Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Tujuh 'Makanan Sehat' yang Tidak Benar-Benar Sehat

Sabtu 01 Jun 2019 05:50 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Christiyaningsih

Minum diet soda

Minum diet soda

Foto: dailymail
Ada tujuh makanan dan minuman yang dianggap sehat namun nyatanya tidak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan sehat penting dikonsumsi setiap orang, terutama bagi mereka yang sedang menjalankan diet. Namun, ada jenis makanan yang dikira sehat ternyata tidak benar-benar sehat. Dilansir Medical Daily, berikut tujuh makanan yang kerap dikira sehat namun ternyata tidak sesehat yang dibayangkan.
 
1. Granola bar

Para influencer diet mungkin banyak yang merekomendasikan granola bar sebagai alternatif camilan saat diet. Anda pun mungkin akan percaya bahwa granola bar adalah camilan sehat yang sempurna untuk membuat Anda kenyang sepanjang hari. Namun, sebuah laporan oleh The New York Times mengklaim bahwa sekitar 71 persen meyakini bahwa granola sehat, sementara hanya 28 persen ahli gizi yang setuju.

2. Pengganti daging

Kampanye Senin Tanpa Daging nampaknya popular di beberapa negara. Akibatnya, orang-orang cenderung mengonsumsi pengganti daging yang biasa dikonsumsi oleh vegetarian seperti tersier butylhydroquinone (TBHQ). Namun banyak orang tidak tahu bahwa TBHQ telah dikaitkan dengan pertumbuhan tumor pada tikus dan gangguan penglihatan pada manusia.

3. Kulit buah

Banyak yang percaya beberapa kulit buah memiliki manfaat bagi tubuh jika dikonsumsi. Namun beberapa pembaruan nutrisi terbaru dari Food and Drug Administration (FDA) menyatakan tidak ada jaminan dari mana gula dalam kulit buah berasal.

4. Air vitamin

Salah satu produk yang banyak diklaim kesehatan adalah vitamin water. Memang vitamin dan air adalah salah satu yang dibutuhkan untuk bertahan hidup. Tetapi satu porsi vitamin water memberi Anda lebih dari 100 persen dosis vitamin C harian Anda, sedangkan vitamin-vitamin lainnya berkualitas buruk.

5. Keju bebas susu

Sekalipun keju bebas susu, ia masih mengandung bahan pengawet, zat warna, dan minyak olahan. Selain itu, Anda akan lebih beruntung mengonsumsi keju yang sebenarnya karena dapat melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular.

6. Soda diet

Kata 'diet' membodohi konsumen dengan berpikir bahwa produk ini sehat. Namun, soda diet dikaitkan dengan peningkatan risiko sindrom metabolik dan diabetes. Konsumsi soda diet dalam kadar tinggi juga dapat menyebabkan obesitas dan tekanan darah tinggi.

7. Keripik sayuran

Meskipun ada kata 'sayuran' dalam namanya, bahan utama dari produk ini sebenarnya adalah tepung kentang. Meskipun ini mungkin mengandung lebih sedikit lemak daripada kebanyakan keripik kentang, keripik sayuran masih dianggap tidak sehat oleh sebagian besar orang.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA