Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Tips Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman Bersama si Kecil

Kamis 30 May 2019 06:40 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Christiyaningsih

 Pemudik motor membawa anak mereka yang masih kecil saat melintas di kawasan Karawang, Jawa Barat. ilustrasi

Pemudik motor membawa anak mereka yang masih kecil saat melintas di kawasan Karawang, Jawa Barat. ilustrasi

Foto: Republika/Agung Supriyanto
Mudik bersama si kecil bukanlah perkara mudah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mudik membawa si kecil memang bukan perkara yang mudah dan memerlukan persiapan ekstra. Persiapan ini mencakup persiapan fisik dan mental serta peralatan yang diperlukan selama perjalanan dan juga di tempat tujuan nanti.

Baca Juga

Pemilik mamalyfe.id, Rensia Sanvira, mengatakan ketika kita memilih moda transportasi untuk mudik baik melalui jalur darat, udara, ataupun air, maka cara mempersiapkan si kecil pun akan berbeda. Pastikan apakah si kecil ada mabuk perjalanan. Jika iya, baiknya mengunjungi dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Untuk mempersiapkan mental mereka selama perjalanan, satu pekan sebelum perjalanan dilakukan, ajak bicara si kecil. Sambil menemaninya tidur, ucapkan kalimat afirmatif positif yang menginformasikan dirinya akan bepergian dalam waktu yang lama dan diharapkan tenang selama perjalanan.

Rensia menambahkan jika menempuh perjalanan menggunakan jalur darat, biasakan si kecil untuk duduk di car seat karena lebih aman. Car seat juga mengurangi rasa lelah orang tua jika harus memangku atau menggendongnya sepanjang perjalanan. "Jika menempuh jalur udara, sesuaikan waktu penerbangan dengan waktu si kecil tidur," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (30/5).

Ia juga mengingatkan untuk menyiapkan makanan ringan dan berat untuk si kecil. Selain itu, siapkan mainan yang menjadi favoritnya dan mudah dibawa ketika bepergian. Pilih mainan yang mudah dibawa dan dapat ditempel di manapun si kecil berada. Mainan menjadi hal yang penting selama perjalanan mudik agar si kecil tidak mudah bosan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA