Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Monday, 17 Muharram 1441 / 16 September 2019

Empat Kiat Agar Berat Badan tak Melonjak Usai Lebaran

Kamis 06 Jun 2019 05:00 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih

Ketupat dan opor ayam, hidangan khas Lebaran.

Ketupat dan opor ayam, hidangan khas Lebaran.

Foto: dok Republika
Hidangan Lebaran sering mengandung karbohidrat, gula, dan lemak yang tinggi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hidangan Lebaran sering mengandung karbohidrat, gula, dan lemak yang tinggi. Meskipun semua ini dapat dianggap sebagai bagian dari diet seimbang yang normal, makanan tersebut dapat berbahaya bagi kesehatan ketika dikonsumsi dalam jumlah besar.

Baca Juga

"Secara umum, hidangan makanan dan suguhan yang ditawarkan selama hari raya memiliki satu kesamaan. Semuanya cenderung mengandung bahan-bahan yang dapat berkontribusi terhadap kenaikan berat badan yang cepat ketika dikonsumsi secara berlebihan," ujar Alefia Vasanwala, kepala ahli nutrisi di Rumah Sakit Mount Elizabeth.

Demi mencegah melonjaknya berat badan usai menyantap hidangan hari raya, ia membagikan beberapa kiat sehat. Dikutip dari Asia One, berikut empat kiat dari Vasanwala.

1. Sesuaikan resep

Meskipun Anda dan keluarga Anda dapat menikmati resep tradisional yang diturunkan dari generasi sebelumnya, pertimbangkan untuk membuat sedikit penyesuaian pada bahan. Prioritaskan pilihan yang lebih sehat. Dengan begitu, Anda masih bisa menikmati makanan favorit Anda tanpa rasa bersalah.

Banyak hidangan hari raya dibuat dengan santan yang tinggi lemak dan sarat kalori. Gunakan versi santan yang lebih ringan atau gantikan dengan susu rendah lemak. Pilih minyak tak jenuh seperti minyak zaitun dan minyak jagung daripada minyak sawit.

Nasi putih dapat dengan mudah diganti dengan nasi merah untuk membuat makanan lebih seimbang. Banyak makanan penutup yang disajikan selama musim liburan dipenuhi dengan gula. Pertimbangkan untuk menggunakan susu kedelai atau beras sebagai alternatif untuk susu kental.

Sajikan piring-piring buah segar sebagai ganti baki pencuci mulut. Gantilah minuman ringan atau minuman berpemanis dengan air putih.

2. Jangan malas olahraga

Meskipun tergoda untuk menghabiskan liburan dengan mengunjungi kerabat atau hanya tinggal di rumah bersama keluarga dan bersantai, berolahraga adalah sesuatu yang tidak boleh dilupakan. Jika tahu Anda akan makan lebih banyak dari biasanya, menjadwalkan beberapa latihan tambahan dapat membantu menjaga lingkar pinggang.

Jika Anda tidak memiliki keanggotaan gym, jangan khawatir. Cobalah berjalan-jalan dengan keluarga Anda, mengunjungi taman-taman setempat atau bermain olahraga di luar. Anda akan merasa lebih berenergi dan bisa makan beberapa kudapan tambahan sebagai imbalan.

3. Kontrol ukuran porsi

Konsumsilah lebih banyak sayuran dan daging tanpa lemak. Jaga agar nasi, daging berlemak, dan camilan manis dimakan seminimal mungkin. Batasi diri dengan beberapa gigitan di setiap rumah jika Anda mengunjungi beberapa ketimbang makan beberapa piring makanan.

Cara lain untuk membantu mengatur kegemaran berlebihan adalah dengan menggunakan piring yang lebih kecil. Bagilah makanan menjadi porsi yang lebih kecil karena ini menciptakan ilusi bahwa porsi yang diambil cukup besar untuk memuaskan selera kita.

4. Minum lebih banyak air

Minum lebih banyak air dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan menghentikan makan berlebihan. Hindari minum minuman tinggi gula karena menambah kalori kosong. Asupan air yang meningkat juga akan membantu kesehatan umum, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan energi, dan mencerahkan kulit.

Ingat, Lebaran adalah momen perayaan. Jadi jangan terlalu keras pada diri sendiri. Namun, dengan beberapa penyesuaian sederhana, Anda dapat menikmati musim liburan tanpa tambahan berat badan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA