpadu. Universitas yang berdiri pada tahun 1946 ini memiliki moto “Naturam Primum Cognoscere Rerum” (Menjadi yang pertama dalam mempelajari sesuatu)

25. Universitas Hongkong (HKU)

hongkong university

Universitas yang berdiri tahun 1911 ini adalah institusi tersier tertua di Hong Kong, dengan sejarah terbentang lebih dari seratus tahun. Universitas Hong Kong berada di peringkat 25 di antara universitas riset terkemuka yang paling diakui di dunia.

Universitas ini juga terhubung secara global dengan lebih dari 340 universitas terkemuka di 43 negara. Komunitas yang beragam dengan lebih dari 9.000 pelajar internasional dari 96 negara. Kurikulum kelas dunia dengan bahasa Inggris sebagai media pengajaran. Universitas ini memiliki tingkat kerja lulusan lebih dari 99,4% untuk 11 tahun berturut-turut terakhir.

Usaha dan Kerja Keras 

25 universitas di atas merupakan beberapa universitas terbaik dunia pada tahun 2019. Untuk bisa tergabung menjadi salah satu mahasiswa di universitas tersebut, Anda tentu perlu berusaha dengan sangat ekstra. Masalah dana juga sangat mempertimbangkan Anda bisa menempuh pendidikan di luar negeri, karena dana yang dibutuhkan pasti besar. Ingatlah bahwa usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Semakin Anda keras dan cerdas dalam berusaha, semakin besar kesempatan Anda untuk diterima sebagai mahasiswa universitas terbaik dunia!

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA