Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Enam Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Rabu 12 Jun 2019 05:00 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih

Ilustrasi minum air putih

Ilustrasi minum air putih

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Penelitian mengungkap minum air hangat saat perut kosong memberi banyak manfaat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penelitian terbaru mengungkap minum air hangat saat perut kosong memberikan banyak manfaat kesehatan. Air yang mengandung lemon misalnya, mengurangi radikal bebas dan membantu berbagai organ berfungsi dengan baik.

Medical Daily yang mengutip Healthline menyebut kita harus minum setidaknya delapan ons air per hari. Memulai dan mengakhiri hari dengan minuman hangat meningkatkan peluang untuk menikmati manfaat kesehatan. Berikut enam manfaat dari minum air hangat setiap pagi.

1. Ringankan sembelit

Sembelit adalah kondisi tidak nyaman yang memiliki efek iritasi. Sembelit adalah masalah perut umum yang disebabkan oleh sedikit atau tidak ada pergerakan usus dan disebabkan oleh kurangnya air dalam tubuh.

Ahli gizi klinis dan pakar kesehatan Stella Metsovas mengatakan wanita rentan terhadap ketidakseimbangan hormon yang memiliki efek samping konstipasi. Minum minuman hangat di pagi hari mengurangi perkembangannya.

2. Tingkatkan sirkulasi darah

Tumpukan lemak yang terakumulasi dalam sistem saraf dihilangkan dengan minum segelas air hangat. Air hangat mengeluarkan racun, meningkatkan sirkulasi darah, dan melonggarkan jaringan otot Anda.

3. Bantu turunkan berat badan

Minum air hangat meningkatkan suhu tubuh. Air hangat juga meningkatkan metabolisme tubuh dan memungkinkan untuk membakar lebih banyak kalori. Mengonsumsi air hangat dengan lemon mempercepat prosesnya.

Serat pektik lemon mengendalikan hasrat makanan sehingga membuat Anda makan lebih sedikit. Ini juga memecah jaringan adiposa yang membuat Anda kehilangan lebih banyak berat badan.

4. Tenangkan sakit

Terapi air hangat juga mengurangi nyeri rahim yang disebabkan oleh kram menstruasi. Ini meningkatkan sirkulasi kapiler dan mengendurkan otot perut dan rahim. Nyeri saat menstruasi disebabkan oleh jaringan otot yang stres karena kontraksi. Minum air hangat mengurangi risiko mengalami nyeri haid.

5. Cegah penuaan dini

Menurut Life Hack, penumpukan racun dalam tubuh membuat Anda menua lebih cepat. Itu juga membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit. Air hangat mengeluarkan racun-racun ini dan memperbaiki sel-sel kulit. Hasilnya, kulit jadi lebih elastis dan bebas dari tanda-tanda penuaan.

6. Menginduksi tidur

Minum air panas sebelum tidur menenangkan saraf dan membuat tubuh merasa rileks. Air hangat menginduksi tidur dan menghentikan keinginan tengah malam. Anda akan bangun dengan perut kosong, tetapi ini akan membuat segar kembali di pagi hari.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA