Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Pesona Bukit Sepancong Manjakan Wisatawan di Kalbar

Kamis 13 Jun 2019 21:48 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Bukit Sepancong.

Bukit Sepancong.

Foto: youtube
Wisatawan dimanjakan dengan pemandangan seperti di atas awan.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Pesona yang dimiliki bukit sepancong mampu menarik minat wisatawan baik lokal maupun luar daerah. Bukit ini berada di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Ketika di atas Bukit Sepancong, mata wisatawan akan dimanjakan oleh pemandangan hamparan awan putih bersih berjajar. Dari bukit tersebut wisatawan juga dapat menikmati matahari terbenam. Kemudian pengunjung akan disungguhkan dengan pemandangan persawahan dan kebun karet dari puncak.

Baca Juga

"Wisatawan ketika di atas bukit seperti atau terasa berada di negeri di atas awan. Mata sangat dimanjakan kumpulan awan dan ditambah lagi pemandangan gunung juga menarik," ujar Kepala Bidang Destinasi Pariwsata Dinas Pemuda, Olah raga, dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Bengkayang, Frans Wijaya.

Matahari terbit juga dapat disaksikan dari Bukit Sepancong, sayangnya, saat ini masih terhalang pepohonan. Frans menyebutkan Bukit Sepancong saat Lebaran dan liburan kali ini menjadi tujuan favorit wisatawan lantaran menjadi kawasan wisata yang terbilang baru.

Keindahan dan pesona bukit ini menyusul objek wisata lainnya yang sudah terkenal. Misalnya, Gunung Bawang, Bukit Jamur, Pulau Lumukutan, Riam Merasap, Riam Pangar, Riam Berawat, Riam Kueg, Kampung Adat Sebujit, dan Kura-kura Beach, dan beberapa tujuan wisata lainnya seperti pantai dan pulau.

"Berdasarkan data Dispopar Kabupaten Bengkayang tahun 2019 yang bekerja sama dengan Generasi pesona indonesia (Genpi) Bengkayang, Bukit Sepancong menepati peringkat ketiga dari 10 destinasi sebagai daerah tujuan wisata paling fenomenal dan favorit di Kabupaten Bengkayang," kata dia.

Selain menjadi tempat yang ramai dikunjungi, Bukit Sepancong tidak terlalu jauh dari pusat kota Bengkayang. Pemandangan yang menghadap Gunung Bawang sebagai gunung legendaris etnis Dayak menjadi andalan wisata Bukit Sepancong. Selain itu karena bukan hutan lindung, kawasan wisata Bukit Sepancongmudah ditata dan dibangun.

"Kelemahannya, infrastruktur jalan yang masih kurang baik dan kawasan hutan relatif kurang memiliki pohon sehingga terkesan cukup panas," ucap dia.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA