Sunday, 17 Zulhijjah 1440 / 18 August 2019

Sunday, 17 Zulhijjah 1440 / 18 August 2019

Dokter Anjurkan Minum Susu Setelah Berolahraga Berat

Jumat 24 May 2019 17:20 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Susu sapi. Dokter menganjurkan minum segelas susu setelah olahraga, terutama olahraga dengan intensitas berat.

Susu sapi. Dokter menganjurkan minum segelas susu setelah olahraga, terutama olahraga dengan intensitas berat.

Foto: pixabay
Susu dapat membantu merevitalisasi otot setelah berolahraga berat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Susu ternyata sangat baik untuk diminum setelah olahraga. Menurut dr Diana F Suganda SGK, segelas susu ukuran 250 ml mengandung energi sebesar 146 kkal dan kaya akan makronutrisi, seperti karbohidrat 12,8 gr (empat persen dari kebutuhan harian), protein 7,9 gr (16 persen), dan lemak total 7,9 gr (12 persen).

Baca Juga

Diana mengungkapkan, susu juga kaya akan mikronutrisi seperti vitamin A, vitamin D, riboflavin, asam folat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

"Vitamin dan mineral kesannya perannya kecil, tapi kalau tidak ada, badan tidak bisa gerak sebagaimana mestinya," ujar dr Diana dalam acara FFI Milk Versation: Kupas Tuntas Kebaikan Susu untuk Tunjang Kesehatan Tubuh, Membahas Mitos Vs Fakta Tentang Susu di Jakarta, belum lama ini.

Menurut dokter timnas sepak bola wanita Indonesia Asian Games 2018, dr Grace Joselini, penyerapan nutrisi dalam susu akan lebih maksimal jika dibantu dengan aktivitas fisik. Ia menjelaskan, asupan kalsium saja tanpa ditunjang olahraga berarti tidak ada umpan balik.

Entakan kaki atau tarikan ototlah yang akan membuat massa tulang bertambah, dengan dukungan kalsium sebagai bahan pembentuk tulang.

"Saya biasa menyarankan para atlet untuk minum susu setelah olahraga, terutama setelah olahraga dengan intensitas berat. Bahkan, susu sekarang dinyatakan sebagai minuman nomor satu untuk dikonsumsi pasca-olahraga,” ujarnya.

Ia menambahkan, susu memenuhi lima prinsip yang harus didapatkan setelah berolahraga, yaitu re-energize, re-vitalize, re-build, re-oxygenate, dan re-hydrate. Karbohidrat yang terkandung dalam susu akan menggantikan cadangan glikogen yang terpakai saat berolahraga (re-energize). Adapun kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral dalam susu akan merevitalisasi otot (re-vitalize).

"Kandungan proteinnya akan membentuk kembali tubuh dan otot (re-build). Bila kita berolahraga dengan intensitas tinggi tapi kurang asupan protein, otot malah mengecil, sayang sekali,” ujarnya.

Sementara, asupan zat besi bermanfaat untuk re-oxygenate otot dan kandungan air dari susu akan membantu rehidrasi tubuh. "Jadi itu tadi kebaikan dari susu dikonsumsi usai berolahraga," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA