Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sunday, 21 Safar 1441 / 20 October 2019

Sering Gagal Audisi Nyanyi, Rina Nose Malah Sukses Jadi Komedian

Rabu 17 Jul 2019 07:17 WIB

Rep: cermati/ Red:

Sering Gagal Audisi Nyanyi, Rina Nose Malah Sukses Jadi Komedian

Sering Gagal Audisi Nyanyi, Rina Nose Malah Sukses Jadi Komedian

Di balik kontroversinya, Rina merupakan artis serba bisa.

Pasti sudah tidak asing dengan nama Rina Nose? Presenter yang tenar dengan banyolan-banyolannya saat membawakan sebuah acara. Wanita kelahiran Bandung ini juga pernah bikin heboh saat melepas hijab yang sempat dipakai menutup kepalanya.

Di balik kontroversi tersebut, Rina merupakan artis serba bisa. Bisa akting, nyanyi, jadi host, sampai melawak. Bakatnya mampu mengantarkan perempuan bertubuh mungil itu ke pucuk kesuksesan, dan tetap eksis di industri hiburan Tanah Air.

Menengok ke belakang, artis yang baru saja bertunangan dengan pria belasteran Belanda, Josscy Aartsen ini ternyata mengawali karier sebagai penyanyi. Bagaimana ceritanya, Rina bisa nyemplung menjadi presenter dan pelawak? Berikut kisahnya seperti dirangkum Cermati.com dari berbagai sumber.

Baca Juga: Jago Akting, Intip Karier Laudya Cynthia Bella menjadi Salah Satu Artis Termahal

 

Ikut Audisi Pelawak dan Nyanyi

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Rina Nose (@rinanose16) on

Rina Nose mulai dikenal publik saat bergabung dalam grup Jurnal yang mengikuti Audisi Pelawak TPI (API) sesi 3. Sebuah ajang pencarian bakat yang fokus pada talenta-talenta baru di dunia komedi. Lulus dari ajang tersebut, wanita berusia 35 tahun itu mulai mendapat tawaran untuk mengisi acara di TV dan lebih banyak tampil sendiri.

Pemilik nama asli Nurina Permata Putri itu juga mengikuti ajang Superstar Show 2007 bersama Ki Daus. Lewat acara tersebut, bakat Rina di dunia tarik suara mulai terungkap. Padahal sebenarnya sebelum mengikuti API, Rina sudah lebih dulu berkarier sebagai seorang penyanyi.

Kecintaannya pada dunia tarik suara sudah muncul sedari kecil. Ia pun pernah ikut audisi Indonesian Idol, Akademi Fantasi di tahun 2000-an, tapi gagal. Namun penampilan duetnya dengan Ki Daus justru membuka jalan untuk karier Rina di dunia hiburan.

Meski begitu, tawaran job yang datang ke Rina sebetulnya lebih banyak berasal dari melawak atau menjadi komedian. Berbagai variety show pun dibintanginya. Dari situ, karier anak dari pasangan Tatang Sulaeman dan Ellisa Herliani ini melebar sebagai presenter. Perempuan kelahiran 16 Januari 1984 ini sangat atraktif, mampu menguasai panggung, dan membangun suasana lewat lawakan yang bikin penonton tertawa.

Beberapa stasiun TV pun mempercayakan acaranya untuk dipandu Rina Nose, seperti Comedy Traveler, D’Academy, Opera Van Java, dan masih banyak lainnya. Puluhan acara di mana Rina didapuk sebagai host berhasil mengantarkannya masuk dalam beberapa nominasi di penghargaan bergengsi, di antaranya Panasonic Gobel Awards, Indonesia Television Awards, Inbox Awards, dan lainnya.

Dari layar kaca, karier jebolan Institut Seni Budaya Indonesia, Bandung ini merambah akting ke layar lebar. Film yang pernah dibintangi Rina, yaitu Sehidup (Tak) Semati (2010), dan Rumah Kentang (2012). Meski dunia komedi dan presenter membesarkan namanya, Rina tetap bermusik. Beberapa single yang pernah dirilis, antara lain Maju Mundur Cantik, Ayang Mbeb, Cinta Kita feat Fakhrul Razi, I Swear I Love You, dan Move On.

Bukti keseriusan dalam bermusik, ia tunjukkan dengan mendirikan sebuah band bernama Donkey tahun 2013. Salah satu personilnya adalah Ridwan Federani Anwar yang tak lain adalahnya mantan suaminya. Bersama dengan Donkey, Rina menyalurkan bakat bernyanyinya. Membuat beberapa lagu yang dapat dinikmati semua umur. Sayang di sayang, akibat perceraiannya dengan Ridwan, grup musik ini bubar.

Dua Kali Gagal Dalam Pernikahan 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Rina Nose (@rinanose16) on

Berusia 35 tahun, Rina Nose ternyata pernah dua kali gagal membina rumah tangga. Pernikahan pertama Rina begitu dirahasiakan sehingga tidak ada yang tahu siapa sang lelaki. Namun diketahui jika pernikahan tersebut berakhir dengan perceraian.

Pada Desember 2012, Rina kembali menikah dengan Ridwan di Bali. Mereka membina biduk rumah tangga hanya dalam hitungan bulan karena tepatnya 17 Juli 2013, mereka resmi berpisah. Gagal 2 kali, membuat Rina makin hati-hati tapi tidak lantas menutup hati. Seorang penyanyi asal Brunei Darussalam, Fakhrul Razi pernah mengisi hati Rina.

Hubungan percintaan mereka digadang-gadang akan menjadi pernikahan ketiga Rina. Karena Razi pernah melakukan lamaran romantis di atas panggung Dangdut Academy 3. Akan tetapi takdir berkata lain, rencana pernikahan setelah Lebaran di tahun 2016 harus pupus.

Lepas dari gandengan Fakhrul Razi, Rina jomblo cukup lama. Namun awal 2019, terungkap jika dirinya ternyata sudah dilamar oleh seorang pria berdarah Indonesia-Belanda bernama Josscy Aartsen yang berprofesi sebagai sutradara film. Meski sempat ditutup-tutupi, kedekatan keduanya akhirnya terbongkar. Mereka pun berencana akan menikah di Belanda. Meski begitu, belum diketahui pasti kapan pernikahan itu akan terlaksana.

Baca Juga: ‘Alamat Palsu’ Jadikan Ayu Ting Ting Artis Sukses, Ini Kisah Perjalanannya

Kontroversi Buka Tutup Hijab 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Rina Nose (@rinanose16) on

Rina Nose sempat membuat publik terkejut saat memutuskan untuk berhijab di akhir 2016. Kala itu presenter berhidung mungil ini mengaku mendapatkan hidayah sehingga yakin untuk menutup aurat. Satu per satu, fotonya yang tidak berhijab di Instagram pun dihapus.

Niat baik Rina ini mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak. Warganet pun mendoakan agar artis multitalenta ini bisa istiqomah dan terus berhijab selamanya. Namun waktu menjawab. Pada November 2017, pemandu acara Comedy Traveler itu menghebohkan publik dengan melepas hijab yang dikenakannya. Tak ayal Warganet langsung menghujaninya dengan komentar pedas di akun media sosialnya.

Sampai-sampai ada ancaman yang datang ke Rina, sehingga ia merasa was-was ketika keluar rumah. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk menghilang sementara dari sosial media, dan menonaktifkan kolom komentar di akun sosial medianya. Menurut Rina, keputusannya melepas hijab berasal dari dirinya sendiri, lebih karena kesiapan secara mental.

Sumber Pendapatan

 
 
 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Rina Nose (@rinanose16) on

Karier Rina terbilang cukup sukses. Ia masih suka wara wiri di stasiun TV untuk memadu program acara, termasuk acara off air. Tidak heran jika pundi-pundi rupiah terus mengalir ke kantongnya. Apalagi banyak juga kerjaan menjadi bintang iklan dan endorse. Rezekinya tak surut, sehingga wajar saja kalau Rina sanggup membeli tas-tas mewah seharga puluhan juta rupiah untuk menunjang penampilannya.

Mengejar Mimpi Lewat Kegagalan

Itulah kisah singkat perjalanan karier Rina Nose. Artis serba bisa yang teguh mengejar mimpinya untuk menjadi seniman. Kegagalan dalam mengikuti suatu audisi tidak membuatnya menyerah dan tetap mencoba lagi. Semangat ini perlu kamu tiru untuk mewujudkan cita-citamu.

Sebuah semangat yang patut untuk ditiru oleh generasi milenial, termasuk kamu. Gagal di satu audisi, coba lagi audisi yang lain. Jika perlu di bidang yang berbeda dari keinginan tapi sesuai kemampuan. Siapa tahu kalian seperti Rina Nose. Mengejar berbagai audisi sebagai penyanyi ternyata kesuksesan justru sebagai komedian.

Baca Juga: Sempat Jatuh dan Terpuruk, ini Kisah Sukses Luna Maya Membangun Kariernya

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA