Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Thursday, 20 Muharram 1441 / 19 September 2019

Bantal Terbaik untuk Posisi Tidur Menyamping dan Tengkurap

Jumat 07 Jun 2019 08:35 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Tidur menyamping. (Ilustrasi)

Tidur menyamping. (Ilustrasi)

Foto: ABC News
Jenis bantal harus disesuaikan dengan posisi tidur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bantal sama pentingnya dengan kasur dalam menunjang kualitas tidur yang lebih baik. Untuk mendapatkan tidur terbaik, orang membutuhkan jenis bantal yang tepat sesuai dengan posisi tidurnya.

Baca Juga

Seperti dilansir laman Mens Journal, bantal memainkan peran penting dalam mempertahankan keselarasan tulang belakang yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk memahami posisi tidur Anda menentukan bantal mana yang terbaik.

Bantal untuk tidur tengkurap

Sebagian besar ahli tulang setuju bahwa tidur tengkurap adalah salah satu posisi terburuk untuk penyelarasan tulang belakang. Orang yang tidur tengkurap perlu lebih memperhatikan jenis bantal yang mereka gunakan untuk menghindari tekanan yang berlebihan dan berkepanjangan pada leher, rahang, dan bahu.

Mengingat tidur dengan perut akan memaksa leher dan tubuh bagian atas melengkung ke samping secara tidak wajar, orang yang tidur dengan perut perlu menggunakan bantal yang sangat lembut dan rata untuk menjaga kepala mereka sedekat mungkin dengan kasur.

Coba gunakan bantal bulu, kalau Anda tidur tengkurap. Bantal bulu sangat lembut sehingga bantal ini menjadi pilihan tepat untuk tidur perut. Fakta bahwa bantal ini mudah diratakan membuatnya ideal untuk tidur tengkurap.

Busa lateks low-loft segera merespons setiap gerakan Anda. Bantal busa lateks bertingkat rendah merupakan pilihan bagus untuk menjaga keselarasan tulang belakang saat tidur tengkurap.

Shredded pillow juga pilihan tepat untuk tidur tengkurap selama banyak isiannya dilepas, setidaknya setengah atau lebih.

Bantal untuk tidur menyamping

Sebagian besar dari kita tidur menyamping sekitar 74 persen. Tidur miring tidak selalu buruk untuk leher dan punggung, tapi Anda harus memiliki bantal yang tepat untuk penyelarasan tulang belakang.

Karena posisi ini membuat kepala jauh lebih tinggi daripada kasur, Anda membutuhkan bantal yang memiliki cukup sanggahan untuk menjaga leher Anda, tetapi tidak terlalu tinggi sehingga membuat leher bengkok dalam kaitannya dengan tulang belakang.

Jika tidur miring, Anda harus memilih bantal yang kuat agar leher dan punggung Anda tetap sejajar dengan tulang belakang. Anda membutuhkan firmer memory foam untuk penyangga leher dan bahu tambahan karena sifat kontur alaminya menjaga tulang belakang dan leher tetap sejajar.

Pilih bantal busa memori yang lebih kencang agar kepala tidak jatuh sejajar ke bahu. Namun, beberapa orang merasa bantal ini terlalu panas.

Alternatifnya, high loft latex foam yang secara alami lebih bernapas dan responsif daripada busa memori. Karena lateks bersifat mendukung dan berkontur tetapi merespons gerakan dengan lebih cepat, ini merupakan pilihan yang bagus bagi mereka yang cenderung tidur miring.

Di samping itu, shredded foam pillows yang busanya dapat disesuaikan dengan menambah atau menguranginya cocok untuk orang yang tidur menyamping. Pastikan Anda bisa berbaring miring tanpa leher tertekuk atau bahu Anda menekan terlalu jauh ke kasur.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA