Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Thursday, 25 Safar 1441 / 24 October 2019

Atlet Olimpiade Bagikan Tips Sehat dengan Berenang

Jumat 14 Jun 2019 08:30 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Christiyaningsih

Berenang (ilustrasi)

Berenang (ilustrasi)

Foto: VOA
Atlet olimpiade renang James Goddard berbagi tips berenang yang benar

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berenang dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti membentuk otot hingga membakar lemak. Tak hanya itu, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa berenang dapat berperan seperti antidepresan untuk depresi ringan dan sedang.

Manfaat-manfaat ini tentu bisa didapatkan jika berenang dilakukan dengan cara yang tepat. Atlet olimpiade renang James Goddard berbagi tips untuk melakukan olahraga renang dengan baik dan benar.

"Berenang merupakan olahraga teknis. Dalam Olimpiade, berenang bukan tentang menjadi yang terbesar atau terkuat," ungkap Goddard seperti dilansir Evening Standard. Goddard mengungkapkan setidaknya ada lima tips yang bisa diterapkan saat berenang. Berikut ini adalah kelima tips dari Goddard.

1. Rencanakan sesi renang

Sebelum pergi ke kolam renang, Goddard mengatakan salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan adalah rencana latihan berenang. Rencana ini meliputi jenis latihan renang yang ingin dilakukan, target, hingga tujuan yang ingin dicapai.

"Merupakan sebuah kesalahan besar jika Anda hanya datang dan berenang. Buka internet, lakukan beberapa riset," jelas Goddard.

2. Sesuaikan gaya renang

Pemilihan gaya renang dapat memengaruhi hasil yang akan dicapai. Goddard menyarankan agar renang perlu dilakukan dengan berbagai variasi gaya. Perpaduan antara variasi gaya renang, set, dan kecepatan berenang merupakan kunci penting yang perlu diperhatikan.

"Jika Anda hanya melakukan renang gaya dada di tiap sesi misalnya, tubuh akan terbiasa dengan cepat terhadap hal tersebut," ungkap Goddard.

Variasi gaya renang dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih kuat dan bugar. Variasi gaya renang juga dapat melatih kelompok otot yang berbeda.

3. Mengenal gaya renang

Renang gaya dada sering kali dianggap sebagai teknik renang yang paling mudah. Renang gaya dada didominasi oleh gerakan kaki. Karena itu, gaya ini akan cenderung lebih mengandalkan otot di area glute, paha depan, lat, dan pangkal paha. Berenang dengan gaya dada dapat membakar lebih dari 360 kalori dalam 30 menit.

Renang gaya punggung lebih mengandalkan otot bahu, lat. dan dada. Gaya renang ini dapat membakar sekitar 250 kalori dalam 30 menit.

Renang gaya bebas merupakan gaya renang yang didominasi oleh gerakan tangan. Gaya renang ini lebih mengandalkan otot trisep dan lat. Berenang cepat dengan gaya bebas dapat membakar lebih dari 400 kalori.

Renang gaya kupu-kupu dianggap sebagai gaya renang yang paling sulit untuk dikuasai. Gaya renang ini mengandalkan otot dasar, lat, trisep, peck, dan otot. Berenang dengan gaya kupu-kupu dapat membakar lebih dari 400 kalori dalam 30 menit.

4. Target pemula

Goddard menyarankan agar perenang pemula menjalani satu sesi berenang dengan durasi sekitar setengah hingga satu jam. Jarak yang disarankan untuk ditempuh selama sesi berenang adalah satu sampai dua kilometer. Satu sesi berenang perlu dibagi ke dalam beberapa bagian seperti set pemanasan, set utama, dan set pendinginan.

5. Berinvestasi alat renang

Goddard juga menyarankan agar perenang pemula mulai berinvestasi beberapa alat renang untuk menunjang latihan. Beberapa di antaranya adalah papan seluncur atau kickboard, pelampung renang, rubber band, dan fin atau sirip kaki.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA