Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Minggu, 21 Safar 1441 / 20 Oktober 2019

Kiat Menjaga Arus Kas Tetap Aman

Jumat 17 Mei 2019 11:39 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari

Perencanaan keuangan

Perencanaan keuangan

Foto: Republika/Prayogi
Kunci menjaga arus kas aman adalah dengan menentukan bujet lebih dulu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga arus kas tetap aman merupakan sebuah kewajiban agar keuangan tetap sehat. Namun, bagaimana cara agar arus kas tetap aman di era semua hal bisa dibeli dan didapatkan dengan mudah?

"Yang pertama itu harus menentukan bujet dulu, jadi bikin saja anggaran, kalau tidak mau repot bisa pakai aplikasi Finansialku," ujar perencana keuangan Melvin Mumpuni, Kamis (2/5).

Pengaturan anggaran harus disesuaikan dengan prioritas. Setiap orang memiliki prioritas masing-masing, sehingga Melvin tidak bisa mematok prioritas apa yang bisa diberikan pada orang.

Ketika seseorang merasa memenuhi gaya hidup yang berlebihan sebagai prioritas, Melvin mengatakan, itu tidak apa. Hanya Melvin mengingatkan, persiapan yang dilakukan saat ini menentukan masa depan, termasuk mengatur prioritas untuk arus kas keuangan.

"Kalau pegang bujet kita akan tahu maksimal buat makan di luar berapa, dan pas makan mengerti anggaran berapa, sehingga makan tetap enjoy dan keuangan tetap jalan," kata pendiri Finansialku ini.

Tapi, Melvin menjelaskan, menyusun sekala prioritas untuk arus keuangan yang ideal sebenarnya bisa saja. Contoh saja mendahulukan untuk membayar pajak dan zakat, kemudian mengalokasikan untuk tabungan dan investasi, melunasi utang dan cicilan, dan terakhir baru alokasikan untuk pengeluaran rutin rumah tangga.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA